Berapa Modal Minimal Investasi Reksa Dana Online?

modal minimal investasi
modal minimal investasi

Saran modal minimal investasi saat ini begitu beragam tergantung jenis intrumen investasi yang kamu ingin pilih. Misalkan saja, kamu memilih berinvestasi saham di mana minimal kamu harus membeli 1 lot saham = 100 lembar saham melalui perusahaan sekuritas dan membuka rekening saham dengan setoran minimal Rp1 juta, Rp3 juta, Rp5 juta, bahkan Rp100 ribu saja.

Pada dasarnya, modal minimal investasi untuk setiap intrumen investasi itu berbeda-beda.

Semakin berkembangnya zaman, kini investasi bukan hanya dikhususkan bagi mereka yang memiliki finansial yang mapan saja melainkan semua orang pun bisa berinvestasi walaupun hanya memiliki modal yang kecil.

Transformasi ke Era Digital

Apalagi, saat ini kita telah memasuki era digital dimana salah satunya adalah terjadi transformasi dari yang dulunya konvensional ke digital yang merambah ke berbagai industri.

Industri yang semakin menjamur saat ini, yaitu berhubungan dengan teknologi informasi dan digital. Dengan bukti, banyaknya atau munculnya startup-startup digital yang menawarkan layanan bagi masyarakat luas melalui investasi, pembayaran berbasis aplikasi, jual-beli online, dll.

Investasi Online

Topik yang ingin dibahas oleh Ajaib saat ini adalah seputar investasi baik itu online. Mengapa? Karena, saat ini investasi sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai bentuk antisipasi atau dana darurat di kemudian hari. Itulah mengapa saat ini, investasi dinilai begitu penting sehingga kesadaran akan investasi mulai dari sekarang perlu ditingkatkan.

Setiap orang pasti memiliki penghasilan setiap bulannya yang berbeda-beda tergantung jabatan dan perusahaan di mana mereka bekerja. Pada era dimana biaya hidup kian hari kian tinggi saja sepertinya pos keuangan untuk investasi harus sudah mulai dipertimbangkan oleh kamu dari sekarang.

Nah bagi kamu generasi milenial, setidaknya ada tiga jenis investasi yang cocok untuk pemula beserta saran modal minimal yang perlu disetorkan oleh kamu di antaranya:

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana dikenal menjadi salah satu investasi dengan modal kecil dan sangat cocok untuk generasi milenial untuk memulai investasi pertamamu.

Kamu bisa memulai investasi reksa dana secara konvensional ataupun online berdasarkan profil risiko investasi kamu. Biasanya, jika kamu berinvestasi melalui reksa dana online, kamu akan diminta mengisi terlebih dahulu sejumlah pertanyaan. Yang mana, pada akhir sesi kamu akan mendapatkan hasil dari profil risiko seperti konservatif, moderat, atau agresif.

Dengan memahami profil risiko, hal ini bisa membantu kamu dalam menentukan jenis reksa dana apa yang cocok sesuai dengan profil risiko investasi kamu.

Untuk saran modal minimal investasi di reksa dana online seperti Ajaib, dimulai dari minimal Rp10 ribu saja untuk investasi reksa dana tematik sedangkan Rp400 ribu untuk pilihan investasi reksa dana yang direkomendasikan oleh Ahli Ajaib. Kamu bisa terus berinvestasi reksa dana di Ajaib secara berkala untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih maksimalkan.

Selain itu, kamu tidak perlu lagi merasa khawatir mengenai keamanan berinvestasi di Ajaib, di mana aplikasi ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga dana yang tersimpan, terjamin akan keamananannya.

Investasi Emas Digital

Apakah kamu masih beranggapan bahwa investasi logam mulia seperti emas merupakan investasi yang membutuhkan dana besar. Karena, jika kita lihat harga emas antam per gram saat ini menyentuh angka Rp700 ribuan per gramnya.

Walaupun demikian, investasi emas memang disarankan untuk para investor pemula. Jika kamu belum memiliki modal yang begitu besar namun tetap ingin berinvestasi emas.

Kamu bisa memanfaatkan investasi emas digital yang kini mulai menjamur di internet, namun perlu diwaspadai untuk memilih perusahaan investasi emas digital yang memiliki izin dari Bappebti.

Saran modal minimal untuk investasi emas digital berupa tabungan emas di Pegadaian di bawah Rp100 ribu, kamu sudah bisa membeli emas.

Lebih kerennya lagi, saldo tabungan emasmu tak perlu mencapai 1 gram, kamu sudah bisa menjual emas yang dimiliki sesuai dengan harga jual-beli yang sudah ditentukan. Sistem kerja dari tabungan emas ini adalah dengan cara mencicil atau menambahkan danamu ke tabungan tersebut.

Jangan lupa ya guys! Perhatikan biaya-biaya lainnya sebelum membuka rekening tabungan emas seperti biaya titip dan pembelian saldo awalnya.

Investasi Saham

Saham memang merupakan jenis instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan dengan tingkat return 20-30%. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Ajaib di awal artikel, yaitu kamu perlu membuka rekening saham di perusahaan sekuritas pilihan dengan modal yang dibutuhkan minimum Rp100 ribu saja hingga Rp5 juta.

Modal minimum ini masih dikategorikan kecil bagi generasi milenial di mana dengan ratusan ribu saja kamu sudah bisa untuk membeli saham. Sama halnya seperti tabungan emas, kamu perlu mengetahui biaya-biaya apa saja yang dikenakan kepada kamu ketika membuka rekening saham di perusahaan sekuritas terkait seperti biaya untuk transaksi beli , transaksi jual saham, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengecek harga saham sebelum kamu memulai investasi.

Kamu disarankan untuk Menyisihkan 10% dari Penghasilan Bulanan untuk Investasi

Saran minimal modal untuk berinvestasi yang nantinya digunakan bisa kamu sisihkan dari penghasilan bulananmu, yaitu sebesar 10%. Dimana dari dana tersebut, kamu bisa berinvestasi secara berkala baik itu reksa dana, emas digital, dan saham seperti uraian di atas. Investasi-investasi di atas memang diperuntukan bagi investor pemula dengan keuntungan modal minim serta cuan yang cukup menjanjikan. Sekarang tinggal kamu yang menentukan ingin memilih jenis investasi yang mana nih? Jika pilihanmu jatuh kepada investasi reksa dana, kamu bisa langsung memulai investasi pertamu bersama Ajaib dengan cara mengunduh aplikasi Ajaib di Google PlayStore atau langsung daftarkan diri kamu melalui link berikut https://invest.ajaib.co.id/sign-up.

Ingat ya! Investasi itu penting karena bisa menjamin hari tua kamu nanti sebagai dana darurat. Salah satunya adalah dengan berinvestasi reksa dana pada pasar uang dengan tingkat pengembalian 6% hingga 8% per tahun.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait