Banking

Agunan Adalah Jaminan Aset, Ini Fungsi dan Jenisnya

Agunan Adalah

Ajaib.co.id – Pinjaman adalah salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan jika kamu sedang membutuhkan dana besar untuk berbagai keperluan. Biasanya, lembaga pemberi pinjaman memberikan syarat bagi peminjam untuk memberikan agunan agar dana yang diperlukan bisa cair.

Apa itu agunan? Singkatnya agunan adalah aset yang digunakan sebagai jaminan pinjaman. Lengkapnya kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Agunan

Agunan adalah istilah untuk jaminan berupa aset yang jadi syarat untuk mendapatkan pinjaman dana dari bank atau lembaga pinjaman lain. Jika kamu ingin mengajukan pinjaman dana dalam jumlah yang besar, tentunya jaminan atau agunan yang diserahkan pada peminjam harus memiliki nilai yang sama besarnya.

Hal ini bertujuan agar bisa menjadi jaminan kesanggupan debitur untuk membayar tanggung jawab pinjaman sesuai yang dijanjikan.

Apa yang terjadi jika peminjam tidak sanggup melunasi dan membayar pinjaman? Pemberi pinjaman memiliki hak untuk melakukan penyitaan aset yang sebelumnya sudah dijadikan sebagai jaminan.

Penyitaan yang dilakukan lembaga peminjam ini biasanya akan dilakukan jika peminjam tidak kooperatif dalam kewajibannya melunasi pinjaman. Biasanya peminjam tidak mengindahkan surat peringatan tunggakan pembayaran yang sebelumnya telah dikirimkan.

Fungsi Agunan

Menurut pengertian di atas, maka agunan punya dua fungsi, yaitu:

●       Indikator Jumlah Pembiayaan

Agunan akan dijadikan sebagai indikator jumlah pinjaman yang akan diberikan. Nilai pinjaman tidak boleh melebihi aset yang dijaminkan.

●       Pembayaran Utang

Jika peminjam gagal atau tidak bisa melunasi pinjaman, aset akan disita sebagai pembayaran utang. Biasanya dilakukan dengan cara lelang.

Jenis Agunan

Agunan dibagi menjadi dua jenis, yaitu Agunan Kebendaan dan Agunan Penanggungan (Bukan Kebendaan). Agunan kebendaan bisa dilihat mata dan biasanya bisa dibawa, contohnya adalah mesin, kendaraan bermotor, dan emas batangan.

Sebaliknya, Agunan Penanggungan tidak bisa dilihat, namun memiliki nilai. Contohnya adalah piutang dagang, hak sewa, hak kekayaan intelektual, dan surat berharga.

Agar lebih jelas, berikut adalah rata-rata jenis aset yang biasanya bisa dijadikan jaminan di berbagai bank dan lembaga peminjam lainnya.

1. Kendaraan Bermotor

Kendaraan adalah salah satu jenis jaminan yang paling umum. Cara untuk mendapatkan pinjaman dengan kendaraan bermotor sebagai agunan adalah dengan menjaminkan surat-suratnya seperti BPKB asli dan STNK sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Biasanya, nominal yang bisa diberikan di bawah Rp100 juta dengan bunga yang relatif ringan untuk pengembalian.

2. Properti

Rumah, apartemen, sawah, tanah, ruko, gedung, dan gudang adalah contoh aset yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Pihak bank biasanya sangat menyukai jenis jaminan ini karena memiliki risiko kerusakan dan kehilangan yang kecil dibandingkan benda bergerak. Nilai properti juga cenderung meningkat dan mudah dijual.

Jumlah pinjaman yang bisa diajukan dengan agunan properti relatif besar dengan tenor panjang dan bunga kompetitif. Sebagai gambaran, program BCA KPR Refinancing bisa memberikan pinjaman mencapai Rp5 miliar dengan tenor 20 tahun dengan suku bunga 6,12% per tahun.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman dengan menyerahkan sertifikat properti sebagai agunan adalah pastikan kondisi keuangan kamu cukup sehat untuk membayar cicilan. Pastikan juga kondisi rumah kamu layak, memiliki nilai yang cukup tinggi, dan berada di lokasi strategis.

3. Logam Mulia

Logam mulia seperti emas perhiasan maupun emas batangan bisa dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman hingga Rp500 juta di PT Pegadaian. Biasanya, jumlah pinjaman yang akan didapatkan adalah 85% dari nilai emas yang kamu jaminkan dengan tenor yang fleksibel dan bunga rendah.

Walau demikian, jangan lupa untuk tepat waktu dalam melakukan angsuran agar aset logam mulia kamu tidak dilelang pada masyarakat.

4. Surat Keterangan Pengangkatan Pegawai

Surat Keterangan Pengangkatan Pegawai (SK) umum dijadikan sebagai jaminan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). SK ini adalah tanda bahwa peminjam punya penghasilan tetap sehingga dipastikan bisa membayar cicilan.

Selain itu, ASN juga bertanggung jawab terhadap jabatan dan tanggung jawabnya sehingga kecil kemungkinan untuk mangkir dari tanggung jawab.

5. Hasil Kebun dan Ternak

Hasil kebun dan ternak yang bernilai bisa dijadikan sebagai agunan. Namun sayangnya tidak semua bank atau lembaga penjamin bisa menerima dua hal ini sebagai agunan.

Hasil kebun yang bisa dijadikan sebagai jaminan biasanya kopi, sedangkan jenis ternak yang bisa dijadikan sebagai agunan adalah sapi yang produktif.

6. Inventori

Inventori adalah jumlah persediaan barang yang biasanya dimiliki perusahaan besar yang melakukan produksi sendiri. Biasanya, pinjaman dengan inventori sebagai agunan akan diberi harga maksimal 50% dari nilainya.

7. Produk Investasi

Produk investasi seperti deposito, saham, dan surat berharga juga bisa dijadikan sebagai jaminan, walau tidak semua bank menerimanya. Kelebihan dari menjadikan produk investasi sebagai agunan adalah bisa mengamankan aset-aset lain yang lebih berharga seperti rumah atau kendaraan.

Proses pencairan dana dengan produk investasi sebagai jaminan juga cenderung lebih cepat dibanding menggunakan rumah yang memerlukan survei terhadap lokasi dan nilai rumah.

Saham bisa digadaikan sesuai dengan Pasal 60 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Menurut undang-undang tersebut, saham merupakan benda bergerak dan kepemilikan benda bergerak bisa memberikan hak kebendaan pada miliknya, sepanjang tidak diatur dalam anggaran dasar perusahaan dengan metode gadai atau fidusia.

Ya, saham rupanya sudah jadi investasi yang bernilai, apalagi jika saham yang kamu miliki adalah saham dari perusahaan blue chip yang punya kinerja baik. Jika kamu sedang terpikir untuk mulai menjadikan saham sebagai salah satu instrumen investasi, Ajaib bisa jadi pilihan.

Proses jual-beli saham di Ajaib mudah, kamu tinggal membuka rekening saham. Ajaib juga punya biaya transaksi yang jauh lebih murah hingga 50%. Selain itu, kamu juga bisa memilih sendiri saham yang ingin kamu beli, tentunya dengan panduan dan referensi dari tim Ajaib.

Ayo miliki saham pertama kamu di Ajaib!

Artikel Terkait