Bangkitnya Ruang Co-Working dalam Panggung Ekonomi

co-working
co-working

Apakah kota kamu memiliki ruang co-working? Jika kamu tinggal di daerah metropolitan utama, jawabannya mungkin ya. Pada kenyataannya, kamu mungkin pernah melihat beberapa saat melewati jalan. Pada tahun 2018, 2.188 ruang co-working baru dibuka di seluruh dunia, lebih dari 200 di antaranya berada di Indonesia (yang, jika kamu berhitung, rata-rata 20 per negara). Pada tahun 2022, diperkirakan akan ada sekitar 25.968 ruang kerja bersama di seluruh dunia.

Jika kamu tidak terbiasa, ruang co-working adalah ruang kerja bersama yang menawarkan kombinasi langganan, tiket harian, dan open house untuk memungkinkan para profesional menggunakan sumber daya mereka. Sumber daya ini biasanya mencakup semua fitur kantor konvensional, seperti meja, area kolaborasi, ruang rapat, dan bahkan fasilitas seperti dapur atau ruang istirahat.

Jadi mengapa ruang kerja menjadi begitu populer? Mengatakan permintaan meningkat adalah pernyataan yang meremehkan; apa yang sebenarnya terjadi adalah seberapa fleksibel ruang kerja bersama, dan seberapa banyak nilai yang mereka berikan kepada komunitas mereka.

Panggung Ekonomi

Pengamatan yang jelas adalah bahwa ruang kerja bersama mulai berkembang sekitar ekonomi juga mulai berkembang. Teknologi baru telah mempermudah orang untuk memulai bisnis mereka sendiri, atau mengandalkan aplikasi yang ada untuk menghubungkan layanan mereka ke klien yang paling membutuhkannya. 

Mereka juga membuatnya lebih mungkin untuk bekerja dari jarak jauh, bahkan dalam posisi yang secara tradisional tidak akan mentolerir pengaturan semacam itu; pada kenyataannya, di Indonesia pekerja rumahan sudah berkembang dengan pesat semenjak era teknologi semakin maju.

Itu banyak orang yang tiba-tiba bekerja di luar lingkungan kantor konvensional. Bahkan dengan pengaturan kantor rumahan yang bagus, wajar untuk melewatkan kehadiran rekan kerja, kemewahan ruang pertemuan terpisah, dan kedekatan lingkungan kerja kamu dengan pusat kota. Mencoba menyewa kantor sendiri tidak masuk akal secara finansial, jadi ruang co-working adalah jalan tengah yang sempurna bagi jutaan profesional. Ini adalah tempat untuk fokus pada pekerjaan kamu, bertemu dengan klien, dan mungkin menemukan mitra yang kamu butuhkan untuk membuat bisnis kamu bekerja secara efisien.

Startup dan Dukungan Komunitas

Untuk banyak ruang kerja bersama, ini bukan hanya tentang menyediakan lingkungan kantor untuk freelancer, pengusaha, dan profesional yang bekerja jauh yang menginginkan atau membutuhkan ruang kerja konvensional. Ini juga tentang mendukung lingkungan wirausaha, dan memelihara masyarakat.

Ambil contoh, WeWork, ruang co-working dengan beberapa lokasi di Indonesia. Terutama, lokasi ruang yang strategis yang mempertemukan pengusaha, pemilik usaha kecil, inovator, dan profesional lainnya untuk lokakarya, pembicara, dan peluang jaringan.

Ketika wirausahawan sukses, masyarakat tumbuh subur. Dengan lebih banyak sumber daya dan lebih banyak peluang karier, anggota masyarakat berkembang.

Ini hanyalah salah satu contoh ruang kerja bersama yang membantu kotanya berkembang. Ruang co-working dengan cepat berubah menjadi pusat komunitas di mana pengusaha dapat memberikan dukungan timbal balik, dan terhubung dengan mentor, penasihat, dan investor yang dapat membantu mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan. Ruang co-working yang lebih beragam dan lebih unik mengarah pada lebih banyak bisnis kecil, pekerja lepas yang lebih mapan, dan pada akhirnya, kondisi ekonomi yang lebih baik untuk semua orang di kota – termasuk pengembangan ruang kerja yang lebih luas, yang menghasilkan efek bola salju.

Pertimbangan Real estatee

Ruang co-working juga dapat memberikan pertumbuhan dan perbaikan yang sehat ke pasar real estatee komersial. Mengubah bangunan menjadi ruang kerja bersama relatif mudah, dan memberi investor investasi real estate yang cerdas dengan kesempatan untuk memanfaatkan properti yang mungkin tidak digunakan, seperti gedung kantor kosong atau bahkan pabrik tua. Ini juga memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk lingkungan perkotaan dan investor real estate yang sama; Daripada dipaksa melakukan pembelian besar dengan satu fokus, kamu dapat membeli properti dengan beragam penawaran untuk pengusaha, pekerja lepas, dan penyewa potensial lainnya. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa ruang kerja yang fleksibel menghasilkan pertumbuhan nilai properti yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan daya tarik kota besar dan mendorong lebih banyak tempat tinggal.

Ruang Co-working: Aset Serbaguna dan Berharga

Ruang co-working mendapat banyak perhatian karena menjadi berharga bagi para penipu dan pekerja jarak jauh, tetapi mereka lebih penting dan lebih fleksibel daripada itu. Bangunan-bangunan ini memiliki kekuatan untuk meningkatkan kota dalam berbagai cara, mulai dari merangsang pertumbuhan ekonomi dan populasi lebih lanjut hingga memelihara komunitas profesional yang lebih mendukung. Pastikan untuk mengunjungi ruang co-working kamu jika kamu belum melakukannya; kamu mungkin akan terkejut dengan apa yang kamu temukan di sana.

Di Indonesia sendiri, co-working space memiliki perkumpulannya yang bernama Asosiasi Co-Working Indonesia. Saat ini, kendala yang dialami oleh pengusaha adalah izin membayar pajak yang belum diregulasikan. Namun, perkembangan ruang co-working ini sangat pesat di pusat-pusat kota besar. Bahkan di stasiun kereta api pun, ruang co-working juga disediakan untuk mereka yang memerlukan ruang kerja saat menunggu kereta atau saat ada keperluan mendadak.

Tertarik dengan ulasan redaksi Ajaib lainnya, kamu bisa kepoin berbagai hal menarik lainnya seputar ekonomi, investasi, hingga perencanaan keuangan yang dibahas oleh ahlinya. Untuk itu, jangan lupa selalu buka situs Ajaib ya.

Bacaan menarik lainnya:

Soeharsono Sagir.(2009). Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kancana


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait