Saham

Analisis Teknikal KBLI Saham, Akankah Melonjak Tinggi?

Analisis Teknikal Saham KBLI, Akankah Tambah Melonjak Tinggi?

Harga KBLI Saham atau PT KMI Wire & Cable Tbk pada perdagangan meroket 11,11%. Berakhir di level Rp635 per saham pada pertengahan Oktober 2019 lalu. Saham ini bergerak atraktif pada perdagangan kemarin, ditransaksikan sebanyak 4.263 kali dengan nilai transaksi mencapai Rp2,56 triliun. Kinerja emiten produsen kabel PT KMI Wire & Cable Tbk (KBLI) sejauh ini di mata para analis menunjukkan performa harga saham yang mengesankan.

Selain itu, saham KBLI juga memiliki prospek yang positif. Di mana, kenaikan harga saham ini sangat signifikan dan dipengaruhi oleh performa keuangan KBLI yang tak kalah mentereng. Berikut ini adalah hasil analisis teknikal terhadap saham KBLI di 2019.

Peluang Bisnis

Daya tarik saham ini makin bertambah karena valuasi KBLI masih tergolong murah, meski harga sahamnya sudah melejit. Terbukti, price to earning ratio  (PER) emiten tersebut masih berada di level 7,10 kali. Selain itu, prospek bisnis KBLI yang juga anggota indeks Kompas 100 itu terbilang cerah di sisa tahun ini. Perseroan dinilai cukup terbantu oleh mega proyek pengadaan kapasitas pembangkit listrik sebesar 35.000 MW oleh pemerintah.

Analisis Teknikal Saham KBLI

Menurut analisis Bareksa, secara teknikal candle saham KBLI pada perdagangan kemarin membentuk white marubozu dengan body yang sangat besar. Kondisi tersebut menggambarkan saham ini bergerak sangat positif dalam rentang yang lebar karena mampu berakhir di level tertingginya, serta tidak sedikitpun bergerak di bawah level pembukaannya.

Volume perdagangan saham KBLI terlihat mengalami lonjakan signifikan dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang menandakan adanya antusiasme serta partisipasi yang besar dari para pelaku pasar. Indikator relative strength index (RSI) juga terlihat masih bergerak naik meskipun mulai mendekati area jenuh beli, mengindikasikan sinyal kenaikan yang kuat dengan target terdekat berada di level psikologis Rp360.

Strategi KBLI

PT KMI Wire and Cable Tbk (KBLI) mengincar pertumbuhan penjualan 17% pada 2019. Sekretaris Perusahaan KMI Wire and Cable mengatakan perusahaan menargetkan penjualan dapat tumbuh 17 persen sepanjang tahun ini. Dalam kegiatan public expose pada pertengahan tahun itu, perseroan memperkirakan pasar aluminium, yang didominasi PLN, diharapkan dapat tumbuh signifikan. 

Hal ini karena target pemerintah untuk mempercepat program 35.000 MW yang direncanakan selesai awal 2020. Sebagai informasi, perseroan memiliki total kapasitas produksi kabel listrik sebesar 75.000 MT, yang terdiri dari kabel listrik tembaga 30.000 MT dan kabel listrik aluminium 45.000 MT.

Update Harga KBLI Saham per Januari 2020

Emiten pembuatan kabel ini ternyata harus menyaksikan kabar yang kurang baik terhadap harga sahamnya. Di mana, pada 3 bulan terakhir, saham ini terus merosot hingga akhirnya ditutup dengan harga Rp498 pada 10 Januari 2020 kemarin. Akankah saham ini terus merosot atau kembali pada masa kejayaannya seperti Oktober 2019 lalu?

Meski saat ini harga saham KBLI turun, mungkin saja di pertengahan 2020 nanti, saham ini melonjak. Sebenarnya, ini menjadi salah satu waktu yang tepat ketika Anda ingin membeli saham. Namun, jangan hanya berpatokan pada harga saham yang menurun, kamu juga harus memerhatikan faktor lain, mulai dari kinerja perusahaan, laporan keuangan, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus melihat tren pelaku saham di tahun 2020, apa sekiranya yang bisa membuat saham ini kembali bangkit? Bagaimana investor lain melihat kondisi ini, dan sebagainya. Dengan begitu kamu bisa lebih yakin membeli saham. Yuk, langsung cek harga saham KBLI hari ini sekarang dan jadilah salah satu investor beruntung yang bisa membeli saham KBLI!

Nah, bagi kamu yang kurang memahami cara bermain saham, kamu juga bisa mulai investasi dengan memilih instrumen reksa dana. Dengan reksa dana, kamu tidak perlu memahami hal-hal yang membuat pusing kepala. Karena, seluruh dana yang kamu simpan didalamnya akan dikelola dengan manajer investasi yang telah berpengalaman. Mereka akan memasukkan dana yang kamu miliki sesuai dengan tujuan investasimu, apakah ingin risiko dengan return rendah, atau return tinggi dengan risiko rendah. Semuanya bisa disesuaikan.

Salah satu platform tepercaya yang membantu kamu memulai investasi reksa dana adalah Ajaib. Dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja dengan lebih mudah. Hanya dengan minimal investasi Rp10.000, kamu bisa memilih reksa dana terbaik pilihan Ajaib. Yuk download Ajaib dan buka rekening reksa dana kamu sekarang juga!

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait