Banking

Infinity Artinya: Ketahui Layanan Keuangan Infinity Indonesia

infinity-artinya

Banyak orang yang menanyakan infinity artinya apa, karena kata ini cukup sering didengar dalam beberapa hal, termasuk pada layanan keuangan seperti OJK. Infinity juga sering ditemukan dalam ilmu matematika.

Di Indonesia, infinity lebih sering disebut dengan nama Indonesianya, yaitu tak terhingga. Dengan nama ini, kamu pasti ingat bahwa ada simbol tak terhingga dalam matematika yang sangat familiar, yaitu mirip angka delapan yang bentuknya menyamping (∞).

Pengertian Infinity

Secara umum, infinity artinya sebuah konsep abstrak yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak terbatas atau tidak ada habisnya. Istilah infinity ini sangat penting dalam bidang matematika, kosmologi, komputasi, seni, dan fisika. 

Selain itu, infinity bisa dibilang juga sebagai perwakilan sesuatu yang tidak terbatas atau sesuatu yang lebih besar daripada bilangan alaminya atau bilangan real. Simbol infinity yang terkadang disebut sebagai lemniscate ini diperkenalkan oleh John Walls yang merupakan pendeta dan ahli matematika pada tahun 1655.

Simbol (Pi) π adalah Contoh Infinity

Selain lemniscate (∞), simbol Pi (π) juga termasuk contoh dari infinity di dalam dunia matematika. Matematikawan menggunakan simbol Pi ini karena tidak mungkin untuk menuliskan keseluruhan angka yang jumlah digitnya tidak terbatas. 

Di sekolah, angka Pi memang sering dibulatkan menjadi 3,14 atau yang lebih panjang 3,14159. Padahal nilai asli dari Pi jika harus ditulis secara keseluruhan maka tidak akan ada akhirnya. 

Penggunaan Nama Infinity dalam Layanan Keuangan

Selain bidang-bidang yang memang berkaitan dengan infinity, beberapa layanan keuangan di Indonesia menggunakan kata infinity untuk namanya. Misalnya layanan OJK Infinity dan UOB Infinity. Kedua layanan ini pun diluncurkan belum lama, baru beberapa tahun ke belakang.

Kata infinity dalam nama sebuah layanan masyarakat bisa saja memiliki makna khusus. Biasanya, nama layanan akan sedikit-banyaknya menggambarkan tentang layanan tersebut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Infinity

OJK Infinity diresmikan beroperasi pada Agustus 2018 lalu. Nama infinity di layanan ini sebenarnya adalah sebuah singkatan, bukan nama sesungguhnya. OJK Infinity artinya kepanjangan dari OJK Innovation Centre for Digital Financial Technology

OJK Infinity ini mempunyai tujuan untuk membangun ekosistem fintech menjadi bagian sistem keuangan nasional yang bermanfaat bagi masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dalam peluncuran OJK Infinity pada saat itu, Wimboh Santoso mengatakan dengan melalui OJK Infinity ini industri fintech diharapkan bisa menghadirkan layanan jasa keuangan yang inovatif, efektif, dan efisien dengan tetap mengedepankan perlindungan konsumen.

Selain itu, OJK Infinity juga berfungsi sebagai wadah diskusi dan kolaborasi antara industri, pemerintah, regulator, akademisi, dan pihak-pihak lainnya. Fintech Centre ini pun memiliki tiga fungsi dalam perannya dalam diskusi tersebut.

  1. Memfasilitasi regulatory sandbox dan menyeimbangkan kegiatan inovasi dengan perlindungan konsumen.
  2. Berperan sebagai innovation hub untuk pengembangan Industri Keuangan Digital dan pengembangan ekosistem Industri Keuangan Digital dengan menyeluruh.
  3. Menjadi sentra edukasi baik dan terpercaya bagi pelaku jasa keuangan, konsumen, maupun akademisi yang akan menjadi pegiat Industri Keuangan Digital sebagai pelaku ekonomi Indonesia ke depannya.

Dalam melaksanakan semua fungsi tersebut, OJK Infinity Indonesia akan bekerja sama dalam hal pertukaran informasi dan sumber daya dengan berbagai stakeholder. Stakeholder yaitu pihak-pihak yang akan saling membantu dan berpengaruh sebagai pelaku ekonomi Industri Keuangan Digital.

UOB Infinity dari UOB Indonesia

United Overseas Bank Limited (UOB) Indonesia meluncurkan UOB Infinity pada tahun 2021 lalu. UOB Infinity artinya sebuah platform digital yang memungkinkan pelaku bisnis untuk mengelola keperluan perbankan dengan cara-cara yang lebih sederhana, lebih cerdas, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Selain di Indonesia, UOB Infinity juga diluncurkan di Singapura dan 10 negara lainnya di Asia Tenggara. Platform terbaru dari layanan UOB ini lebih dikhususkan bagi nasabah korporasi dan UKM yang salah satunya menawarkan dashboard yang bisa disesuaikan agar nasabah bisa melihat informasi keuangan secara real time.

Wong Kartyono selaku Head of Transaction Banking UOB Indonesia pernah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 sudah mendorong pertumbuhan digitalisasi dalam memenuhi kebutuhan nasabah. 

Oleh karena itu, melalui UOB Infinity mereka ingin berkomitmen untuk mengembangkan solusi digital yang memungkinkan nasabah melakukan kegiatan perbankan dengan lebih nyaman dan mudah.

UOB Inifnity Indonesia memiliki berbagai keunggulan yang akan menguntungkan dan memudahkan para nasabah. Berikut ini beberapa keunggulan yang tersedia di UOB Infinity.

  1. Dalam platform UOB Infinity tersedia dashboard yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dan informasi keuangan secara real time, seperti status transaksi, transaksi yang tertunda, dan informasi lainnya mengenai akun nasabah.
  2. Nasabah bisa mengelola berbagai kegiatan perbankan antar domestik maupun antarnegara. Mulai dari mengecek akun UOB di sejumlah negara lain hingga membuat pembayaran lokal dan internasional. Semua transaksi akan terlaksana dengan nyaman dan dalam satu platform tunggal.
  3. Sudah menggabungkan fitur BI-FAST yang akan memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran domestik secara real time dengan tarif yang lebih rendah.
  4. Menawarkan fitur widget dan shortcut untuk membantu nasabah menyelesaikan transaksi dengan waktu yang lebih cepat.

Infinity artinya sebuah hal yang tidak terbatas, begitupun perekonomian di dunia tidak ada batasnya. Oleh karena itu, penggunaan kata infinity dalam layanan keuangan ini cukup masuk akal dan cocok. Selain itu, perekonomian yang tidak ada batasnya ini membuat manusia harus bisa mengelola keuangan dengan baik.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait