Bisnis & Kerja Sampingan

Aplikasi untuk Membuat Contoh Iklan Produk Makanan

Ajaib.co.id – Pernah melihat contoh iklan produk makanan yang bikin ‘ngiler’? di balik itu pasti ada beragam aplikasi yang dipakai.

Itulah gunanya teknologi. Perkembangannya turut serta mendongkrak kreativitas masyarakat. Dalam dunia periklanan dan bisnis, hal ini tentu sangat dibutuhkan.

Dalam bisnis makanan, gambar yang ada dalam iklan harus mewakili kualitas dan rasanya. Jadi, jika sudah yakin makanan yang dijual enak dan layak dihargai, jangan bikin iklan sembarangan.

Bagi kamu yang ingin atau sudah memulai bisnis makanan wajib mempelajarinya. Tak sulit kok. Hanya bermodalkan telepon pintar kamu sudah bisa membuat sebuah iklan yang menarik.

Kenapa Harus Bikin Iklan?

Bagaimana orang tahu kalau kita jualan jika tak ditawarkan. Nah, di sinilah peran iklan yang sesungguhnya. Yaitu menawarkan barang baik secara langsung atau tak langsung.

Pelaku bisnis harus mampu melakukan terobosan demi memperluas pasar. Semakin banyak yang mengenal produknya semakin baik. Semakin luas pasar maka target market yang bidik juga akan semakin banyak.

Ini beririsan dengan keuntungan yang akan diraup. Bukankah bisnis tak lepas dari keinginan mendapat untung?

Ibarat perang, iklan adalah senjata. Tujuannya adalah untuk melepaskan peluru ke target. Isinya promosi tentang produk yang dijual. Agar semua orang yang melihatnya tahu, apa sih yang dijual? Lalu apa kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan produk serupa lainnya.

Saat ini, industri periklanan maju amat pesat. Apalagi sejak teknologi digital berkembang. Dulu iklan hanya tayang di televisi, radio, spanduk dan media iklan konvensional lain. Sekarang iklan sudah seperti makanan sehari-hari. Bisa muncul media sosial dan artikel.

Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Membuat Iklan

1.    Canva

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat konten visual adalah Canva. Dibanding dengan aplikasi sejenis lainnya, canva lebih mudah di gunakan. Juga lebih fleksibel karena bisa digunakan dengan laptop maupun handphone.

Ada banyak fitur yang bisa dipakai. Bisa untuk membuat logo, poster, image blog dan web, dan masih banyak lagi. untuk pemula, bisa mencoba aplikasi Canva yang gratis. Bagi yang sudah professional dan ingin menghasilkan konten visual lebih tinggi, bisa menggunakan Canva yang berbayar.

Tak hanya bisa digunakan untuk otak-atik foto, menggabungkan foto, atau membuat foto jadi lebih menarik. Dengan Canva, kamu juga bisa membuat video yang tak kalah menarik.

2.    Moldiv

Jika ingin menampilkan iklan yang sederhana namun tetap cantik, Moldiv adalah pilihan yang tepat. Terkesan hanya menggabungkan satu foto dengan yang lain saja. Tapi, hasilnya cukup memuaskan.

Mengedit foto dengan Moldiv sebetulnya hampir sama dengan aplikasi edit foto pada umumnya. Beberapa fitur yang bisa digunakan seperti bingkai.

3.    Layout

Layout juga bisa digunakan untuk membuat poster contoh iklan produk makanan. Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengunggahnya langsung ke instagram. Jadi cocok sekali untuk menampilkan berbagai testimoni dari customer.

4.    Posterlabs

Bisa dikatakan posterlabs ini adalah cara mudahnya membuat poster ala majalah ternama.

Ada banyak template yang bisa digunakan untuk mempercantik poster atau tampilan gambar produk. Jenis hurufnya pun beragam. Posterlabs bisa di unduh baik di android maupun Apple.

5.    Grid

Siapa yang tak kenal aplikasi Grid. Tak hanya untuk membuat poster, edit foto dengan Grid sepertinya sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Meskipun sederhana, namun Grid cukup untuk membuat kolase berbagai pilihan produk makanan yang dijual.

Tips ‘ngiklan’ Tepat Sasaran

Tak sembarangan pasang iklan. Terlalu banyak namun tak tepat sasaran, justru akan membuat orang-orang abai loh.

Pernah kan menemui perbaruan status di media sosial sampai menyerupai jahitan? Saking banyaknya iklan yang dipasang. Bukannya dilihat malah ditinggal. Karena kebanyakan orang malas membukanya.

Makanya, ngiklan juga ada waktunya.

Produk makanan terbilang cukup fleksibel. Target utamanya bisa ibu rumah tangga dan anak muda. Pilihlah waktu yang tepat. Bisa saat waktu makan malam atau makan siang. Saat orang lagi lapar-laparnya, lalu muncul iklan makanan dengan tampilan yang bikin ngiler. Auto pesan!

Membuat iklan sesuai dengan target marketnya juga penting. Untuk produk makanan kekinian, target pasarnya tentu generasi muda. Iklan dibuat secara unik sesuai yang menjadi selera anak muda.

Beda lagi untuk makanan rumahan dengan target pasar ibu-ibu. Tentu dibutuhkan model iklan lain. Ibu-ibu cenderung detil. Jadi harus menyertakan informasi lengkap. Mulai dari bahan hingga tanggal kedaluwarsa.

Ada banyak sekali contoh iklan produk makanan yang tampil di berbagai media sosial. Ada yang dibuat oleh tenaga professional. namun tak sedikit juga hasil dari otak-atik pelaku bisnis rumahan. 

Di sinilah kreativitas dan ketelitian di uji. Siapa yang mau belajar dan mencoba, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Iklan yang bagus, produknya pun laris.

Artikel Terkait