Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Pebisnis yang Mendunia

cara menjadi pengusaha sukses

Ajaib.co.id. Rasanya tidak ada yang bisa merumuskan cara menjadi pengusaha sukses yang pakem. Namun paling tidak kesuksesan sejumlah pebisnis dunia bisa memberikan pelajaran bagi kamu yang baru saja memulai usaha. Alasan inilah maka kisah orang sukses selalu laku diberitakan di mana saja dan kapan saja.

Ada banyak teori bisnis yang bisa kamu pelajari lewat buku maupun bangku sekolah. Banyak orang terus melatihd iri untuk bisa menjalankan usaha dengan ikut seminat bisnis atau pelatihan lainnya. Namun tak ada yang benar-benar bisa memberikan saran terbaik ketika menghadapi tantangan saat berbisnis.

Dunia bisnis yang serba tidak pasti dan juga penuh dengan kompetitor membuatnya menjadi wilayah yang sangat berbahaya. Siapa saja sangat rentang mengalami kegagalan jika tidak siap menghadapi tantangan. Tak heran banyak yang patah semangat di tengah jalan karena takut mengambil risiko atau salah ambil keputusan.

Jalan terbaik, cobalah untuk mengambil pengalaman dari pebisnis kelas dunia. Meskipun mungkin tips jitu cara menjadi pengusaha sukses namun paling tidak perjalanan hidupnya bisa jadi contoh nyata. Misalnya saja soal cara melihat peluang bisnis atau jalan untuk membuka networking yang amat penting untuk mengasah skill.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses Berkaca dari Pebisnis Kelas Dunia

Banyak cara menjadi pengusaha sukses namun mana cara paling efektif dan efisien adalah persoalan yang berbeda. Kalau kamu memang memiliki niat, kamu juga bisa mengikuti cara menjadi pengusaha sukses dengan bercermin dari pebisnis-pebisnis dalam ulasan ini.

Dikutip dari CNN Indonesia, Direktur Eksekutif ASPINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), Danang Girindrawardana, menyatakan bahwa saat ini jumlah wirausahawan di Indonesia hanya 3,1% dari usia produktif penduduk Indonesia. Sementara di negara maju, jumlah wirausahawan mencapai 14%.

Oleh karena itulah, Indonesia masih jauh tertinggal dan memerlukan banyak sekali wirausahawan untuk mendorong penguatan struktur ekonomi dalam negeri. Bisa dibilang peminat bisnis di Indonesia cukup banyak. Hanya saja, tidak banyak yang merealisasikannya karena berbagai alasan. Mulai alasan modal, hingga alasan tidak tahu cara menjadi pengusaha sukses.

Kata-kata “Pengusaha” kerap terdengar menggiurkan. Pengusaha memang identik dengan kesuksesan, kekayaan, bisnis besar, cuan milyaran bahkan triliunan, hidup enak dan bebas. Terbukti saat ini banyak anak muda tertarik merintis usaha sendiri dibandingkan menjadi PNS atau karyawan bank yang sempat jadi pekerjaan idaman dekade lalu.

Padahal, menjadi pengusaha tidak menjamin hal itu. Perlu kerja keras dan usaha yang tidak sedikit. Pasalnya, ada dua kemungkinan saat seseorang mencoba jadi pengusaha :

  • Pengusaha sukses
  • Pengusaha gagal

Pada dasarnya, tidak ada juga yang namanya pengusaha biasa-biasa saja. Yang ada, adalah pengusaha yang bisnisnya berkembang perlahan atau bisnisnya mati perlahan.

Hanya saja, keberhasilan dan kesuksesan tidak akan datang begitu saja dengan mudah. Bahkan, pewaris usaha besar keluarga, tidak ada jaminan mampu mempertahankan kejayaan usaha keluarganya tanpa sikap dan tindakan yang tepat.

Jadi, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses, kamu juga harus tahu dan mau menjalankan cara-caranya. Berikut ini adalah tips-tips cara menjadi pengusaha sukses dari para pengusaha yang telah terbukti menguasai dunia bisnis.

1. Tantang Diri Sendiri Dan Hadapilah Resiko dan Ketakutanmu

Jeff Bezos pernah berkata bahwa dia tidak pernah menyesali sebuah kegagalan. Dia akan lebih menyesal karena tidak pernah mencoba. Kekalahan dan kemenangan sesungguhnya bukanlah pada saat seseorang mengalahkan orang lain, melainkan saat dia mengalahkan dirinya sendiri.

Kamu harus menantang diri kamu untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah kamu tetapkan. Jangan berdiam di zona nyaman, padahal, kamu punya potensi luar biasa dalam diri kamu. Belajarlah terus setiap hari dan terbuka pada hal-hal baru yang akan membawamu pada kemajuan.

Jika mendapati peluang untuk berbisnis, jangan tejebak pada ketakutan untuk gagal. Kamu harus percaya bahwa bisa melewati tantangan tersebut dan berpikir kreatif untuk mencari caranya.

Takut gagal atau segala jenis ketakutan lainnya merupakan salah satu hal yang menghambat cara menjadi pengusaha sukses. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses, saat kamu memiliki pikiran-pikiran negatif, ketakutan-ketakutan kalau kamu tidak akan mampu, maka saatnya kamu tantang diri kamu dan memberanikan diri menghadapinya.

2. Milikilah Sebuah Visi

David Karp, Pendiri dan CEO Tumblr pernah berkata, bahwa seorang pebisnis harus memiliki visi dan keinginan kuat mewujudkannya. Jadi, kamu harus punya visi ke depan yang jelas dan terus berusaha untuk mewujudkannya apa pun yang terjadi.

Ryan Allis, co-founder dari iContact, menyebutkan bahwa memiliki target di dalam benakmu, akan memastikan kamu berusaha mewujudkannya. Tentukan gol dan ingatkan dirimu hari demi hari untuk meraihnya. Itulah salah satu cara menjadi pengusaha sukses yang harus kamu terapkan.

3. Percaya Pada Diri Sendiri

Salah satu sikap yang harus kamu miliki sebagai seorang pengusaha adalah percaya pada diri sendiri. Sebuah kutipan terkenal dari Henry Ford berbunyi, “Baik kamu berpikir bahwa kamu bisa, atau kamu tidak bisa, kamu tetap benar!”

Percayalah bahwa kamu akan bisa sukses, maka kamu akan menemukan berbagai jalan untuk menghadapi semua rintangan. Lain halnya jika kamu tidak percaya, kamu hanya akan terus-menerus mencari alasan.

4. Kerjakan Hal yang Kamu Cintai dan Kamu Kuasai

Apakah kamu selalu mengeluh dengan apa yang kamu kerjakan sekarang? Apa kamu hanya melakukan pekerjaan hanya karena keharusan? Maka hentikan sekarang juga karena jelas bukan cara menjadi pengusaha sukses! Karena hal tersebut jelas tidak akan membawamu pada kesuksesan. Bagaimana mungkin kamu sukses jika melakukan segala sesuatu sambil mengeluh dan setengah-setengah?

Bill Gates mengungkapkan bahwa satu-satunya cara mencapai kepuasan dalam hidup, adalah mengerjakan hal yang kamu cintai. Sehingga kamu bisa benar-benar berdedikasi pada pekerjaanmu dan kesuksesan akan lebih mudah datang.

Sementara Tony Hsleh sebagai pendiri Zappos pernah berkata bahwa jangan pernah memainkan permainan yang tidak kamu mengerti, bahkan kalau kamu melihat banyak orang menghasilkan uang darinya. Karena itu, selain mencintai apa yang kamu lakukan, kamu juga harus pahami bidang bisnis yang kamu jalani.

5. Lakukan Sekarang Juga!

Kebiasaan menunda-nunda sesuatu merupakan hal yang paling menghambat kemajuan seseorang. Oleh karena itu, cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan memiliki kebiasaan untuk melakukan sekarang juga! Walt Disney mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk memulai adalah dengan berhenti bicara dan mulai laksanakan!

Demikian juga halnya dengan sebuah ide bisnis. Tidak akan pernah berhasil jika tidak kunjung dieksekusi. Lagipula, dunia tak akan menunggu. Jangan sampai kamu kelamaan menunda dan kemudian mendapati idemu sudah direalisasikan oleh orang lain.

6. Manfaatkan Konsumen Untuk Meningkatkan Pelayanan

Pendiri restoran cepat saji Wendy’s, Dave Thomas mengungkapkan bahwa mengetahui dengan baik siapa konsumenmu akan membuat usahamu menjadi sukses. Karena kamu bisa menjadi solusi yang mereka butuhkan bagi permasalahan mereka.

Oleh karena itu, mintalah saran pada konsumen. Karena, berasumsi apa yang konsumen butuhkan tidak akan menjadi jawaban. Bertanyalah, dan berikan kepada mereka melebihi apa yang konsumen harapkan.

Bill Gates juga menambahkan bahwa konsumen yang paling tidak senang, adalah sumber terbaik untuk belajar. Jadi, biarkanlah konsumen yang tidak puas mengajari dimana letak kesalahan dalam pelayananmu. Dari sana, belajarlah untuk memperbaikinya agar bisnis bisa terus berkembang.

Itulah beberapa tips cara menjadi pengusaha sukses yang sudah dijalankan para pebisnis sukses di dunia. Bisa kamu lihat bahwa menjadi pebisnis bukan hanya masalah keinginan saja. Kamu juga harus memiliki kepribadian dan sikap mental yang tepat.

Selain itu, kamu juga harus menguasai bidang bisnis yang kamu jalankan. Dan agar bisnismu memiliki banyak pelanggan, selalu perhatikan produk (layanan) yang diberikan. Sehingga diri dan juga bisnis kamu bisa terus berkembang hingga mengantarkan menjadi pengusaha sukses yang kamu impikan.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait