Bisnis & Kerja Sampingan

Contoh Strategi Digital Marketing untuk Menarik Konsumen

Ajaib.co.idDigital marketing kini bisa dibilang sebagai cara terampuh untuk menarik konsumen. Secara sederhana digital marketing bisa dipahami sebagai cara mempromosikan bisnis secara online. Sebuah teknik promosi yang kini banyak dipilih oleh pebisnis.

Banyak sekali kelebihan yang promosi bisnis lewat digital marketing. Selain lebih efektif, pelanggan pun bisa lebih tertarget. Jadi wajar saja jika saat ini banyak pebisnis yang lebih memilih cara ini.

Berbicara terkait dengan digital marketing tentunya memiliki cakupan yang luas. Apalagi jika sudah berbicara terkait dengan cara menarik konsumen. Nah, agar lebih paham lagi, simak sampai selesai ulasan pada artikel ini.

Menggunakan Blogging untuk Menarik Pelanggan

Blogging kini bisa dibilang sebagai satu di antara strategi digital marketing yang sebagian besar pebisnis menggunakannya. Wajar saja demikian, pasalnya blogging mampu membantu bisnis untuk menghasilkan lebih banyak prospek.

Blogging sendiri di dalamnya berisi tentang konten yang berhubungan dengan bisnis yang akan dipromosikan. Atau dengan kata lain, blogging atau website ini merupakan salah satu sumber utama dari bisnis itu sendiri.

Selain itu, website bisa dikatakan sebagai salah satu taktik pemasaran online yang sangat penting. Pasalnya memiliki fungsi sebagai optimasi mesin pencari atau SEO.

Dengan demikian, semakin banyak konten yang relevan serta berkualitas pada website, maka semakin banyak pula halaman yang akan diindeks oleh SEO.

Artinya jika pelanggan ingin mencari informasi yang berhubungan dengan produk tertentu misalnya, maka sudah pasti website kamu lah yang akan direkomendasikan oleh SEO tersebut. Itulah kenapa website ini menjadi satu di antara strategi digital marketing untuk menarik pelanggan.

Menggunakan Media Sosial Marketing untuk Menarik Pelanggan

Selain website, media sosial marketing juga termasuk contoh strategi pemasaran secara online yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Pasalnya, lewat media sosial dikatakan cukup efektif untuk menarik konsumen.

Ada cukup banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis Anda. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Bisa juga mencoba memanfaatkan media sosial yang kini baru booming, yaitu TikTok. Jika ingin membuat konten yang lebih menarik lagi, YouTube pun bisa dicoba.

Kenapa media sosial? Alasannya adalah penggunanya. Bisa dikatakan jika kini hampir semua masyarakat memiliki akun media sosial. Dan hampir setiap hari mereka menggunakannya.

Dengan demikian, media sosial bisa dikatakan sebagai salah satu tempat terbaik untuk mempromosikan bisnis. Apalagi kini rata-rata sosial media sudah dilengkapi dengan fitur khusus untuk promosi.

Tidak hanya itu saja, rata-rata fitur tersebut pun didukung dengan kemampuan untuk menyaring pelanggan tertarget. Artinya, promosi yang kamu lakukan tidak asal-asalan. Maka dari itu promosi bisnis lewat media sosial pun akan lebih efektif.

Menggunakan E-mail Marketing untuk Menarik Pelanggan

E-mail marketing juga termasuk contoh strategi digital marketing untuk menarik konsumen di dunia maya. Sebuah cara promosi bisnis dengan mengirimkan penawaran kepada para calon pelanggan lewat e-mail.

Pada dasarnya, promosi dengan cara seperti ini sudah lama digunakan. Meskipun demikian, bisa dikatakan masih relevan hingga saat ini.

Di sisi lain, ada cukup banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Misalnya saja seperti:

1.   Promosi melalui e-mail marketing secara biaya sangatlah hemat. Tetapi di sisi lain secara hasil bisa memberikan hasil yang maksimal. Wajar saja jika kini masih banyak pebisnis yang memilihnya.

2.   Promosi melalui e-mail marketing ternyata banyak disukai oleh para calon pelanggan. Alasannya adalah terkesan lebih profesional. Utamanya jika dibandingkan dengan contoh strategi digital marketing lainnya.

3.   Promosi melalui e-mail marketing dikatakan lebih efektif dibanding melalui media sosial. Meskipun tidak semua orang setuju dengan statement ini. Pasalnya ada cukup banyak pebisnis yang justru lebih berhasil jika promosi melalui media sosial.

4.   Promosi melalui e-mail marketing memungkinkan komunikasi lebih personal. Dengan demikian, potensi keberhasilannya pun bisa dikatakan lebih besar. Di sisi lain, pelanggan pun akan tertarget dengan lebih baik lagi.

Dengan banyaknya kelebihan promosi bisnis melalui e-mail marketing ini, tidak mengherankan jika kini cara ini masih sering dipilih. Utamanya untuk para pebisnis yang lebih memilih digital marketing untuk memperkenalkan bisnisnya.

Menggunakan PPC atau CPC untuk Menarik Pelanggan

Untuk kamu yang menggunakan website untuk promosi bisnis, sangat disarankan untuk menggunakan PPC atau CPC ini. Sebab PPC (Pay-Per-Click) atau CPC (Cost-Per-Click) ini merupakan model iklan internet yang fungsinya adalah untuk mengarahkan traffic ke situs website.

Dengan bahasa yang lebih sederhana lagi, PPC atau CPC ini merupakan cara untuk membeli traffic ke website. Wajar saja jika salah satu contoh dari digital marketing ini dikatakan mampu menarik maupun meningkatkan pelanggan.

Ada cukup banyak jenis PPC yang bisa dipilih. Mulai dari Search Advertising, Social Advertising, Remarketing, Display Advertising, Google Shopping, dan lain sebagainya. Artinya kamu tinggal memilih yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda.

Selain itu, setidaknya ada empat alasan kenapa butuh memanfaatkan PPC ini. Alasan pertama adalah bisa menarget konsumen dengan lebih relevan. Kedua adalah secara budget bisa dibilang lebih terkontrol.

Ketiga adalah ROI-nya lebih besar. Dan yang keempat adalah bisa memberikan dampak positif untuk SEO.

Pertanyaannya, dari keempat contoh strategi digital marketing di atas, maka yang harus dipilih? Agar konsumenmu semakin banyak, pilihan terbaiknya adalah mengombinasikan keempat strategi tadi.

Artikel Terkait