Bisnis & Kerja Sampingan

Ide Bisnis Kecil-Kecilan Untuk Sumber Pemasukan Tambahanmu

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba 5 Bisnis Kecil-Kecilan dengan Untung Besar

Ajaib.co.id – Sekarang sudah bukan lagi zamannya hanya bergantung dari satu sumber pemasukan saja. Kamu harus kreatif menciptkan alternatif tambahan uang termasuk dengan merintis bisnis kecil-kecilan. Selain itu bagus untuk keuanganmu, cara ini bisa menjadi pilihan sebagai tahap awal merintis usaha yang lebih besar.

Dahulu banyak orang hanya bergantung pada satu profesi saja untuk mendapatkan penghasilan guna menunjang kebutuhannya sehari-hari. Sangat sedikit kita temukan ada orang yang menjalankan usaha di sela-sela pekerjaan utamanya. Selain karena kreatifitas yang belum seperti sekarang, banyak yang ragu untuk memulai bisnis sampingan karena tidak memiliki modal.

Namun sekarang sudah berbeda. Anak muda kini berlomba-lomba memiliki usaha sampingan selain pekerjaan utama yang dimilikinya. Mereka bagaikan punya ektra energi dan waktu untuk mengatur aktivitasnya itu. Selain itu, kini akses permodalan juga lebih mudah bagi siapapun yang membutuhkan modal.

Kini juga semakin banyak sumber ilmu untuk mulai memiliki bisnis kecil-kecilan. Jadi tidak ada lagi alasan tidak memiliki keahlian berbisnis karena bisa belajar dari mana saja. Jadi tidak heran jika tren enterpreneurship sedang di puncak popularitasnya belakangan ini.

Sekarang semua orang bisa berbisnis. Tidak perlu modal jutaan rupiah, hanya dengan ratusan ribu saja sudah cukup untuk merintis usaha. Perkembangan teknologi memang memudahkan masyarakat untuk berbinis. Misalnya saja promosi yang dulunya membutuhkan modal besar kini bisa dilakukan dengan cuma-cuma.

Kamu bisa melakukannya lewat sosial media dengan menerapkan teknik digital marketing. Jika dulunya berbinis diharuskan untuk membeli toko maka sekarang tak perlu lagi dengan adanya e-commerce. Kamu bisa buka lapak online dan pembeli akan berdatangan tanpa perlu membeli lahan.

Bingung cari modal? Ada banyak pinjaman usaha yang bisa didapatkan dengan kehadiran fintech. Tak perlu bingung lagi dengan syarat pinjaman bank yang rumit karena banyak investor yang siap mendanai usahamu. Berbinis kini menjadi pilihan yang cocok untuk siapa saja denga berbagai kemudahannya.

Namun kalau kamu ragu untuk langsung berbisnis skala besar, kamu bisa menguji kemampuanmu dengan merintis bisnis kecil-kecilan. Berbisnis itu tidak selalu dimulai hal besar, modal besar, dan tempat yang luas. Kamu bisa mencoba bisnis kecil-kecilan yang dengan menjadikan rumahmu sebagai tempat berbisnis.

Mulailah dulu dari hal-hal kecil dan dengan modal yang minim jadi risikonya pun tidak terlalu besar. Kamu pun bisa sambil belajar mengelola bisnis sendiri sehingga saat ke tahap yang lebih besar tidak kaget. Selain itu, kata siapa bisnis kecil-kecilan tidak bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Banyak usaha saat ini yang dimulai dari bisnis kecil. Misalnya saja makanan ringan Maicih yang bermula dari jualan keripik pedas di bagasi mobil. Atau franchise warung kopi Aming dengan cabangnya yang mencapai puluhan yang awalnya hanya sekedai warung sederhana di Pontianak. Kamu bisa menjadi pebisnis ulung dengan bisnis kecil asalkan hadir dengan konsep yang menarik dan kerja keras.

Berikut ini ide usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba dengan modal kecil ya kira-kira sekitar Rp1 jutaan.

Buka Counter Pulsa

Jika kamu menganggap bisnis pulsa ini untungnya kecil, kamu salah. Saat ini siapa yang tidak butuh pulsa? Semua orang perlu, dan setiap harinya bisa dipastikan hampir laris terjual. Ditambah lagi jika kamu membuka di lokasi yang ramai dan tak banyak pesaing.

Lalu tempatnya manfaat saja teras depan rumahmu biar lebih praktis. Modalnya pun tidak terlalu besar untuk bisnis kecil-kecilan seperti ini. Kamu hanya perlu etalase kaca berukuran sedang sekitar Rp200 ribu, lalu kartu perdana 1 pack sebesar Rp200 ribu dan deposit pulsa kira-kira Rp600 ribu.

Keuntungannya kamu bisa mengambil Rp2 ribu saja dari pulsa Rp10 ribu satu kali isi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba tips bisnis buka counter dengan menjualnya secara online

Usaha Cuci Motor

Ide bisnis selanjutnya adalah usaha cuci motor. Tidak butuh ruang yang besar untuk membuka usaha ini, kamu bisa pakai halaman rumahmu atau menyewa halaman tetanggamu. Selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan selang air, kanebo atau lap, serta sabun cuci motor tentunya. Usaha ini pasti menguntungkan, apalagi saat musim hujan makin banyak yang datang untuk mencuci motornya.

Jasa Laundry

Peluang bisnis jasa laundry ini memang sudah banyak diminati. Namun, apabila di lingkungan dekat rumahmu belum ada jasa laundry kenapa tidak. Ini sangat membantu buat mereka yang tidak punya waktu mencuci pakaiannya sendiri. Lebih bagus kalau lokasinya dekat dengan kos-kosan atau kampus.

Meski termasuk bisnis kecil-kecilan, kamu memang tetap butuh mesin cuci setidaknya 2-3 buah dan setrikaan. Kendati demikian keuntungan yang didapat lumayan lho. Umumnya tarif sekali laundry dihitung per kilogram pakaian kotor. Kamu bisa mendapat upah sekitar Rp3.500 hingga Rp12 ribu per kilogramnya.

Jual Menu Sarapan

Daripada bingung coba saja berjualan menu sarapan di depan rumah kamu. Biasanya menu sarapan apa sih? Paling-paling tidak jauh dari nasi kuning, nasi uduk, kupat tahu, ketoprak, lontong sayur, kari ayam, dan lainnya. Pengolahannya pun cukup mudah dan pasti banyak dicari orang karena tak sedikit yang tidak sempat sarapan di rumah.

Untuk bisnis kecil-kecilan yang satu ini perlu sedikit keahlian memasak yang enak. Ketika pembeli merasa sarapan buatan kamu enak, kebanyakan mereka akan merekomendasikan jualan kamu ke orang lain.

Terima Pesanan Kue

Bisnis kecil-kecilan ini juga menarik buat dicoba. Kamu bisa menerima pesanan kue di hari-hari tertentu, seperti kue basah, kue kering atau kue lainnya. Biasanya kue seperti dibutuhkan untuk acara-acara hajatan, khitanan, hingga arisan ibu-ibu. Lagipula siapa sih yang bisa menolak kenikmatan jajanan pasar ini.

Jus Buah

Saat ini orang-orang semakin sadar pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat termasuk pula rutin minum jus buah. Namun tidak semua orang punya waktu dan tenaga untuk menyiapkan jus yang sehat sekaligus segar. Kenapa tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan berjualan jus buah.

Apalagi jika selama ini kamu sudah punya kebiasaan minus jus yang rutin. Kamu bisa membagi kebiasaan positif ini sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Tawarkan menu jus yang berbeda setiap harinya. Bisa pula menyediakan menu yang cocok untuk penderita penyakit tertentu. Dijamin bisnis kecil-kecilan ini bisa jadi sumber uang yang lumayan bagimu.

Les Privat

Saat ini banyak orang tua yang ingin memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya di rumah. Selain ingin mengejar keterlambatan di sekolah, ini juga sebagai salah satu tujuan orang tua untuk memasukkan anaknya di sekolah tertentu.

Untuk menjadi guru privat kamu cukup memanfaatkan skill dan ilmu yang kamu tau, agar lebih mudah, kamu bisa mengambil privat bagi anak SD yang ingin masuk SMP ataupun anak SMP yang ingin masuk SMA, biasanya pelajarannya tidak terlalu sulit ketika mereka duduk di bangku SMA. Selain bisa terus belajar, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang saku yang cukup besar.

Bisnis Cemilan

Mahasiswa seringkali mendapatkan jam kosong setiap harinya. Biasanya jam-jam ini digunakan mereka untuk mengerjakan tugas ataupun sekedar ‘nongkrong’ di kampus. Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual cemilan sebagai bisnis kecil-kecilan.

Ada banyak cemilan yang bisa kamu jual, cobalah untuk memberikan pilihan cemilan yang memang mereka sukai. Kamu bisa liat kebiasaan mereka, apakah snack yang sering mereka nikmati di jam-jam kosong tersebut. Kamu juga bisa menanyakan langsung ke mereka dan meminta ide dari teman-teman.

Bisnis Service Laptop

Bisnis lainnya yang bisa menghasilkan uang adalah bisnis servis laptop atau komputer. Perangkat ini sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa, ada banyak sekali fungsi dari laptop ini dan hampir setiap hari digunakan oleh mahasiswa tersebut.

Nah, jika kamu memiliki potensi dan skill soal hardware dan software, kamu bisa mulai membuka bisnis jasa servis laptop. Modalnya pun tidak terlalu besar, kamu hanya perlu menyiapkan peralatan perbaikan, seperti obeng, tang, dan alat-alat lainnya. Bisnis ini dapat dipromosikan kepada teman-teman kuliah, bahkan tidak menutup kemungkinan membuka jasa servis untuk umum.

Cuci Motor

Bisnis sampingan yang bisa menjadi pilihan buat kamu untuk memulai usaha adalah membuka jasa cuci motor di rumah. Kamu hanya perlu memanfaatkan halaman rumah, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Untuk modalnya pun murah, kamu hanya butuh selang, air, dan juga sabun cuci.

Meski terlihat sederhana, bisnis ini bisa menjanjikan keuntungan, apalagi jika di musim hujan. Di mana, banyak orang yang akan sering mencuci motornya. Banyak orang merasa malas jika harus mencuci kendaraanya sendiri sehingga bisa jadi kesempatan emas bagimu mendapatkan uang.

Menjual Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang suka membuat kreasi seperti sulam, gelang tangan, boneka dari benang wall, dan sebagainya, kamu bisa mulai menjual kerajinan tangan. Selain hobimu tersalurkan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa besar. Apalagi saat ini banyak orang Indonesia yang telah membuktikan kesuksesan bisnis kerajinan tangan hingga ke luar negeri.

Kerajinan tangan buatanmu jelas menjadi hal yang unik dan tidak ada duanya. Saat ini minat masyarakat pada kerajinan tangan juga meningkat sehingga bisa jadi kesempatan yang bagus. Peluang usaha yang menggiurkan bukan?

Membuka Kedai Kopi

Saat ini banyak orang yang mulai menyukai kopi. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya bisnis kopi di jalan-jalan, terutama di Ibu Kota. Nah bagi kamu yang juga suka ngopi dan tau cara membuat kopi yang nikmat, kamu bisa coba membuka kedai kopi dengan berbisnis ala kafe. Awalnya, kamu tidak perlu menyewa tempat mewah, kamu hanya perlu modal halaman rumah dan modal yang dibutuhkan pun tak terlalu besar.

Kamu bisa menyulap halaman depan rumah menjadi kedai dengan menambahkan tenda, meja besar sebagai tempat meracik kopi, dan beberapa kursi. Ini bisa menjadi salah satu peluang besar bagi kamu. Apalagi saat ini banyak orang yang mulai nongkrong di kedai kopi. Hal ini tentu bisa memberikan kamu penghasilan tambahan yang menggiurkan.

Sebagai daya tarik, kamu juga bisa membuat mini acara seperti nonton petandingan sepak bola ataupun sekedar diskusi kecil-kecilan. Jangan lupa tambahkan menu pendamping seperti gorengan, roti bakar, atau yang lainnya.

Menjadi Desain Grafis!

Bagi kamu yang suka menggambar dan ingin menghasilkan yang dari hobi kamu tersebut, kamu bisa memanfaatkan hobi kamu menjadi ide bisnis. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan portofolio dan menguploadnya melalui media sosial atau website tertentu. Kumpulkan hasil karya kamu sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan pelanggan.

Untuk permulaan, kamu juga bisa mulai dengan membantu orang sekitar kamu yang membutuhkan, misalnya temanmu membutuhkan jasa desainer untuk bisnisnya, kamu bisa mulai dengan membantu mereka dan buat karya sebaik-baiknya. Saat ini kebutuhan akan desain grafis juga semakin banyak untuk berbagai sektor. Pastikan kamu mendapatkan manfaatnya dengan membuka bisnis kecil-kecilan ini.

Segmen pasarnya sendiri beragam dan di mana-mana. Jadi, kalau kamu memang bisa memanfaatkannya, tak ada salahnya mencoba. Modalnya gak banyak, tapi keuntungannya tergantung dari jumlah pesanan yang kamu terima. Jadi tunggu apalagi?

Jadilah pengusaha mulai sekarang untuk dapat uang tambahan yang lumayan banyak. Namun, jika kamu ingin mendapat tambahan uang dan tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa mulai menjadi salah satu pemilik perusahaan besar dengan cara berinvestasi saham. Penasaran investasi saham yang seperti apa? Yuk cek lengkapnya di Ajaib.co.id!

Artikel Terkait