Milenial, Perencanaan Keuangan

Dana Pendidikan S2 2021, Ada Kelas Online Juga Lho!

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Memborong gelar S2 tentunya adalah hal yang luar biasa bagi generasi muda Indonesia, namun untuk meraih gelar pendidikan tersebut, generasi milenial setidaknya perlu menyiapkan dana pendidikan S2 yang nilainya tidaklah kecil.

Mahal atau tidaknya biaya pendidikan S2 tergantung dari jurusan dan tempat kuliah yang milenial pilih. Salah satu alasan mengapa banyak milenial ingin lanjut S2 adalah mereka punya peluang untuk mendapatkan jabatan atau posisi yang lebih baik di sebuah perusahaan.

Dengan demikian, karyawan milenial dengan ijazah S2 bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibanding karyawan lainnya yang hanya lulusan S1. Ini adalah alasan utama yang mendasari mengapa banyak karyawan milenial yang rela menghabiskan uang hingga puluhan juta rupiah hanya untuk melanjutkan studinya hingga jenjang S2.

Besaran Dana Pendidikan S2 untuk Berbagai Jurusan

Dari berbagai jurusan S2 yang tersedia saat ini, jurusan kedokteran adalah fakultas dengan biaya pendidikan termahal dibanding fakultas lainnya. Gak percaya?

Untuk satu semesternya saja, milenial perlu merogoh kocek hingga Rp35 juta. Biaya pendidikan S2 ini adalah kisaran biaya pendidikan ketika kamu mengambil jurusan kedokteran di Universitas Indonesia (UI). Bagaimana dengan dana pendidikan S2 untuk jurusan favorit lainnya? Yuk, kita lihat daftar biayanya di bawah ini.

  • Fakultas Hukum

Selain jurusan kedokteran, ada pula jurusan lainnya yang bisa kamu pilih yakni jurusan hukum. Biaya pendidikan S2 jurusan hukum berkisar Rp9 juta – Rp17 juta per semesternya.

  • Fakultas Ilmu Komunikasi

Bagi milenial yang ingin melanjutkan studi S2 di fakultas ilmu komunikasi. Milenial setidaknya perlu menyiapkan dana pendidikan sebesar Rp11 juta untuk satu semesternya.

  • Fakultas Teknik Industri

Banyak anak-anak muda Indonesia yang beranggapan bahwa jurusan pendidikan satu ini merupakan salah satu jurusan paling sulit. Lantaran, ada banyak sekali disiplin ilmu yang perlu kamu pelajari saat menempuh pendidikan satu ini.

Bila kamu ingin melanjutkan S2 di jurusan teknik industri, setidaknya kamu perlu menyiapkan dana pendidikan sebesar Rp12 juta per semester. Dengan disiplin ilmu pendidikan yang segudang, para lulusan dari jurusan pendidikan ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di luar sana karena bisa menempati berbagai posisi (HRD, Safety Officer, PPIC, Delivery, dll).

  • Fakultas Teknik Informatika

Di tengah gencarnya perkembangan teknologi saat ini, fakultas teknik informatika tentunya menjadi salah satu jurusan pendidikan yang banyak diincar oleh anak muda zaman now.

Salah satu alasannya adalah jurusan teknik informatika menjanjikan gaji yang tinggi bagi para lulusannya. Misalnya bila kamu lulusan S2 IT, kamu bisa digaji hingga Rp223 juta per tahun. 

Besarnya gaji yang kamu peroleh ini sebanding dengan dana pendidikan S2 IT yang perlu kamu keluarkan. Di kampus swasta ternama, biaya pendidikan S2 IT bisa mencapai Rp19,5 juta – Rp22 juta per semester di Binus University.

  • Fakultas Psikologi

Anggaran pendidikan S2 untuk fakultas psikologi per semester mencapai Rp10 juta – Rp12,5 juta. Prospek pekerjaan dari lulusan S2 psikologi, salah satunya adalah menjadi psikolog.

Dengan punya gelar S2 di jurusan psikologi, kamu bisa punya izin untuk membuka praktik konseling psikologi. Untuk sekali kunjungan pasien, kamu bisa mengenakan tarif berdasarkan pengalaman, dan kemampuan yang kamu miliki.

Semakin tinggi jam terbang dan kemampuan yang dimiliki, seorang psikolog akan dibayar lebih mahal.

  • Fakultas Ilmu Administrasi

Jurusan S2 favorit yang terakhir adalah fakultas ilmu administrasi. Prospek pekerjaan lulusan satu ini adalah manajer perusahaan, staf administrasi, staf pemasaran, staf SDM, dosen, hingga konsultan bisnis.

Jika kamu mengambil jurusan ilmu administrasi di kampus negeri terkemuka di Indonesia. Biaya pendidikan di kampus tersebut satu semesternya bisa mencapai Rp17,5 – Rp18 juta.

Siapa Bilang Dana Pendidikan S2 Selalu Mahal, Coba Cara Ini!

Biaya pendidikan S2 di Indonesia, ternyata tidak selalu mahal. Lantaran, kini kamu bisa berkuliah S2 dengan biaya yang lebih terjangkau dengan memilih kelas online.

Berdasarkan pantauan redaksi Ajaib di internet, ada sejumlah kampus yang menyelenggarakan kuliah S2 secara daring, ini dia biaya dan pilihan kampusnya:

  • Universitas Terbuka (UT) (Rp7,45 juta).
  • Binus University (Rp13,55 juta – Rp17 juta).
  • Universitas Mercu Buana (Rp8,5 juta – Rp10 juta).
  • London School of Public Relation (Rp3,3 juta).
  • Universitas Widyatama (Rp6,5 juta).

Biaya kuliah yang sudah disebutkan di atas merupakan estimasi biaya pendidikan selama satu bulan di kampus-kampus tersebut. Jika kamu perhatikan secara seksama, biaya kuliah S2 online relatif lebih terjangkau bagi kantong-kantong karyawan milenial dibanding menempuh pendidikan S2 secara tatap muka.

Selain mempertimbangkan memilih kuliah online yang relatif lebih terjangkau dari segi biaya. Kamu juga bisa mengikuti kuliah S2 gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta lewat program beasiswa.

Milenial bisa memperoleh berbagai informasi terkait program beasiswa S2 lewat situs resmi lembaga penyelenggara beasiswa di internet. Misalnya milenial bisa mengunjungi situs resmi Dikti, AMINEF, dan kedutaan besar dari negara lain yang berdomisili di Indonesia. 

Lembaga-lembaga tersebut adalah lembaga yang diketahui sering memberikan program beasiswa S2 bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studinya.

Salah satu syarat yang perlu kamu penuhi sebagai calon penerima beasiswa adalah kemampuan bahasa asing yang mumpuni, dan juga prestasi pendidikan yang pernah kamu raih sebelumnya.

Pinjaman Dana Pendidikan S2 Agar Bisa Meringankan Keuangan

Meminjam uang untuk dana pendidikan S2 adalah opsi lainnya yang bisa kamu pertimbangkan saat ini. Untuk mendapatkan dana pendidikan untuk melanjutkan studi S2, generasi milenial bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan lewat bank atau fintech

Agar pengajuan pinjaman untuk biaya pendidikan yang kamu ajukan bisa cepat diproses. Pastikan, bahwa kamu sudah melengkapi seluruh dokumen pendukung yang diminta. Kamu bisa menyesuaikan jumlah pinjaman yang bisa diajukan berdasarkan kebutuhan dana pendidikan S2 saat ini.

Jika kamu tidak mau berutang, investasi adalah pilihan yang bijak yang bisa kamu mulai dari sekarang. Inflasi biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10% – 15% per tahun. Pilihan investasi yang bisa milenial pertimbangkan untuk dana pendidikan S2 adalah saham atau reksa dana. 

Bila kamu ingin berinvestasi sekaligus di 2 jenis instrumen investasi tersebut. Milenial bisa berinvestasi langsung di aplikasi Ajaib 100% secara online.

Dengan melanjutkan studi S2, setidaknya generasi muda Indonesia sudah berinvestasi kepada diri sendiri untuk masa depan yang lebih baik. Walaupun di awal kuliah, kamu perlu mengeluarkan uang yang cukup besar, namun kamu bisa memetik hasilnya di masa depan dengan prospek karir yang perlahan-lahan mulai menanjak beserta gaji yang semakin tinggi.

Artikel Terkait