Saham

Apa Saja Keuntungan Nabung Saham? Ini Jawabannya

keuntungan nabung saham

Ajaib.co.id – Berinvestasi sudah tidak asing lagi di lingkungan pergaulan kita. Seringkali topik mengenai investasi dibahas dalam tongkrongan milenial. Mulai membahas investasi yang berbentuk fisik sampai surat sudah menjadi topik hangat. Investasi yang paling hangat dibicarakan salah satunya saham. Apa saja keuntungan nabung saham? Dalam artikel ini kamu akan mendapatkan informasi berbagai keuntungan nabung saham.

Sebelum menggali lebih jauh tentang keuntungan nabung saham, yuk kita kenali dulu apa itu saham! Saham adalah investasi berbentuk surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu kebahagiaan perusahaan. Setiap pembelian saham diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan yang menyediakan infrastruktur untuk mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta mudah diakses oleh seluruh pemangku kepentingan.

BEI menyelenggarakan perdagangan efek, salah satunya saham. BEI memiliki tujuan perusahaan adalah menyediakan infrastruktur terbaik untuk perdagangan saham.

Kembali ke saham. dengan membelinya berarti kamu memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Artinya kamu berhak atas keuntungan perusahaan pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan dalam bentuk dividen.

Dividen dalam praktiknya dibagi menjadi empat jenis, antara lain:

  • Dividen tunai; Dibayarkan dalam bentuk tunai dan dikenai pajak.
  • Dividen saham; Dibayarkan dengan perhitungan berdasarkan proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Contohnya, setiap 1000 saham yang dimiliki, dibagikan 50 saham tambahan. Metode ini mirip dengan stock split.
  • Dividen properti; dibayarkan dalam bentuk aset.
  • Dividen interim; dibagikan sebelum tahun buku Perseroan berakhir.

Selain dari pembagian keuntungan tiap tahun, saham juga memiliki pergerakan harga yang dapat menjadi sumber keuntungan. Pergerakan harga saham adalah nilai sebuah perusahaan yang fluktuatif atau berubah-ubah disebabkan aset, keuntungan, modal, dan sentimen pasar. Sehingga nilai saham tidak akan sama dalam setiap periode waktu.

Berikut contoh perhitungan keuntungan nabung saham dari pergerakan nilai dan dividen. Misalnya kamu memiliki saham A pada awal tahun 2007 per lembar saham dihargai Rp1.500, sedangkan pada akhir tahun 2017 (10 tahun kemudian) per lembar saham A dihargai Rp14.000. Jadi, jika kita membeli 1 lembar saham A pada awal tahun 2007 dan menyimpannya sampai akhir 2017, kita mendapatkan keuntungan dari pergerakan saham sebesar Rp14.000 – Rp1.500 = Rp12.500. Selain itu kita akan mendapatkan deviden (pembagian keuntungan perusahaan) setiap tahunnya. Jadi keuntungan total yang kita dapatkan adalah 10 x Dividen + Rp12.500.

Setelah mengetahui keuntungan nabung saham. Berikut beberapa keuntungan saham dibanding beberapa investasi lainnya:

Cocok untuk Semua Orang

Menjadi investor tidak harus menjadi agresif dan memiliki pengetahuan finansial yang sangat mendalam. Karena itu investasi saham cocok untuk semua latar belakang mulai dari wiraswasta, pegawai Negeri, sampai dengan pelajar semuanya dapat berinvestasi di saham. Cukup memilih perusahaan yang dipercaya akan bertumbuh dan tidak akan bangkrut, kamu dapat memulai investasi saham.

Keuntungan yang Paling Tinggi

Dibanding investasi lainnya dalam jangka panjang, saham memberikan kita keuntungan paling besar jika kita memilih saham yang tepat. Sebagai contoh jika kita membeli saham A pada tahun 2000 lalu harganya ada di kisaran 200 per lembar, dan jika kita menyimpan saham tersebut selama 15 tahun investasi tersebut saat ini harga saham A ada di level Rp15.000 per lembar artinya investasi kita naik 72 kali lipat dalam 15 tahun. Potensi keuntungan ini belum dapat ditandingi oleh berbagai produk investasi lainnya.

Mendapat Dividen

Selain berpotensi mendapat keuntungan dari pergerakan harga saham, sebagai investor kita juga berhak mendapatkan bagian dari keuntungan yang diperoleh perusahaan setiap tahunnya, melalui pembagian dividen atau keuntungan perusahaan tahunan. Keuntungan yang diperoleh umumnya tidak terlalu besar, sebagian atau terkadang seluruh keuntungan akan diinvestasikan kembali ke dalam perusahaan untuk kemajuan perusahaan, dengan tujuan meningkatkan aset perusahaan dan keuntungan di masa yang akan datang.

Teruntuk kamu yang masih ragu setelah mengetahui keuntungan nabung saham. Kamu tetap dapat berinvestasi dengan instrumen yang lebih mudah contohnya reksa dana. Melalui investasi reksa dana, kamu secara langsung memiliki beberapa produk investasi sekaligus sesuai kebijakan manajer investasi, sehingga potensi kerugian sangatlah kecil. Keuntungannya dapat jauh lebih tinggi dibandingkan sekedar menyimpan uang dengan tabungan biasa atau dalam bentuk deposito.

Reksa dana juga memiliki produk reksa dana saham, sebuah produk investasi yang fokus di saham dan diatur sedemikian rupa oleh manajer investasi. Dengan kepiawaian dari manajer investasi, kamu dapat merasakan untungnya berinvestasi saham dalam skala yang terjangkau.

Salah satu reksa dana yang kamu pilih adalah Ajaib. Cukup dengan modal Rp10.000 dan handphone, maka kamu dapat menjadi investor dalam sekejap. Tampilannya yang sangat mudah dipahami oleh investor pemula memudahkan kamu memilih produk yang cocok sesuai profil risiko. Tidak perlu memahami berbagai istilah ekonomi, Ajaib memberikan rekomendasi produk dengan penamaan yang kamu pasti paham. Seperti, “Saham Terbaik Pilihan Para Ahli”, “Obligasi Terbaik Pilihan Para Ahli”, “30 Saham Terbesar di Indonesia”, dan lain-lainnya.

Bacaan menarik lainnya:

Elton, Edwin J. et al. (2009). Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. New York : John Wiley & Sons


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait