Saham

Apa Saja Sih Keuntungan Berinvestasi Saham? Ini Jawabannya

keuntungan berinvestasi saham

Ajaib.co.id – Para pakar keuangan selalu menyarankan untuk berinvestasi dengan tujuan menciptakan kondisi finansial yang sehat selain menabung. Salah satunya adalah dengan investasi saham. Lalu apa keuntungan berinvestasi saham? Kan masih banyak instrumen investasi lain, kenapa harus saham?

Saat ini investasi saham sudah mulai banyak dilirik karena sebagai salah satu cara untuk menambah kekayaan. Meski mendatangkan untung yang besar, namun terdapat risiko yang besar juga. Siapapun boleh berinvestasi saham, asalkan memiliki beberapa kemauan sebagai berikut:

Berani mengambil risiko. Buat pemula sebaiknya membeli saham blue chip atau BUMN karena pergerakan harganya stabil dan risikonya relatif kecil.

  • Disarankan hindari bermain saham dalam jangka pendek.
  • Investasikan 5%-10% dari penghasilanmu tiap bulan.
  • Mau mempelajari dan menganalisa kondisi perusahaan secara fundamental beserta laporan keuangannya.
  • Mengetahui setiap pergerakan naik turunnya harga saham yang sudah kamu beli.
  • Minta saran dan nasihat dari broker atau pialang supaya bisa tahu apakah saham yang sedang kamu incar punya prospek yang bagus atau tidak ke depannya.

Tips di atas harus kamu pahami sebelum kamu terjun ke dunia investasi saham. Selanjutnya, sekarang saatnya kita cari tahu keuntungan berinvestas saham.

Keuntungan Investasi Saham

Ada beberapa keuntungan berinvestasi saham yang bisa didapatkan. Selain memiliki gengsi tersendiri, investasi saham punya keunggulan dalam menawarkan risiko dan hasil yang beragam. Selain itu, investasi saham juga bisa digunakan untuk mencegah inflasi yang bisa menguras daya beli masyarakat.

Nah, berikut ini beberapa poin keuntungan berinvestasi saham yang pastinya bikin kamu tertarik.

Mudah dalam Bertransaksi

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah ditransaksikan. Jika membandingkan dengan beberapa investasi lainnya, ada yang mengharuskan kamu untuk membawa sertifikat saat ingin melakukan transaksi. Sementara untuk proses transaksi saham, kamu cukup dengan menghubungi perusahaan sekuritas atau broker. Malahan sekarang ini kamu bisa investasi saham secara online lewat aplikasi online trading.

Sifatnya Likuid dan Transparan

Keuntungan berinvestasi saham berikutnya adalah sifatnya yang transparan. Artinya, kamu bisa mengetahui dengan pasti harga permintaan dan penawaran beserta jumlah lot. Terlebih dengan adanya peraturan dari Bapepam mengenai keterbukaan informasi, setiap perusahaan sekuritas yang listing pada bursa wajib mengunggah hasil laporan keuangannya. Dengan begitu investor bisa menganalisa kondisi dan perkembangan perusahaan tersebut.

Lalu sifat saham yang likuid berarti mudah untuk dijual atau dicairkan dengan cepat ketika sedang mendesak butuh uang. Namun, tingkat likuiditasnya berbeda-beda tergantung dari saham yang kamu punya. Biasanya saham yang ramai diperjualbelikan lebih likuid. Sementara untuk proses transaksinya setelah kamu menjual sahammu paling lama 3 hari kerja.

Modalnya Relatif Kecil

Jika masih ada yang menganggap investasi saham butuh modal besar dan hanya untuk orang kaya saja, itu tidak benar. Faktanya investasi saham sekarang ini dapat kamu mulai dengan modal yang kecil minimal Rp 100.000 saja. Kamu pun tidak diharuskan untuk langsung membeli saham dalam jumlah banyak, tetapi bisa dilakukan dengan cara mencicilnya.

Keuntungan berinvestasi saham ini adalah dapat disesuaikan kemampuan finansial kamu. Setiap bulan kamu bisa investasi saham tanpa ada batasan nominal tertentu, sehingga lebih fleksibel untuk kamu dalam mengatur keuangan dan menyisihkan uang untuk investasi.

Imbal Hasil Relatif Tinggi

Saham bisa dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi yang punya imbal hasil tinggi dalam rentang waktu relatif singkat. Peningkatan investasinya juga kompetitif dengan instrumen lainnya, namun terdapat risiko yang besar.

Misalnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), sejak tahun 2002 telah mengalami peningkatan sebesar 1246,57% dalam waktu 14 tahun. Pasti terbayang dong oleh kamu jika menanam investasi selama itu, berapa keuntungan yang kamu dapatkan nantinya.

Pembagian Dividen

Keuntungan berinvestasi saham adalah kamu akan mendapat dividen dari perusahaan. Dividen ini adalah pembagian laba oleh perusahaan kepada para investor atau pemegang sahamnya, yang berasal dari keuntungan yang didapat perusahaan. Dividen sendiri terdapat dua jenis, yakni tunai dan saham.

Dividen tunai berarti perusahaan memberikan secara tunai per satu lembar saham yang dimiliki kepada para pemegang saham. Sementara dividen saham perusahaan memberikan saham lagi kepada investornya, sehingga jumlah sahamnya akan bertambah. Namun, ada perusahaan yang memang tidak membagikan dividen kepada pemegang saham meskipun memperoleh laba besar.

Biasanya perusahaan tersebut sedang berada dalam tahap pengembangan yang ingin melakukan ekspansi atau memperluas usahanya.

Capital Gain

Capital Gain ini adalah keuntungan yang perusahaan berikan kepada para pemegang sahamnya dari hasil selisih antara harga beli dan harga jual sahamnya. Jadi, harga jualnya harus lebih tinggi daripada harga belinya. Umumnya, capital gain ini ada karena akibat dari aktivitas perdagangan pada bursa efek.

Contoh, kamu beli saham X per lembarnya Rp4.000. Lalu kamu jual di harga Rp5.000 per lembarnya. Maka, capital gain yang kamu dapat sebesar Rp1.000 per lembar sahamnya.

Setelah kamu tahu keuntungan berinvestasi saham? Ada ketertarikan untuk memulai investasi? Kamu bisa berinvestasi sekarang secara online melalui aplikasi Ajaib. Di aplikasi Ajaib, kamu tak hanya diberi keuntungan tapi juga kemudahan. Mudahnya, disini kamu bisa memilih berbagai jenis investasi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Ditambah ada manajer investasi yang siap mengelola dana investasimu, sehingga kamu cukup memantaunya melalui smartphone.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait