Bisnis & Kerja Sampingan

Kunci Sukses Memulai Bisnis Parfum Lokal Brand Sendiri

bisnis-parfum

Ajaib.co.id – Bisnis parfum merupakan salah satu usaha yang menguntungkan dan relevan dalam jangka panjang. Alasannya karena parfum sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, baik di kota besar sampai kota kecil bahkan di desa.

Sekarang cukup banyak perusahaan atau UMKM yang merintis usaha parfum dengan menawarkan harga murah namun tetap berkualitas. Varian aroma parfum pun beragam sebagai daya tarik untuk memikat pelanggan.

Di samping itu, terdapat banyak persiapan sebelum memulai bidang usaha satu ini. Pasalnya sudah banyak pesaing yang lebih dulu terjun bahkan mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Penting untuk mempersiapkan secara matang sebelum akhirnya siap bersaing dengan brand parfum terkenal. Tertarik untuk membuka bisnis parfum? Simak ulasan dalam berikut agar sukses dan banyak pembeli.

Peluang Bisnis Parfum di Indonesia

Seperti yang sudah diulas sebelumnya kalau bisnis parfum merupakan usaha jangka panjang yang menguntungkan. Apalagi sekarang menjadi bisnis populer terutama di kalangan anak muda karena dianggap mempunyai peluang yang cukup besar, serta dapat dimulai dengan modal kecil.

Tidak hanya itu, bisnis ini juga mempunyai banyak kelebihan, antara lain:

  • Permintaan pasar yang tinggi, sehingga tidak sulit menjual produk.
  • Bahan dasar pembuatan sangat mudah diperoleh baik yang sudah berbentuk biang parfum sampai bahan asli dari alam. Aksesnya pun terbilang gampang.
  • Bisa memperoleh bahan baku dengan harga terjangkau.
  • Banyak masyarakat yang menyukai brand lokal.
  • Dapat dimulai dengan modal minim.
  • Banyak perusahaan jasa maklon.

Cara Merintis Bisnis Parfum Brand Sendiri

Usaha dalam bidang apa pun perlu persiapan termasuk memulai bisnis parfum. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian dan kemampuan bersaing di pasaran. Apalagi banyak kompetitor. Sangat penting untuk membuat perencanaan yang matang.

Berikut cara merintis bisnis parfum yang perlu dilakukan sebelum memulai.

1. Riset Pasar

Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan ialah riset pasar. Tujuannya untuk mencari peluang sebelum memutuskan produk parfum yang akan dijual. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi kemana harus menjual karena sudah mengetahui target pasar yang dituju.

Sebagai contoh pasar yang mempunyai peluang bagus yakni pasar middle di mana banyak pengguna yang mencari aroma parfum mahal, tetapi belum sanggup membeli.

Jadinya mencari alternatif produk lain yang menawarkan varian hampir sama dengan harga terjangkau.

2. Riset Jasa Maklon

Zaman sekarang ingin membuat produk baru tidak memerlukan pabrik dengan mesin canggih sendiri. Pasalnya terdapat banyak perusahaan yang menawarkan jasa maklon sebagai pembuatan produk sekaligus kemasan.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau karena pihak produsen membeli bahan pembuatan dalam skala besar. Sehingga kamu bisa memulai dengan modal yang dapat disesuaikan.

Hanya saja, perlu melakukan riset sebelum memilih dan melakukan kerja sama untuk membuka bisnis parfum sendiri.

Mengapa? Karena tidak semua jasa maklon sudah memenuhi standar kebersihan, kelayakan, memberikan kualitas terbaik, dan mempunyai pelayanan bagus. Makanya penting sekali melakukan riset.

3. Membuat Bisnis Plan

Selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu membuat perencanaan bisnis. Di mana bertujuan sebagai patokan tentang jalannya sebuah usaha. Tidak hanya penting agar kamu fokus dengan tujuan, tetapi dapat digunakan untuk menarik investor agar menaruh saham.

4. Siapkan Modal

Sebelum memulai bisnis parfum ada baiknya untuk mempersiapkan modal terlebih dahulu. Khususnya bagi yang ingin memiliki brand sendiri. Berbeda lagi jika menjadi reseller di mana dapat memulai tanpa modal.

Jika kamu beranggapan bahwa memulai usaha minyak wangi ini memerlukan modal besar, maka salah besar. Pasalnya modal bisnis parfum sendiri bisa hanya dengan Rp1 juta.

Caranya yaitu dengan membeli varian parfum di sebuah perusahaan jasa maklon dengan jumlah kecil terlebih dahulu. Pilihlah level bisnis share yang mana kamu membeli beberapa varian dan membaginya di botol kecil, lalu dijual. Langkah ini cocok bagi yang belum mempunyai banyak modal.

5. Siapkan Strategi Pemasaran

Apabila semua langkah di atas sudah dipersiapkan, maka selanjutnya mempersiapkan strategi pemasaran. Tentu saja hal ini tidak boleh diabaikan karena merupakan langkah penting terutama produk baru untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Daftar Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Kiat Sukses Bisnis Parfum bagi Pemula

Saking banyaknya merek parfum di Indonesia mulai dari brand lokal hingga luar negeri membuat pengusaha baru harus melakukan strategi khusus. Gunanya untuk masuk sebagai pesaing dan menarik pelanggan. Langkah tersebut wajib dilakukan jika ingin sukses dalam pemasaran.

Adapun kiat keberhasilan bisnis parfum bagi pemula dapat dilihat pada penjelasan di bawah:

1. Ciptakan Aroma Baru

Orang biasanya menyukai aroma baru yang tahan lama dan wangi. Sebagai pengusaha penting sekali untuk sering melakukan eksperimen sendiri dalam menemukan varian baru.

Jangan lupa catat dan berikan kepada keluarga atau sahabat untuk mencobanya sebelum dipasarkan. Selain sebagai pengujian, kamu juga akan memperoleh masukan yang berguna untuk memenuhi permintaan pasar.

Tingkatkan terus kreativitas guna keberlangsungan usaha. Karena biasanya pecinta parfum menyukai aroma baru yang belum pernah ada sebelumnya.

2. Buatlah Tampilan Penjualan yang Menarik

Tampilan menjadi daya tarik pertama kali pembeli sebelum mencoba sebuah produk parfum. Karenanya buatlah tampilan yang menarik baik dari produk, etalase, desain toko, dan lain sebagainya.

Jika menjual melalui online, maka buatlah website dan media sosial khusus sebagai tempat pemasaran. Desainlah sebagus serta semenarik mungkin untuk menarik perhatian orang-orang.

Apabila tidak bisa, sebaiknya mintalah seseorang yang ahli untuk membuat desain tampilan media sosial dan website.

Pasalnya tampilan merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat memasarkan produk secara online. Sekalipun aromanya wangi dengan kualitas terbaik, tetapi orang enggan melihatnya sebab di awal saja sudah tidak menarik.

3. Buka Program Reseller atau Dropshipper

Kedua layanan ini sangat membantu dalam penjualan dan menghemat pengeluaran karena tidak harus mengeluarkan banyak biaya iklan. Berikan komisi yang sepadan sebagai strategi serta meningkatkan semangat penjualan mitra kerja.

Jangan lupa pula untuk terus memantau penjualan. Bila perlu berikan kelas untuk meningkatkan traffic penjualan seperti copywriting, digital marketing, trik khusus, dan lainnya. Lakukan sendiri atau meminta orang yang sudah berpengalaman. Tidak harus mahal sebab banyak kelas murah yang ditawarkan.

Baca juga: Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Contoh Bisnis Parfum Lokal yang Sukses di Indonesia

Tanpa disadari ternyata banyak parfum merek lokal yang terkenal padahal dianggap dari perusahaan luar. Hal ini menandakan kalau bisnis parfum lokal mulai disukai dengan beragam alasan.

Mulai harga yang murah, banyak varian wangi, tahan lama, bisa menyesuaikan dengan keinginan seperti tanpa atau dengan alkohol, dan lain sebagainya.

Di bawah ini beragam contoh produk parfum lokal yang tidak asing lagi terdengar. Mungkin salah satunya menjadi minyak wangi favorit kamu. Apa saja merek parfum lokal yang sukses menarik minat pelanggan? Berikut contohnya:

  • Bellagio
  • Andersen
  • Carl & Claire
  • Daze Delacour
  • HMNS Perfume
  • Laux Perfume
  • The Living Potion by KIEV

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis parfum dengan merek sendiri? Jika iya, maka tips di atas perlu untuk dilakukan. Apabila masih sangat pemula, pilihlah cara dengan modal sedikit terlebih dulu untuk menghindari kerugian sembari belajar. Setelahnya baru membuka dengan skala lebih besar.

Artikel Terkait