Milenial, Perencanaan Keuangan, Rumah Tangga Masa Kini

Ini Dia Tips dan Rincian Biaya Lamaran Sederhana

Ini Dia Tips dan Rincian Biaya Lamaran Sederhana

Ajaib.co.id – Berapakah biaya lamaran sederhana? Sebelum menentukan berapa biaya lamaran yang harus disiapkan, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang dibawa saat lamaran sederhana dan tips menghemat biaya lamaran.

Acara lamaran adalah momen seremonial dimana seseorang akan bertanya kepada pujaan hatinya apakah bersedia untuk menikah. Acara ini seperti komitmen awal sebelum melangsungkan prosesi pernikahan.

Tips Mengumpulkan Modal untuk Biaya Lamaran Sederhana

Biaya lamaran perlu dipersiapkan untuk menjadikan momen lebih berkesan. Jika kamu berencana untuk menapaki jenjang pernikahan, salah satu langkah awal yang perlu diselenggarakan adalah acara lamaran.

Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya biaya lamaran ditanggung siapa? Perlu diketahui bahwa tren merayakan lamaran baru muncul akhir-akhir ini. Beberapa tahun yang lalu prosesi lamaran biasanya hanya berupa pertemuan keluarga inti tanpa acara khusus. 

Pada era media sosial seperti saat ini, banyak konten tentang lamaran yang dibuat semenarik mungkin. Ada venue khusus, dekorasi, seragam batik, foto dan video dokumentasi yang estetik, serta berbagai buah tangan yang dikemas cantik seperti seserahan pernikahan.

Jika mengikuti tren saat ini, biaya lamaran sederhana pun membutuhkan dana minimal 5 juta rupiah. Pada umumnya biaya akan ditanggung oleh calon kedua mempelai. Namun, sebaiknya dibicarakan baik-baik siapa yang akan menanggung biaya tersebut dan bagaimana pembagiannya. 

Tips mengumpulkan modal untuk biaya lamaran, antara lain:

  1. Membuat rekening bersama pasangan khusus untuk tabungan acara lamaran dan pernikahan.
  2. Rutin menabung 10-20% dari gaji setiap bulannya.
  3. Mencari pendapatan tambahan dengan berbisnis atau bekerja sampingan.
  4. Mengurangi aktivitas kencan yang berbiaya mahal, seperti fancy dinner di restoran mahal atau terlalu sering menonton film di bioskop.
  5. Mengalihkan waktu kebersamaan dengan kegiatan murah meriah seperti memasak bersama, bercocok tanam di pekarangan, atau jogging di taman.

Tips Menghemat Biaya Lamaran

Jika kondisi keuanganmu dan pasanganmu terbatas, kamu bisa menyelenggarakan acara lamaran secara sederhana dengan biaya yang terjangkau. Berikut tips menghemat biaya lamaran yang bisa dilakukan.

Memilih Tempat Lamaran

Melangsungkan prosesi lamaran di resort tepi pantai yang romantis memang menjadi dambaan banyak pasangan. Namun tidak semua pasangan memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk reservasi tempat lamaran sesuai impiannya.

Tidak perlu memaksakan diri untuk menyelenggarakan lamaran di tempat yang mahal. Kamu bisa menyesuaikan tempat lamaran dengan isi kantongmu. Salah satu tips menghemat biaya lamaran yang dapat diikuti adalah menyelenggarakan lamaran di rumah. Sehingga kamu tidak perlu membayar sewa tempat untuk acara lamaran.

Dekorasi Sederhana

Estimasi biaya lamaran sederhana dapat ditekan dengan menggunakan dekorasi sederhana. Kamu dapat menyiapkan properti untuk dekorasi sederhana berupa backdrop kain, bunga artifisial, meja, dan kursi dengan jumlah terbatas. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mendekornya sendiri dengan barang-barang yang sudah tersedia.

Dekorasi lamaran memang tidak perlu seheboh dekorasi pelaminan untuk pesta pernikahan. Kamu juga tidak perlu mengundang banyak orang untuk menghadiri acara lamaranmu.

Pakaian Couple

Tren lamaran saat ini yang sederhana adalah menggunakan pakaian batik sarimbit atau couple. Kamu bisa membeli sepasang baju batik tersebut untuk digunakan saat lamaran. Estimasi biaya untuk pakaian sebesar Rp500.000.

Katering untuk Jamuan Keluarga

Jumlah keluarga yang menghadiri acara lamaran sangat menentukan besarnya biaya katering yang harus dikeluarkan. Sebaiknya kamu hanya mengundang keluarga dekat untuk menghadiri acara lamaran.

Jika kamu mengundang 20 orang, kurang lebih kamu harus memesan 40 pax makanan. Kamu bisa memesan set menu dengan harga Rp50.000 per pax sehingga biaya yang dikeluarkan untuk katering sebesar Rp2.000.000.

Foto dan Video Dokumentasi

Acara lamaran merupakan salah satu momen penting yang perlu diabadikan lewat foto dan video. Namun jasa fotografer dan videografer juga tidak murah. Kamu bisa menggunakan jasa fotografer dan videografer profesional untuk hari pernikahanmu nantinya.

Untuk menghemat biaya lamaran, kamu bisa menggunakan jasa fotografer dan videografer yang tarifnya terjangkau. Biasanya mereka masih baru memulai bisnis fotografi dan sedang mengumpulkan portofolio. Sehingga tarif jasa yang ditawarkan masih terjangkau di kisaran Rp500.000.

Cincin Lamaran

Lamaran pernikahan disebut juga sebagai acara tunangan. Pada umumnya calon pengantin pria akan memberikan cincin kepada calon pengantin wanita sebagai tanda ikatan untuk membangun rumah tangga. Ada juga yang membeli cincin sepasang sehingga masing-masing calon mempelai menggunakan cincin.

Cincin lamaran berbeda dengan cincin pernikahan. Jika danamu terbatas, kamu tidak perlu memaksakan diri membeli cincin yang mewah. Kamu bisa membeli satu buah cincin emas dengan kadar 50% atau 75% seberat 2 gram dengan harga Rp1.500.000.

Hantaran Lamaran

Apa saja yang dibawa saat lamaran sederhana? Hantaran lamaran tidak sebanyak saat seserahan pernikahan. Pada seserahan pernikahan ada perlengkapan ibadah, pakaian, sepatu, tas, skin care, makanan, furniture, dan lain-lain. Sedangkan hantaran lamaran hanya berupa makanan dan buah-buahan yang fungsinya sebagai buah tangan saat berkunjung.

Pada umumnya hantaran lamaran berisi kue tradisional seperti dodol, wajik, jadah, dan kue basah lainnya. Kemudian ada buah-buahan yang dikemas dalam nampan atau keranjang parcel. Estimasi biaya lamaran sederhana untuk hantaran sebesar Rp500.000.

Total estimasi biaya lamaran untuk acara yang sederhana seperti dijelaskan di atas adalah sekitar Rp5.000.000. Kamu bisa menyesuaikannya dengan harga-harga kebutuhan di kota tempat tinggalmu dan ketersediaan sumber daya yang bisa dimanfaatkan.

Seperti diketahui bahwa harga-harga barang di suatu daerah dapat lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya. Daerah tempat lamaran diselenggarakan juga memengaruhi besarnya biaya lamaran. 

Di samping itu, standar sederhana setiap orang berbeda-beda. Kamu perlu bermusyawarah dengan keluarga terkait konsep acara yang akan diselenggarakan. Sehingga nantinya acara lamaran dapat berlangsung lancar dan didukung semua pihak.

Artikel Terkait