Saham

Memahami Saham Lebih Cepat dengan Lakukan 3 Cara Ini

memahami saham

Ajaib.co.id – Sebelum kamu menjadi pemegang saham, pastinya kamu harus lebih memahami saham dan duniannya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu simak ulasan redaksi Ajaib ini agar kamu lebih mudah dalam memahami saham.

Untuk pemula, memahami saham mungkin terdengar begitu kompleks dan rumit. Padahal, satu-satunya hal yang membuat itu terlihat sukar adalah karena pemula tidak memiliki wawasan terhadap dunia ini. Sehingga, banyak pemula yang takut untuk mencoba menjadi pembeli saham karena dibayang-bayangi kerugian yang cukup besar.

Padahal, berinvestasi saham juga memiliki profil risikonya sendiri. Ketika kamu ingin memiliki saham, kamu bisa memilih profil risiko terendah untuk meminimalisir kerugian di masa depan. Meskipun begitu, saham juga menjdai instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.

High Risk, High Return

Oleh karenanya, di dunia investasi saham, kamu akan terbiasa menemukan ungkapan “high risk, high return”. Pasalnya, ungkapan ini memang menjadi ungkapan yang tepat untuk menggambarkan investasi saham itu adalah investasi yang keuntungannya berbanding lurus dengan risiko yang ditanggung. Semakin besar keuntungan, maka akan semakin besar juga risiko yang harus kamu hadapi.

Jika kamu ingin investasi dengan keuntungan tinggi, investasi saham mungkin adalah pilihan terbaik. Namun, jika kamu merasa ragu dan takut menanggung risikonya, kamu juga bisa memilih instrumen lainnya seperti reksa dana ataupun surat berharga.

Sebenarnya, risiko berinvestasi saham sangat bisa diminimalisir dengan cara memahami saham itu sendiri. Namun, semua itu tidak bisa instan. Karena, kamu harus menguasai betul strategi jual beli saham, memahami kondisi perusahaan yang menawarkan saham, hingga memahami perkembangan ekonomi dan bisnis yang bisa mempengaruhi pergerakan saham.

Semua hal yang redaksi Ajaib sebutkan itu juga bisa terasah jika kamu sudah lama bermain saham dan telah memiliki jam terbang yang tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa benar-benar menekan kerugian menjadi 0% ya. Karena, sifat fluktuatif yang dimiliki oleh pasar saham kadang tidak bisa diduga pergerakannya.

Dalam perjalanan memahami saham, kamu bisa saja menemukan perusahaan dengan fundamental yang meragukan tetapi tiba-tiba harga beli sahamnya naik. Sebaliknya, kamu juga bisa saja menemukan harga saham blue chip tiba-tiba turun.

Karena adanya pergerakan harga saham itulah investor saham bisa mengalami keuntungan yang disebut capital gain atau kerugian yang biasa dikenal capital loss.

3 Cara Tercepat dalam Memahami Saham

Seperti yang telah disinggung di atas, memang dunia investasi saham cenderung kompleks untuk dimulai tanpa persiapan. Oleh karenanya, untuk kamu yang ingin menjadi investor saham, harus memiliki kemauan belajar yang kuat agar bisa memahami seluk beluk investasi saham.

Meskipun dengan cara tercepat, kamu tetap harus melalui proses belajar yang panjang. Pasalnya, ada begitu banyak ilmu yang harus kamu pelajar untuk bisa diaplikasikan saat investasi saham. Selain itu, kamu juga harus mengerti betul setiap bagian terkecil yang ada di dunia saham agar tidak tersesat begitu sudah terjun ke dalamnya.

Seringnya, pemula yang tidak begitu mengerti perkara investasi saham akan terjebak dengan investasi bodong. Diiming-imingi harga jual saham yang tiba-tiba meninggi, investor pemula biasanya terperangkap bujuk rayu investasi bodong yang malah membuat mereka merasakan pahitnya dunia investasi saham.

Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membagikan cara tercepat dalam memahami saham agar kamu tidak terjebak dengan hal-hal yang bisa membuatmu rugi. Dengan mengetahui cara-cara ini, kamu juga bisa berinvestasi dengan lebih efisien dan efektif lagi. Seperti apa cara-caranya? Yuk simak paparannya di bawah ini:

Kini banyak orang yang belajar berinvestasi saham melalui media sosial baik itu video You Tube maupun Instagram. Cara tersebut sebenarnya baik untuk meningkatkan wawasan namun bukan untuk belajar lebih jauh. Jika hanya mengandalkan sosmed, dikhawatirkan kamu akan mendapatkan pengetahuan separuh saja dan salah mengaplikasikannya.

Agar kamu tidak bingung, Ajaib telah menyusun rekomendasi bagi investor pemula sepertimu untuk belajar soal investasi saham. Berikut adalag 4 cara belajar saham pemula yang efektif dan efisien.

Memahami Saham Lewat Blog Ajaib

Sebenarnya, kamu bisa dikatakan beruntung karena memulai investasi saham di era digital ini. Pasalnya, sekarang menemukan media-media untuk memahami saham jauh lebih mudah karena kehadiran internet.

Saat ini, kamu bisa memahami saham meskipun kamu hanya memiliki modal smartphone dan internet saja. Caranya, kamu bisa membuka blog Ajaib yang memang memiliki komitmen untuk bisa mencerahkan mengenai berbagai instrumen investasi, baik itu emas, properti, reksa dana, hingga saham sekalipun.

Salah satu cara Ajaib dalam mencerahkan wawasan kamu adalah dengan memberikan ratusan artikel mengenai investasi yang mudah dicerna meskipun kamu sebelumnya tidak mengetahui istilah-isitlah di dalam dunia saham. Dengan penyampaian yang sederhana, kamu pasti bisa lebih mudah memahami investasi saham ataupun investasi jenis lainnya.

Artikel-artikel yang bisa kamu baca ini memiliki ragam bentuk. Mulai dari membedah dasar-dasar dalam investasi, tips dan trik dalam berinvestasi, hingga update-update informasi yang berguna sebagai referensi analisis pergerakan di dalam dunia saham.

Hal menyenangkan lainnya dari Ajaib adalah kamu bisa langsung mempraktikan investasi saham secara online di sini. Menjadi platform jual-beli saham online, Ajaib menawarkan kepraktisan dengan biaya yang lebih rendah ketika kamu melakukan investasi saham.

Karena, biaya transaksi di Ajaib bisa lebih hemat sampai 50% lebih murah. Bahkan, semakin kamu melakukan jumlah transaksi yang besar, maka biaya yang dibebankan ke kamu juga bisa makin rendah lho.

Mempelajarinya langsung di Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai penyelenggaran dan sarana dalam perdagangan efek juga memiliki program edukasi sekaligus sosialisasi pasar modal untuk masyarakat. Tentunya, dengan belajar saham dari pusatnya ini, kamu akan mendapatkan ilmu dari pihak yang paling memiliki kredibilitas di dalam investasi saham.

Dalam rangka edukasi pasar modal ini, BEI memiliki program yang dinamakan Sekolah Pasar Modal (SPM). Jangan khawatir, bagi kamu yang memang ingin bermain saham sesuai dengan kaidah dan prinsip Islam, BEI juga sudah menyiapkan program yang dinamakan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS)

Baik SPM dan SPMS sebenarnya berjalan beriringan dengan program Yuk Nabung Saham yang merupakan salah satu tujuan BEI untuk bisa meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Karena itu, program-program ini bisa diikuti oleh siapa saja.

Untuk pendaftaran program Sekolah Pasar Modal sendiri, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp100.000. Namun jangan khawatir, uang itu sebenarnya akan digunakan dalam pembuatan Rekening Dana Nasabah sesuai dengan perusahaan sekuritasnya masing-masing. Bagi kamu yang mengikuti SPM dan SPMKS secara online, kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang kamu percayai.

Ikut Komunitas Saham

Sebenarnya, beberapa perusahaan sekuritas sudah memfasilitasi forum atau group chat yang bisa dijadikan platform untuk tanya jawab seputar saham. Namun, hal tersebut mungkin tidak cukup untuk bisa memaami saham secara cepat.

Oleh karenanya, mengikuti komunitas saham adalah salah satu cara terbaik agar kamu bisa cepat-cepat mempelajari seluk beluk dunia saham. Karena, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memang memiliki ketertarikan di dunia saham.

Di dalam komunitas, kamu bisa bertanya hal-hal mengenai dunia saham yang tidak kamu mengerti. Biasanya, mereka juga rutin membuka grup diskusi atas fenomena yang sedang terjadi yang bisa mempengaruhi investasi saham.

Selain itu, di dalam komunitas juga terdapat banyak pakar-pakar saham yang bisa kamu ikuti gerak-geriknya di dalam pasar saham. Kamu bisa meniru aksi-aksi mereka selama kamu telah menganalisis dan mengamini bahwa aksi-aksi mereka di dalam transaksi jual beli saham memang berpotensi menguntungkan untuk kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memahami saham dengan cepat untuk investor pemula. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, kamu tentunya akan lebih memahami bagaimana cara untuk memperoleh keuntungan secara optimal di instrumen investasi ini.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Jika kamu merasa sudah siap untuk praktik, kamu jbisa langsung memulainyadi aplikasi Ajaib. Dengan Ajaib, transaksi jual-beli saham menjadi lebih cepat dan praktis karena dilakukan secara online.

Salah satu yang membuat aplikasi Ajaib beda dengan aplikasi investasi saham lainnya adalah kehadiran fitur-fitur yang bisa mendorong kamu untuk mendapatkan keuntungan. Seperti fitur Competitive Ranking yang akan tersusun secara otomatis mana perusahaan yang memiliki fundamental paling baik sampai yang terendah.

Selain itu, ada juga Ajaib Alert yang merekomendasikan kamu mengenai kapan kamu harus membeli atau menjual saham yang kamu miliki. Jadi, tunggu apalagi?

Artikel Terkait