2 Cara Cek HP Samsung Ini Bisa Buktikan Asli atau Replika

cara cek hp samsung
cara cek hp samsung

Jangan sembarangan membeli handphone (HP), termasuk Samsung. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara cek HP Samsung. Agar lebih jelas, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai cara cek HP Samsung.

Smartphone di Indonesia sudah seperti kacang dipasaran. Semua orang di Indonesia sudah memiliki telepon pintar untuk membantu kehidupannya sehari-hari. Salah satu telepon yang paling banyak dicari adalah Samsung.

Vendor telepon genggam yang satu ini sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1990-an. Nama Samsung semakin bersinar setelah masuknya era Android.

Akan tetapi, seiring pesatnya perkembangan zaman, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini sering disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil. Banyak replika smartphone Samsung yang bertebaran di masyarakat.

Supaya kamu tidak tertipu saat membeli HP Samsung, kamu harus bisa melihatnya secara teliti. Berikut cara cek HP Samsung.

Gunakan LCD Test

Ketika kamu sudah membeli smartphone baru, kamu bisa mengecek keasliannya dengan menggunakan LCD test sebagai cara cek hp Samsung asli atau tidak.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menuliskan *#0*# pada layar panggilan. Langkah selanjutnya, di layar ponsel kamu bakal muncul LCD test. Dari sini, ada banyak onformasi yang bisa kamu ketahui, seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.

Kemudian, kamu bisa mengecek keaslian ponsel Samsung dengan milihat spesifikasi yang tertera di sana. Bukan hanya dengan melihat pada kotak ponsel saja, tetapi kamu perlu melihat langsung pada ponsel kamu mengenai spesifikasinya. Kamu bisa mengetik *#*#4636#*#* untuk mengecek keaslian ponsel Samsung dan spesifikasinya.

Kemudian, layar LCD di pinsel kamu bakal menampilkan spesifikasinya. Namun, bila ponsel kamu tidak asli atau rekondisi, maka spesifikasinya tidak bakal nongol di layar ponsel Samsung milik kamu.

Cek Nomor IMEI

Cara lain untuk mengecek keaslian ponsel Samsung kamu adalah memeriksa nomor IMEI pada box. Nomor IMEI itu harus kamu samakan dengan nomor IMEI yang berada di ponsel kamu. Lalu, bagaimana caranya? Kamu cukup mengetik *#06# pada tombol telepon dan nomor IMEI ponsel Samsung kamu bakal muncul.

Andai kode IMEI di box dan ponsel Samsung kamu tidak sama, maka bisa dipastikan ponsel tersebut tidak asli alias abal-abal. Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI pada ponsel, kamu bisa mengecek info mengenai tipe ponsel dengan mengunjungi situs IMEI.info.

Langkah ini tentu saja dilakukan untuk mengetahui apakah ponsel pintar kamu benar-benar asli atau tidak. Kamu hanya pelu mengetikan nomor IMEI yang sebelumnya tertera pada layar ponsel di kolom nomor IMEI pada website tersebut. Kemudian centang pada tulisan I’m not a robot dan klik check.

Jika website tersebut menampilkan info mengenai ponsel kamu beserta nama brand yaitu Samsung, maka ponsel yang kamu miliki itu asli. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dalam memahami keaslian ponsel Samsung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait