Begini Cara Scan Segel Hologram Tabung Gas 12 Kg

tabung-gas-12-kg
tabung gas 12 kg

Tabung gas 12 kg merupakan kebutuhan utama ibu rumah tangga hingga sebagian besar masyarakat untuk memasak dengan kompor. Jenis elpiji ini merupakan tipe non subsidi sehingga harganya relatif lebih mahal. Hal Ini berbeda dengan tabung gas 3 kg yang statusnya subsidi dan ditujukan bagi rakyat miskin sehingga harganya amat terjangkau.

Gas non subsidi ini dijual di pasaran dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) mulai dari Rp139.000 per tabung. Namun, banyak oknum jahat yang menjual dengan lebih murah jauh di bawah harga yang ditetapkan pemerintah. Hal ini karena gas elpiji tersebut palsu karena dibuat dengan cara dioplos. Pelaku biasanya mengoplos 3 buah tabung gas tabung gas 3 kg ke tabung gas 12 kg.

Tabung gas palsu ini jelas membahayakan bagi masyarakat dan tidak aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena itu kita harus jeli agar bisa membedakan tabung gas 12 kg asli atau oplosan. Namun, hal ini kini dipermudah dengan adanya segel resmi berhologram dengan barcode yang bisa di-scan. Dikutip dari Kumparan, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, “segel kita yang resmi ini ada hologram dan barcode, nanti kita buka lewat aplikasi HP nanti ketahuan di mana dia diisi.”

Kita bisa memindai kode ini lewat aplikasi di smartphone masing-masing. Inovasi ini tentunya bisa meminimalisir resiko mendapatkan tabung palsu. Ajaib akan memberikan panduang cara scan kode hologram dan cara lain mengetahui keaslian tabung yang kamu beli:

1. Download Aplikasi MyPertamina

Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore maupun Appstore sehingga bisa digunakan pemilik andorid ataupun Iphone. Lewat aplikasi ini kemudian kita bisa memindai kode unik yang seharusnya tertera di tabung.

2. Scratch Off

Gosok pelindung kode unik yang terletak di bagian bawah kode produksi. Ini merupakan kode unik dari setiap tabung elpiji 12 kg.

3. Aktifkan QR Code

Fitur QR Code di aplikasi MyPertamina akan membuatmu bisa mengetahui keaslian tabung yang dibeli beserta lokasi pengisian tabungnya. Karena itu, jika tabung yang kamu miliki palsu maka tidak ada data yang tertera.

4. Cek Segel Hologram

Segel hologram terletak di bagian samping pucuk tabung elpiji. Fasilitas ini diberikan untuk menjamin kualitas dan kuantitas LPG dalam tabung tersebut.


Harus diketahui pula jika tabung yang resmi memiliki tutup yang bersegel. Segel ini berwarna putih dengan kode barcode tertera di bagian atasnya. Tabung dengan segel yang cacat menjadi pertanda pertana tabung yang palsu atau tidak resmi. Kamu bisa segera mendownload aplikasi yang diperlukan dan cek tabung gas milikmu. Jangan lupa ajari keluarga dan teman-temanmu agar kalian semua terhindar dari bencana gas elpiji palsu.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait