Perencanaan Keuangan

Bagaimana Cara Menyusun Anggaran Acara Besar?

Ajaib.co.id – Pernikahan, tunangan, atau ulang tahun merupakan acara besar yang sudah sepatutnya dirayakan oleh kerabat terdekat, seperti sahabat atau keluarga untuk tetap mempererat hubungan yang telah dibangun selama ini. Namun, di balik meriahnya acara besar, terdapat penyesalan yang tidak semua tamu lihat dan hanya pihak penyelenggara saja yang merasakannya, yaitu utang yang bertumpuk.

Sudah menjadi rahasia umum jika acara yang harus mengundang banyak orang seperti pernikahan membutuhkan biaya yang sangat besar. Dilansir dari berbagai sumber, biaya resepsi pernikahan sederhana di Jakarta mulai dari kisaran Rp100 juta hingga tak terhingga, tergantung di mana acara tersebut dilaksanakan dan jumlah tamu yang diundang. 

Tingginya biaya untuk menyelenggarakan acara-acara seperti ini tidak diikuti dengan kesadaran akan kondisi finansial. Misalnya, banyak orang tua yang memaksakan anaknya untuk menikah di gedung mewah dan harus mengundang kerabat si orang tua hanya untuk menampilkan bahwa mereka sukses karena bisa menyelenggarakan pernikahan di gedung mewah. Untuk orang tua yang memiliki kondisi finansial jauh dari cukup mungkin tidak masalah, tapi bagaimana dengan orang tua yang kondisi finansialnya biasa-biasa saja? Utang jawabannya.

Di situasi ideal, beberapa orang tua mungkin akan menabung untuk mengadakan acara besar seperti pernikahan atau acara ulang tahun. Namun, skenario terburuk akan selalu terjadi di luar dugaan. Maka dari itu penting bagi kamu untuk menyusun anggaran sesuai dengan kondisi finansial, selain itu kamu juga bisa menghemat karena mengetahui biaya apa yang sekiranya bisa ditekan, berikut langkah-langkahnya.

Menabung Sedini Mungkin

Tidak masalah jika acara besar yang kamu selenggarakan sudah dekat atau beberapa tahun kemudian, yang harus kamu lakukan adalah mulai menabung saat ini juga. Semakin cepat kamu mulai menabung dengan jangka waktu yang panjang, semakin mudah bagi kamu untuk membiayai acara tersebut, selain itu kamu juga memiliki alternatif dalam merencanakan acara tersebut karena biayanya sudah tertutupi.

Pertimbangkan untuk menabung di akun rekening yang tidak mengharuskan kamu membayar biaya administrasi sehingga kamu bisa menarik uang kapan saja. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan instrumen investasi dengan profil risiko yang rendah, seperti deposito berjangka untuk menyimpan uang kamu hingga jangka waktu tertentu sehingga tidak ada peluang uang tersebut digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa investasi di reksa dana pasar uang melalui platform investasi terpercaya. Ajaib sebagai salah satu platform investasi reksa dana dengan 1 juta pengguna menawarkan investasi reksa dana dengan return potensial mulai dari Rp10.000, yang harus kamu lakukan menyesuaikan profil risiko agar keuntungannya dapat kamu manfaatkan untuk membiayai acara yang akan kamu selenggarakan.

Sudah Melakukan Riset?

Sebagai seseorang yang akan melaksanakan acara besar, entah itu pesta pernikahan atau ulang tahun, tentu kamu tidak mengetahui bagaimana merencanakannya dari awal hingga akhir, apa yang harus dilakukan, biaya apa yang harus dikeluarkan, hingga siapa saja yang harus diundang agar acara tersebut berjalan sempurna. 

Kamu harus melakukan riset kecil-kecilan tentang acara tersebut. Misalnya, jika kamu akan melangsungkan pernikahan beberapa tahun kemudian, kamu bisa mulai bertanya ke orang tua atau kerabat yang sudah menikah tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dari awal hingga acara selesai. Internet juga bisa menjadi sarana alternatif untuk melakukan riset membantu kamu menyusun anggaran.

Jika kamu ingin melaksanakan pernikahan di gedung, kumpulkan informasi gedung-gedung yang bisa disewa, atau jika kamu ingin menentukan katering seperti apa yang akan kamu sediakan ke tamu, luangkan waktu untuk melakukan food test dari katering satu ke katering lainnya. Yang terpenting adalah, semua yang kamu butuhkan tidak melebihi anggaran yang telah kamu sediakan.

Menyusun Anggaran

Dalam mempersiapkan acara besar, menyusun anggaran adalah hal yang paling menyenangkan. Anggaran berfungsi untuk memastikan bahwa kamu tidak mengeluarkan melebihi batas yang sudah ditentukan dan membantu berhemat untuk menekan sektor yang menurutmu tidak penting. Selain itu, pastikan kamu menyusun anggaran ini bersama individu yang bersangkutan (jika pernikahan kamu bisa ajak pasangan).

Tentukan apa yang kamu butuhkan di acara tersebut. Misal pada acara pernikahan, kamu mungkin harus menyiapkan jas dan gaun pernikahan, undangan, suvenir, dokumentasi, foto pre-wedding, cincin, venue pernikahan, dekorasi, katering, kue pernikahan, hiburan, hingga bridal shower. Jika anggaran yang kamu buat melebihi batas maksimal, diskusikan bersama pasangan hal apa saja yang harus dibuang karena kurang penting, misalnya bridal shower atau hiburan yang mungkin bisa digantikan dengan kontribusi kerabat terdekat.

Jika kamu mendapatkan bantuan dari orang tua atau anggota keluarga lain untuk menyelenggarakan acara tersebut, pastikan kamu memasukkannya dalam anggaran untuk memudahkan aktivitas hitung menghitung.

Mengatur Pembiayaan Lebih Awal

Jika kamu sadar kondisi finansial tidak cukup dan kamu perlu meminjam uang, jangan menunggu waktu lebih lama untuk melakukannya. Kamu bisa meminjam ke kerabat terdekat dan membuat kesepakatan rentang waktu untuk mengganti uang tersebut. Jika merepotkan dan takut merusak hubungan, kamu bisa meminjamnya dari bank yang pembayarannya bisa dicicil secara berkala.

Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh peminjam adalah meminjam nominal yang besar sehingga harus membayar cicilan yang besar setiap bulan atau cicilan dengan rentang waktu yang sangat panjang. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kondisi finansial kamu sebelum meminjam. Berapa persen uang yang bisa kamu sisihkan dari total pendapatan setiap bulan jika harus membayar cicilan bank setiap bulan? 

Jangan hanya karena ingin terlihat mampu di hadapan kerabat terdekat, kamu meminjam uang tanpa mempertimbangkan kondisi finansial yang pada akhirnya kamu bayar tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan atau gagal melunasinya. Hal ini akan membuat skor kredit kamu anjlok dan peluang kamu untuk meminjam uang di bank sangat kecil.

Sudah siap menyelenggarakan acara besar?

Sumber: The Best Way to Budget for a Big Event, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait