Mengenal Right Issue Grup Lippo Atas Saham LPKR

Right Issue Saham LKPR Grup Lippo Karawaci

Buat yang baru bergabung di dunia investasi, mungkin kewalahan mengenal beragam istilah. Tidak perlu khawatir, kamu bisa perlahan-lahan mempelajari berbagai istilah dunia investasi secara bertahap.

Kamu bisa mempelajari istilah yang berkaitan dengan instrumen investasi yang membuat kamu tertarik. Salah satunya adalah istilah Right Issue yang sempat dilakukan saham LPKR dari Lippo Karawaci.

Pengertian Right Issue

Bagi kamu yang hendak terjun pada investasi saham, ada baiknya kamu mulai mengenal istilah Right Issue. Dalam versi Bahasa Indonesia, Right Issue diartikan sebagai Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

HMETD merupakan hak yang dimiliki para pemegang saham, yang namanya telah terdaftar di dalam daftar pemegang saham sebuah perseroan terbatas (PT), atau disebut juga sebagai pemegang saham lama.

Pemegang saham lama ini memiliki hak untuk mendapatkan tawaran terlebih dahulu apabila perusahaan melakukan proses emisi. Emisi sendiri adalah proses pengeluaran saham-saham simpanan perusahaan, atau disebut juga menerbitkan saham baru.

Perlu diketahui, saat perusahaan membuka sahamnya ke publik, maka hanya sebagian dari keseluruhan saham yang dibuka untuk kepemilikan publik. Maka dari itu, perusahaan bisa melakukan emisi dalam rangka menambah jumlah saham yang dibagikan kepada publik.

Perusahaan yang sedang melakukan Right Issue, akan ditandai dengan akhiran “-R” pada kode perdagangan bursa saham. Misalnya, pada saat saham LPKR melakukan Right Issue, maka HMETD-nya adalah LPKR-R. Apabila pemegang saham lama tidak membelinya, maka saham akan diberikan kepada pemegang saham baru atau disebut juga Stand by buyer.

Pengertian Harga Saham Right

Pada saat perusahan melakukan HMETD, maka harga yang dipasang pada saham baru yang dikeluarkan, disebut sebagai harga Right. Pada saat pelaksanaan Right Issue, Saham LPKR dipatok dengan harga Rp235 per lembar saham. Harga ini di bawah harga saham di pasaran saat itu, yakni Rp254.

Pada dasarnya, harga saham Right tidak memiliki aturan tertentu. Bisa saja di bawah harga pasar, sama dengan harga pasar, ataupun di atas harga pasar.

Namun demikian, umumnya harga saham Right dipasang lebih rendah dari harga pasar. Ini dikarenakan perusahaan yang melakukan HMETD ingin memberikan peluang pada investor lama mereka untuk mendapatkan keuntungan lebih, ketimbang membeli saham di Bursa Efek Jakarta.

Right Issue diperdagangkan di bursa layaknya sebuah saham pada umumnya, hanya saja dalam kurun waktu tertentu. Karena HMETD memiliki batas waktu yang berlaku untuk penebusan, sebelum kemudian habis dan hangus.

Right Issue Saham LPKR

Sebelum LPKR melakukan Right Issue, perusahaan telah mengumumkan mengenai Right Issue pada tanggal 12 Maret 2019. Sementara pelaksanaannya dilakukan hingga 15 Juli 2019.

Pada saat dilakukan pengumuman, harga saham LPKR yang diperjualbelikan di BEI berada di posisi Rp254, sementara harga Right ditawarkan pada level Rp235.

Sempat terdengar pesimisme mengenai Right Issue saham LPKR. Sebabnya, LPKR merosot cukup dalam, sehingga Right Issue sempat dianggap terlambat dan kurang menarik. Namun nyatanya Right Issue mampu menguatkan posisi LPKR.

Pada saat Right Issue ditutup pada 15 Juli 2019, harga Saham LPKR berada di posisi Rp290 atau menguat 13,39 % sejak dibukanya Right Issue.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait