Bisnis & Kerja Sampingan

Mengenal Kopi Kenangan, Penanda Bisnis Kopi yang Menjanjikan

kopi kenangan

Ajaib.co.id – Kopi Kenangan, siapa sih yang tidak kenal dengan kedai kopi ini? Kopi dengan konsep coffee to go telah memiliki 298 cabang atau dijuluki “Rumah Mantan” tersebar di 18 Kota. Wow! Yang menarik dari bisnis ini adalah setiap cabangnya tanpa franchise atau waralaba. Dalam artikel ini Ajaib akan mengulas bisnis kopi yang sedang viral ini, yuk!

Awal Mulai Bisnis

Kedai kopi yang didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa pada tahun 2017 dengan gerai pertama di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan. Tidak tanggung-tanggung, gerai pertama itu bersaingan langsung dengan tiga kedai kopi lainnya yang tidak asing lagi. Dengan harga rata-rata Rp20.000 per cup, gerai pertama ini berhasil menjual 700 gelas kopi. Respon pasar yang sangat bagus ini membuat gerai dapat mencapai balik modal hanya dalam waktu tiga bulan. Keren ya!

Kesuksesannya saat itu tidak lepas dari peran ojek online. Menggeliatnya sektor jasa antar makanan berbasis online ini memberikan kontribusi sekitar 60-70% penjualan. Didukung oleh penamaan kedai dan menu yang catchy seperti Kopi Kenangan Mantan, Kopi Kenangan Masa Lalu dan lain-lainnya memberikan rasa penasaran tersendiri.

Pertumbuhannya yang pesat membuatnya sanggup untuk membuka satu gerai setiap harinya di Indonesia. Dan hanya dalam jangka waktu dua tahun, bisnis ini kini memiliki 290 gerai lebih yang tersebar di seluruh Indonesia dan dapat mempekerjakan lebih dari 1.800 pegawai.

Menarik Perhatian Investor

Memiliki manajemen yang baik, orang-orang yang terpercaya dan ide yang segar, membuka jalan bagi pertumbuhan bisnis kedai kopi ini. Tidak tanggung-tanggung, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan awal sebesar Rp120 miliar dari Alpha JWC Ventures pada akhir tahun 2018. Dengan jumlah uang tersebut, mengutip dari kumparan, Edward selaku pimpinan memilih untuk membuka gerai secara masif di berbagai lokasi di Jabodetabek.

Strategi tersebut memberikan pertumbuhannya ini melesat 20 kali lipat, hingga menarik perhatian investor dari dari Sequoia India sebesar Rp282 miliar di pertengahan tahun 2019. Tidak lama setelah itu, strategi selanjutnya yang diterapkan adalah mengembangkan fitur personal barista. Sebuah layanan personalisasi yang bisa langsung dilakukan lewat aplikasi oleh konsumen. Sebuah integrasi layanan online dan offline ini terbukti meningkatkan antusiasme pecinta kopi. Dengan aplikasi ini, pelanggannya mendapatkan pengalam baru menikmati kopi.

Beragam fitur disematkan seperti mencari toko terdekat, memesan di awal, dan membayar minuman mereka menggunakan virtual wallet.

Tidak ingin ketinggalan, Jay Z dan Serena Williams juga ikut berinvestasi dengan Kopi Kenangan di bawah Arrive dan Serena Ventures pada akhir tahun 2019. Dengan nominal yang tidak bisa disebutkan, strategi selanjutnya adalah melebarkan sayap dengan menambah ribuan gerai baru dan ekspansi ke pasar Asia Tenggara. Beberapa negara yang dibidik antara lain Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

Tips Sukses Kopi Kenangan

Dari pantauan Ajaib, Kopi Kenangan memiliki beberapa kelebihan dibanding kompetitor sejenis. Terlihat dari ekspansi bisnis yang masif serta angka penjualan yang fantastis tidak luput didukung berbagai hal, apa saja itu? Berikut beberapa poin yang Ajaib rangkum untuk kamu.

Branding yang Kuat

Memiliki nama yang dapat diterima seluruh kalangan dan terkesan norak menjadi sebuah strategi yang unik. Penggunaan nama tersebut memberikan kesan bahwa produk yang dijual tidak mahal. Selain itu penggunaan kata kenangan mempunyai pencitraan lokal yang memiliki makna tersendiri di Indonesia. Tidak berhenti di menu, barista pun memiliki julukan khusus yaitu baperista. Hal ini memberikan kesan bahwa produknya tidak mewah dan menarik banyak pelanggan baru untuk mencoba. Selain itu juga memberikan rasa hubungan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Terbukti di hari pertama tanpa menggunakan usaha pemasaran, terjual 700 gelas kopi dan terus meningkat.

Mengatur Sumber Daya Manusia

Sebagai kedai kopi yang memiliki ratusan gerai di Indonesia, dalam bisnisnya tidak dilakukan dengan franchise atau waralaba. Hal ini menjadikan setiap gerai memiliki standar yang sama dan kualitas yang terjaga. Dengan strategi yang matang, terbukti tiap gerainya tetap mendatangkan keuntungan dan tidak menjadi kanibal bagi gerai yang lain.

Selain itu dalam perusahaannya menerapkan sistem jenjang karir sehingga memotivasi seluruh karyawannya. Bukan hal yang tidak mungkin posisi barista dapat menjadi operational general manager jika memiliki kualifikasi serta kemampuan yang mumpuni. Berbeda dengan sistem waralaba, pegawai biasanya dihitung sebagai outsource dan rawan sekali berbagai hal yang merugikan perusahaan.

Selalu Berinovasi

Walau mengikuti tren, Kopi Kenangan hadir dengan varian dan inovasi terbaru setiap periode waktunya.Contohnya menu Es Kopi Susu Kenangan Mantan yang dibanderol Rp20.000 memiliki ramuan kopi khusus dan dibubuhi gula aren.Tidak berhenti di situ, inovasi juga merambah berbagai varian seperti penggunaan rasa red velvet, oreo hingga topping boba kini tersedia di menu.

Tidak berhenti di nama dan menu, penggunaan teknologi dalam inovasi kedai kopi juga patut diperhitungkan. Selain memberikan pengalaman baru juga dapat meningkatkan engagement dari pelanggan setianya. Kolaborasi online menuju offline terbukti menjadi jawaban seperti antrian yang panjang atau sistem pembayaran digital.

Tingkatkan Kepercayaan

Awal tahun 2020 menjadi hal yang mengerikan untuk bisnis ritel dikarenakan wabah virus Corona. Berbagai usaha kuliner kini hanya boleh melayani pesanan take away. Salah satu cara memanfaatkan tingginya kewaspadaan masyarakat adalah dengan memberikan kepercayaan. Contohnya adalah program SENANG (Sehat Bareng Kenangan). Setiap baperista (julukan barista) menggunakan alat kesehatan yang higienis dan lengkap. Baperista juga diwajibkan mengukur suhu tubuhnya dan menuliskannya di papan tulis. Selain itu setiap pesanan dari ojek online juga dipastikan bersih menggunakan hand sanitizer serta pengukuran suhu. Sehingga pelanggan yang membeli produk mendapatkan rasa tenang dan aman.

Setelah membaca ulasan mengenai Kopi Kenangan, apakah kamu tertarik juga untuk ikut berbisnis? Pastikan ulang strategi kamu dalam berbisnis tidak meleset ya! Dan kamu bisa mulai menabung untuk berbisnis dengan tabungan yang progresif seperti Reksa Dana. Tentunya dengan Ajaib, kamu dapat menabung lebih cepat, aman dan mudah untuk modal bisnis kamu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait