Saham

AKSes KSEI, Cara Mudah Mengecek Saldo dan Portofolio Saham

Mengecek Saldo dan Portofolio Saham

Ajaib.co.id – Di era serba digital saat ini mengecek saldo dan portofolio saham sangat mudah. Investor bisa memonitor posisi dan mutasi efek yang tersimpan pada sub rekening efek di KSEI melalui fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Fasilitas AKSes merupakan bentuk kemudahan yang diberikan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Fasilitas mengecek saldo dan portofolio saham melalui AKSes KSEI ini adalah sebuah perlindungan yang diberikan untuk investor saat melakukan investasi di pasar modal Indonesia, berdasarkan keterbukaan informasi yang dikelola Pemegang Rekening KSEI dan juga Bank Kustodian.

Dengan adanya AKSes KSEI maka investor yang sudah terdaftar dengan mudah bisa mengecek saldo serta portofolio saham tanpa dibebankan sejumlah biaya, baik beban biaya kepada Pemegang Rekening KSEI maupun investor.  

Selain untuk mengecek saldo dan portofolio saham, secara umum ada beberapa manfaat lain dari AKSes KSEI yang perlu kamu ketahui. Ajaib merangkum beberapa manfaat lain dari fasilitas AKSes KSEI, antara lain :

1.   Fasilitas mengecek saldo dan portofolio saham real time

Investor dapat mengakses secara real time data kepemilikan Efek serta mutasinya dalam Sub Rekening Efek yang disimpan di sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir.

2.   Memudahkan konsolidasi laporan portofolio

Memberikan kemudahan investor untuk melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya yang tersebar di beberapa Perusahaan Efek atau Bank Kustodian.

3.   Sistem keamanan investor

Menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan pembukaan Sub Rekening Efek yang dapat dimonitor secara langsung oleh investor itu sendiri.

4.   Tambahan informasi

Memberikan manfaat tambahan informasi yang diinginkan investor secara transparan di pasar modal Indonesia.

Sementara untuk manfaat fasilitas AKSes KSEI bagi seorang pemegang rekening efek, yang perlu kamu ketahui, antara lain :

1.   Memperoleh informasi yang valid dan juga dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku bagi investor yang menjadi nasabahnya.

2.   Dapat dijadikan sebagai sarana dalam melakukan komunikasi serta penyampaian dan juga penyajian bentuk informasi berupa inquiry ataupun laporan bagi nasabahnya dengan data yang akurat secara langsung.

3.   Dapat mengurangi biaya dalam melakukan komunikasi mencakup biaya cetak dan juga biaya pengiriman laporan.

4.   Fasilitas ini juga terbuka bagi pengembangan lebih lanjut dan juga lebih spesifik berdasarkan kebutuhan daripada pemegang rekening yang berkaitan dengan peningkatan sarana komunikasi pemegang rekening dan juga nasabah.

Sementara itu, ada juga cara yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan fasilitas AKSes, baik melalui smartphone ataupun laptop, antata lain :

1.   Spesifikasi perangkat

Seorang investor yang ingin melakukan mengecek saldo dan portofolio saham dapat menginstal aplikasi AKSes Mobile ke dalam perangkatnya. Maka dari itu, beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan spesifikasi smartphone, antara lain :

·        iPhone ataupun iPad dengan sistem OS versi 3 ke atas.

·        Android phone ataupun tablet dengan sistem OS versi 2.2 ke atas.

2.   Melakukan pendaftaran

Selanjutnya kamu bisa melakukan registrasi atau pendaftaran dalam aplikasi AKSes untuk memudahkan kamu dalam mengecek saldo dan portofolio saham. Adapun caranya antara lain:

·        Membuka aplikasi AKSes Mobile kemudian klik link yang menuliskan “create user for first time login”.

·        Kamu bisa langsung memasukkan Single Investor Identity (SID) dan masukkan PIN Code

·        Kemudian kamu bisa memasukkan user ID, Password berdasarkan dengan beberapa pilihan dan juga alamat email yang tentunya masih berlaku

·        Selanjutnya, kamu bisa melakukan konfirmasi atau verifikasi dan kemudian klik ‘submit’.

·        Kamu tinggal menunggu akun kamu aktif dan kemudian kami bisa mengecek saldo serta portofolio saham melalui mobile phone.

Adapun beberapa fitur AKSes untuk smart phone yang bisa kamu nikmati, antara lain :

1.   Securities Balance

Security balance merupakan fitur mengecek saldo dan portofolio saham sampai dengan maksimal 30 hari terakhir.

2.   Securities Movement

Security movement merupakan fitur yang memudahkan kamu mendapatkan informasi mengenai mutasi efek untuk dalam rentang waktu 10 hari.

3.   Securities Instructions

Securities instructions merupakan fitur yang memudahkan kamu mendapatkan informasi mengenai instruksi efek yang bisa diketahui dalam rentang waktu 10 hari.

4.   Fund Balance

Fund Balance merupakan fitur yang memudahkan kamu mendapatkan informasi mengenai saldo ataupun juga dana yang berdasarkan dari perolehan data di bursa efek yang terakhir.

5.   Fund Movement

Fund movement merupakan fitur yang memudahkan kamu mendapatkan informasi mengenai saldo yang dimiliki dan juga dana untuk rentang waktu 10 hari.

6.   Consolidated Balance

Consolidated balance merupakan fitur yang memudahkan kamu mendapatkan informasi terkait dengan saldo daripada efek yang terkonsolidasi berdasarkan data terakhir.

7.   Corporate Actions

Corporate actions merupakan fitur yang memudahkan kamu memperoleh informasi secara detail terkait dengan mutasi yang terjadi, sebagai akibat dari Corporate Action.

Itulah beberapa cara dalam mengecek saldo dan portofolio saham dengan mudah melalui sebuah aplikasi AKSes mobile serta fitur dan cara penggunaannya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak artikel mengenai investasi, kamu bisa mengunjungi situs Ajaib.com. Selamat mencoba!

Artikel Terkait