Awas! Inilah 5 Penyebab Boros yang Jarang Orang Sadari

penyebab boros
penyebab boros

Ajaib.co.id Sering merasa uang kamu sering habis begitu saja? Bisa jadi ada penyebab boros yang tidak kamu sadari. Apa saja penyebab boros tersebut? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Terkadang, kita sering mendapatkan uang ekstra tetapi ada saja kendala saat ingin menabungnya. Seringnya, kita pakai uang ini untuk memberikan hadiah kepada diri kita sendiri ataupun memang gaya hidup yang menjadi penyebab boros.

Tidak, ada banyak cara lain yang membuat kamu membuang-buang uang tanpa menyadarinya. Pada dasarnya membelanjakan uang untuk hal-hal yang sama sekali tidak memberi kamu imbalan dan hanya mengurangi kehidupan kamu. Inilah lima hal teratas yang mungkin membuang-buang waktumu saat ini dan menjadi penyebab boros:

Biaya Perbankan

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan dari kita lebih loyal kepada bank kita daripada mitra kita. Rata-rata orang dewasa telah menggunakan rekening yang sama selama 16 tahun. Mereka tetap di rekening yang sama paling tidak seminim 7 tahun.

Bukan karena mereka sangat puas dengan layanan yang mereka dapatkan tetapi hanya karena mengubah rekening bank kamu bisa menjadi masalah besar dan membuang waktu.

Namun, dengan tidak berbelanja, kamu mungkin membuang-buang uang setiap bulan tanpa menyadarinya. Biaya kecil yang bertambah dari waktu ke waktu bisa lebih berbahaya daripada hanya sekali belanja di bar yang paling tidak memberi kamu kepuasan instan.

Jika kamu membiarkan rekening kamu mengalami penarikan berlebihan setiap bulan, gunakan ATM yang dekat daripada dioperasikan oleh bank kamu, atau menabung sebelum menyelesaikan pembayaran hutang, kamu perlu melihat lebih dekat pada keuangan kamu.

Membeli Dua Hal yang Sama

Jika kamu terlalu malas untuk mengecek apakah kamu memiliki sesuatu yang tersembunyi di lemari kamu, kamu mungkin akhirnya membelinya dua kali. Jika kita berbicara tentang sebotol saus tomat, itu bukan masalah, karena kamu setidaknya akan menggunakannya ketika yang lain selesai.

Tetapi ketika ini mulai terjadi secara lebih teratur dengan barang-barang yang kamu tidak perlu miliki sebanyak dua … kamu membuang-buang uang yang bisa menuju sesuatu yang tidak menambah nilai hidup kamu.

Apakah itu parutan keju atau pembuat kopi, satu set headphone atau bantal perjalanan, kamu mungkin hanya membutuhkan satu barang daripada dua.

Dan, kembali ke botol saos, jika kamu berbelanja secara rutin tanpa memeriksa apa yang ada di lemari persediaan makananmu, ingat banyak barang yang sudah kadaluwarsa. Itu benar-benar membuang-buang uang.

Barang Overpriced

Ini pada dasarnya berlaku untuk apa pun yang kamu bisa dapatkan lebih murah di tempat lain. Meskipun seringkali kamu membayar untuk kenyamanan membeli sesuatu dari toko lokal daripada menuju ke tempat yang jauh dari rumah kamu, jika kamu jatuh dalam kebiasaan ini, kamu secara rutin membuang-buang uang.

Jadi sebelum kamu melakukan pembelian malas berikutnya, hitung nilai waktu kamu. Jika layak menghabiskan ekstra untuk memberi kamu kenyamanan, tentu saja, bayarlah. Tetapi jika kamu memiliki waktu untuk berbelanja, ada baiknya kamu melatih diri untuk melakukannya dan mencari alternatif yang lebih murah.

Membayar untuk Merek

Ini tidak sama dengan membeli iPhone atau Samsung, memang begitu. Dan tidak juga jika kamu menginginkan arloji berkualitas yang akan menjaga jarak hidup kamu. Tapi, apakah benar-benar layak menghabiskan tiga kali lebih banyak untuk sepasang baju atau celana bermerek atau barang kebutuhan sehari-hari seperti saos yang dicap premium?

Sebagian besar waktu, kamu dapat menemukan pakaian yang nyaman yang tidak memiliki merek dan membuat penghematan yang signifikan. Jadi, setidaknya, untuk barang-barang penting kamu seperti kaos dan celana, pilih versi yang lebih murah.

Jika kamu ‘hanya’ ingin melengkapi atribut perjalanan kamu di kemudian hari, belanjakan lebih banyak untuk mantel, jeans, atau kacamata bermerek – sesuatu yang benar-benar akan diperhatikan orang.

Dan jika kamu harus membeli tablet pencuci piring atau saus kuliner bermerek karena kamu benar-benar melihat perbedaannya, itu terserah kamu. Tetapi jika kamu dapat menemukan barang yang tidak bermerek tiga kali lebih murah, mengapa harus membuang-buang uang untuk membelinya hanya karena publisitas telah memenuhi pikiranmu?

Barang Sekali Pakai

Di sinilah sesuatu yang disebut ekonomi palsu sering muncul. Mungkin lebih murah untuk membeli pisau cukur sekali pakai karena dengan suku cadang pengganti harganya lebih mahal, tapi ingat, yang mahal tahan lama.

Hal yang sama berlaku untuk barang yang kamu butuhkan saat ini yang tidak akan pernah memiliki utilitas di masa depan. Seperti balon tiup untuk liburan atau jaket segala cuaca saat kamu tinggal di dekat khatulistiwa.

Berbelanja di sekitar untuk rekening bank terbaik untuk kamu. Kebutuhan kamu berubah seiring waktu. Mulailah mengurangi barang-barang bermerek, hindari membeli duplikat dan pertahankan on-off biaya pembelian seminimal mungkin atau kamu akhirnya akan membocorkan uang seperti keran.

Lebih baik, kamu mulai berinvestasi untuk masa depan kamu sendiri. Termasuk untuk rumah impian atau hari tua yang lebih nyaman. Kamu bisa memulai berinvestasi dengan platform investasi reksa dana Ajaib. Ajaib menawarkan banyak pilihan investasi reksa dana yang direkomendasikan oleh beberapa pakar keuangan profesional yang mampu untuk memilihkan jenis investasi sesuai kebutuhanmu.

Jangan khawatir, kamu hanya perlu menyisihkan penghasilan kamu dan menyerahkannya pada Ajaib yang memiliki pakar keuangan profesional. Ajaib juga sudah diawasi dan disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang makin membuat investasimu nyaman dan aman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait