Apakah Kamu Berhak Menggunakan Tabung Gas 3 Kg?

Tabung Gas 3 Kg
Tabung Gas 3 Kg

Tabung gas 3 Kg merupakan salah satu inovasi pemerintah sejak hampir satu dekade lalu. Penggunaannya menggantikan minyak tanah yang harganya hampir tak terjangkau masyarakat.

Menggunakan gas berwarna hijau ini diklaim lebih hemat dan aman. Sejak itu berbagai kalangan gemar menggunakan tabung gas jenis ini.

Gas 3 Kg murah karena subsidi yang masih diberikan pemerintah sampai sekarang. Harga Eceran Tertinggi (HET) pada Agustus lalu berkisar Rp20.000 per tabung.

Karena itu, penggunaannya dikhususkan untuk warga tidak mampu. Hal ini diperjelas dengan tulisan ‘hanya untuk masyarakat miskin’ di badan tabungnya. Namun, banyak masyarakat yang tutup mata dan menjadikan subsidi ini tidak tepat sasaran.

Ajaib mengajakmu untuk memastikan apakah kamu berhak menggunakan tabung gas ini. Ada sejumlah indikator pengguna yang bisa diterapkan ke dirimu maupun keluarga di rumah. Jangan sampai upaya untuk berhemat malah membuat kita memanfaatkan subsidi yang tidak seharusnya diterima ya.

Berikut tiga indikator pengguna tabung gas 3 kilogram sesuai anjuran pemerintah:

1.     Pendapatan kurang dari Rp1,5 juta per bulan

Kalau pendapatanmu dan seluruh anggota keluargamu dikumpulkan lebih dari Rp1,5 juta per bulan maka kamu tidak berhak memanfaatkan gas melon ini.

Fasilitas ini ditujukan untuk keluarga miskin dengan batas pendapatan tersebut dan rumah yang memiliki dinding dan lantai yang tidak permanen.

Selain itu, pemegang kartu jaminan sosial seperti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) juga berhak menikmati subsidi.

2.     Usaha kecil

Pengusaha dengan skala usaha mikro juga masuk dalam sasaran target subsidi gas 3 kg. Bagaimana menentukan skala usahanya?

Usaha mikro adalah jenis usaha dengan jumlah pekerja kurang dari 10 orang, aset maksimal Rp50 juta, dan omzet setahun maksimal Rp300 juta. Selain itu, pemilik usahanya juga biasanya memiliki pendidikan yang rendah.

Penggunaan tabung gas 3 Kg dimaksudkan sebagai upaya pemerintah mengembangkan usaha tersebut dengan menekan biaya produksi.

3.     Nelayan

Indonesia merupakan negara dengan wilayah laut yang sangat luas namun nelayannya masih banyak yang hidup dalam kemiskinan. Karena itulah, gas LPG 3 Kg ini juga ditujukan untuk penggunaan oleh nelayan.

Selain untuk kegiatan rumah tangga, ada segelintir nelayan yang berinovasi dengan memanfaatkan gas 3 Kg untuk melaut.

Apakah kamu masuk dalam tiga kriteria di atas? Kalau kamu masih punya anggaran untuk ngopi dan nonton bioskop tiap minggu berarti kamu tidak berhak atas gas subsidi ini.

Jika kamu tidak masuk kriteria di atas, berarti saatnya kamu mengganti tabung gasmu dengan jenis yang lebih sesuai. Jangan lupa ingatkan ibu dan teman-teman terdekat untuk beralih menggunakan gas non subsidi pula.

Harapannya, subsidi ini kemudian bisa digunakan oleh orang lain yang lebih membutuhkan. Jangan sampai keinginan berhemat kemudian malah merugikan orang lain.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait