Bisnis & Kerja Sampingan

Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

usaha minuman kekinian

Ajaib.co.id – Sedang berpikiran untuk membuka usaha dengan modal kecil? Pertimbangkanlah untuk memulai usaha minuman kekinian. Usaha minuman kekinian menjanjikan keuntungan yang menggiurkan karena sifat bisnisnya terus berkembang dan berinovasi.

Penikmat minuman kekinian di Indonesia pun sangat luas karena semua kalangan bisa menjangkaunya. Kamu juga bisa memaksimalkan peluang dari minat anak muda untuk menikmati minuman kekinian memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya.

Nah, tertarik untuk mulai menjalankan bisnis minuman kekinian dengan modal kecil? Yuk, simak rincian ide, tips menjalankan usaha dan tips promosi usaha minuman dengan modal kecil berikut ini.

Ide Usaha Minuman Kekinian

Beberapa ide usaha minuman dengan modal kecil yang sedang tren dan layak untuk kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:

1. Es Kopi Susu Gula Aren

Popularitas beberapa outlet kopi di Indonesia membuat peluang bisnis usaha minuman kekinian ini sangat besar. Pasar penikmat kopi bisa dijangkau di lingkungan pada penduduk seperti daerah perkantoran, perumahan, perguruan tinggi dan area kuliner.

Es kopi susu gula aren adalah salah satu jenis minuman yang hampir selalu ada di beberapa outlet kopi, kafe hingga convenience store karena peminatnya yang juga banyak.

2. Es Teh Susu

Es teh susu adalah alternatif lain bagi penikmat minuman yang tidak sensitif atau tidak terbiasa untuk mengonsumsi kafein. Produk es teh susu adalah jenis minuman yang sudah lama disukai masyarakat Indonesia sehingga bisa jadi ide usaha yang bisa mendatangkan keuntungan lebih jika didukung oleh target pasar yang cocok.

3. Fruit Booster

Selain kopi dan teh, minuman berbasis buah yang kini terkenal sebagai fruit booster baik dalam bentuk jus, smooties dan minuman lain. Fruit booster bisa jadi pilihan minuman yang diinginkan pada saat cuaca sedang terik untuk mendapatkan sensasi kesegaran.

4. Teh Buah

Teh buah adalah kombinasi minuman yang sangat digandrungi banyak orang karena varian dan rasanya yang enak sekaligus menyegarkan. Kombinasi teh dan buah adalah minuman yang universal dan menyehatkan sehingga enak diminum saat bersantai antar generasi.

5. Boba

Teh susu mutiara atau yang akrab disebut boba adalah jenis minuman yang masih tetap eksis sampai saat ini, karena toppingnya yang kenyal dan rasa minumannya yang manis sehingga menjadi favorit banyak orang. Orang yang menyukai boba biasanya sangat loyal dan akan terus mengonsumsinya secara rutin.

6. Cheese tea

Cheese tea juga termasuk minuman kekinian yang banyak digemari orang banyak karena rasanya yang manis sekaligus juga gurih. Perpaduan warnanya yang cantik juga membuat minuman ini cukup instagramable untuk difoto ditambah dengan manfaatnya bagi Kesehatan berkat minumannya yang berbasis teh hitam atau teh hijau.

Tips Menjalankan Usaha Minuman

Adapun beberapa tips menjalankan usaha minuman kekinian yang bisa kamu praktikkan saat baru mulai usaha minuman kekinian modal kecil.

1. Menentukan lokasi yang strategis

Menentukan lokasi yang strategis adalah trik memikat pelanggan untuk usaha minuman kekinian yang baru. Carilah lokasi yang padat penduduk seperti area kuliner, lingkungan perumahan, kawasan perkantoran, universitas dan sekolah.

2. Menyesuaikan dengan modal

Karena usaha minuman kekinian cenderung memanfaatkan momentum tren minuman, baiknya kamu menyesuaikan modal yang dimiliki sesuai dengan target pasar yang dibidik. Misalnya, jika target pasar yang dituju adalah karyawan perkantoran, kamu bisa menggunakan bahan berkualitas dengan harga minuman di atas rata-rata yang masih bisa dijangkau oleh kalangan pekerja kantoran.

3. Menciptakan variasi minuman

Dalam menjalankan usaha minuman kekinian dengan modal kecil, inovasi adalah salah satu strategi yang bisa membuat konsumen datang lagi berkunjung ke outlet kamu. Karena itu, ada baiknya kamu menyediakan beberapa variasi minuman yang menjadi keunggulan dari brand minuman kekinian kamu.

4. Menyediakan opsi pengiriman online

Untuk menunjang akses terhadap produk kamu semakin luas, maka ada baiknya untuk memanfaatkan teknologi saat ini yakni dengan mendaftarkan outlet kamu ke beberapa aplikasi khusus pengantar makanan. Pendapatan dari aplikasi pengantar makanan juga cukup menarik mengingat banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan banyak aplikasi pengantar makanan saat ini.

Tips Promosi Usaha

Berikutnya, kamu bisa mempertimbangkan beberapa trik cerdas dalam melakukan promosi usaha. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Promosi melalui media sosial

Untuk meminimalkan biaya pemasaran, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Tiktok atau bahkan Facebook untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap brand usaha kamu. Buatlah konten yang menarik dan menarik interaksi agar calon pembeli tertarik untuk mencoba produk kamu.

2. Manfaatkan jejaring keluarga dan pertemanan

Salah satu strategi promosi yang sampai sekarang masih relevan adalah word of mouth. Strategi marketing ini berarti mengulangi pembicaraan soal produk yang ingin dipasarkan lewat mulut dari orang ke orang.

Jika seseorang menyukai produk kamu, jangan lupa untuk memberitahunya dan bahkan memberikan insentif agar ia mempromosikan produk minuman kamu kepada orang lain.

3. Menyisihkan budget endorsement

Jika memang memiliki budget yang berlebih maka tidak ada salahnya untuk melakukan endorsement kepada satu atau beberapa influencer yang lekat dengan produk kuliner terkhususnya minuman kekinian. Promosi ini dilakukan agar semakin banyak orang yang mengetahui tentang brand atau produk unggulan yang kamu tawarkan.

Jika kamu masih mengumpulkan modal untuk memulai usaha bisnis minuman kekinian, tidak ada salahnya untuk mencoba instrumen investasi seperti reksa dana, saham atau aset kripto yang sudah tersedia di aplikasi Ajaib Sekuritas. Yuk, segera daftar dan rasakan sendiri keuntungan melimpah yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi!

Artikel Terkait