Lima Kiat Sukses Luar Biasa untuk Pengusaha Kreatif

Kiat Sukses

Ajaib.co.id – Pengusaha kreatif menghadapi tantangan unik yang sering membutuhkan solusi tidak konvensional. Pikiran kreatif yang hyper cenderung hampir selalu melawan tradisi dan terus mencari cara untuk menciptakan yang baru.

Setiap saat, siang dan malam, ide-ide besar yang acak muncul begitu saja di benak kamu. Dan dari luar, ini tampaknya menjadi hal yang hebat. Tapi ternyata tidak. Pikiran hyper kreatif kamu membuatmu compang-camping. Kamu mengejar semua ide dan tidak menyelesaikan apa yang ingin kamu kerjakan. Terus terang, kamu tidak benar-benar mendapatkan apa-apa.

Inilah pandangan tentang kebijaksanaan yang tidak konvensional dan kiat sukses yang tidak biasa untuk membantu pikiran kreatif sampai lebih cepat.

1. Diam

Pengusaha kreatif memiliki banyak ide sepanjang waktu. Ini dapat menyebabkan satu ton proyek setengah matang dan menyelesaikan proyek yang mudah disingkirkan dan dilupakan. Sebagai contoh, kamu menulis buku dengan 40.000 kata dan kemudian segera melupakannya sepenuhnya. Lalu, kamu akan sadar beberapa tahun kemudian saat kamu menulis buku yang lainnya, kamu sadar kamu telah meninggalkan banyak pekerjaan yang belum rampung.

Kolumnis NY Times Time Kreider menjelaskan fenomena yang menjangkiti banyak dari kita (terutama kreatif): “Kesibukan berfungsi sebagai semacam jaminan eksistensial, memiliki nilai terhadap kekosongan; jelas hidup kamu tidak mungkin konyol atau sepele atau tidak berarti jika kamu begitu sibuk.”

Ada alasan yang lebih dalam untuk keluar dari jebakan yang sibuk: tidak ada tindakan mengharuskan kamu mengembangkan kapasitas untuk kehampaan, keheningan, istirahat, dan ruang putih. Ketika kamu tidak terus-menerus melompat-lompat, kamu membiarkan roda keberuntungan yang tidak terlihat berputar. Seperti pepatah lama menyarankan, kamu kadang-kadang harus berdiri masih cukup lama untuk berhasil menemukan jati dirimu yang sebenarnya.

Jadi, ketika kamu mendapati diri kamu dalam kegilaan, berhentilah dan luangkan waktu untuk benar-benar beristirahat. Bahkan jika itu hanya untuk lima menit. Pergi berjalan-jalan, tidur siang, bernapaslah dalam-dalam. 

Luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di bawah aktivitas panik kamu dan itu akan membantu kamu menjadi lebih tenang dan lebih strategis, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik.

2. Bayangkan dan biarkan orang lain mengeksekusi

Aspek merugikan lainnya dari jebakan sibuk seorang kreatif adalah bahwa tidak ada yang punya waktu untuk menetap, tumbuh dan kemudian disempurnakan menjadi proses yang andal dan berulang. Inti dari kiat sukses berbisnis adalah proses yang andal dan berulang untuk menarik dan mengubah pelanggan ideal.

Jika kamu adalah tipe orang yang meratap karena harus melakukan sesuatu dua kali, maka di sinilah kamu membutuhkan anggota tim yang berorientasi pada detail yang akan mengambil ide hebat kamu, mengujinya, meningkatkannya, dan mensistematisasinya. Serahkan kepada para genius di bidangnya.

Pekerjakan orang yang mengerti keinginan dan visi kamu. Orang-orang yang berbagi nilai-nilai kamu dan sangat pandai dalam melakukan apa yang mereka lakukan membuat kamu merasa konyol karena telah mencobanya tanpa mereka. Perlu diingat, orang-orang ini tidak murah.

Jelaskan bahwa mereka harus membayar sendiri dalam waktu enam bulan. Dengan kata lain, asisten virtual dapat membayar sendiri dengan memotong pengeluaran lain, mengejar pembayaran, dan dengan membebaskan kamu untuk melakukan pekerjaan yang lebih menguntungkan. 

Seorang manajer media sosial dapat membayar sendiri dengan meningkatkan profil kamu, sehingga kamu mendapatkan pertunjukan yang lebih baik atau sekadar menggunakan media sosial untuk menghasilkan bisnis baru.

3. Dekati semuanya dalam mode beta

Berhentilah berpikir bahwa kamu harus memiliki segalanya yang sempurna sebelum bisnis kamu diluncurkan. Terbiasa dengan gagasan bahwa semuanya dalam mode uji. Rangkullah kesalahan kamu, kesalahan dan salah penilaian untuk pelajaran berharga mereka akan menjadi.

Sekolah tradisional banyak merugikan kita dengan membujuk kiat sukses adalah mengetahui jawabannya terlebih dahulu. Hidup tidak seperti itu. Yang pasti, kewirausahaan tidak seperti itu.

Kamu menemukan jawabannya dengan menjalankan pertanyaan. Keluarkan ide-ide kamu ke dunia secepat mungkin. Pikirkan kesuksesan bukan sebagai tujuan, tetapi sebagai perjalanan itu sendiri, dan rayakan sepanjang jalan.

Berikan terima kasih khusus untuk klien dan pelanggan yang memberi tahu kamu ketika kamu telah melakukan kesalahan. Berita terbaik yang mungkin kamu miliki adalah bahwa kamu memiliki orang yang cukup peduli dengan apa yang kamu lakukan, sehingga mereka akan meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan kamu ketika kamu mengecewakan mereka. Plus, keluhan memberi kamu kesempatan luar biasa untuk menunjukkan kepada orang-orang siapa kamu sebenarnya. 

Bersikap ramah dan penuh kasih (bukannya defensif) ketika kamu melakukan kesalahan langkah, hampir selalu akan mengubah klien yang kesal menjadi penggemar seumur hidup.

4. Lakukan apa yang perlu dilakukan

Pengabaian selektif adalah salah satu kunci menuju kehidupan yang bahagia. Pilih hal-hal yang ingin kamu abaikan. Tanpa belas kasihan mencoret hal-hal dari daftar kamu. Terutama segala sesuatu yang dimulai dengan pikiran, “Aku benar-benar harus …”

Kata harus merupakan indikator bahwa kamu tidak benar-benar peduli tentang apa pun itu, tetapi kamu memiliki suara di kepala kamu yang mengatakan itu penting. Inilah yang dikenal sebagai konflik nilai dan itu akan membuat kamu lumpuh.

Berapa banyak item dalam daftar tugas kamu yang telah ada selama lebih dari tiga bulan? Itu indikator kuat bahwa satu dari tiga hal sedang terjadi:

A: Kamu tidak peduli dan itu tidak perlu dilakukan. Dalam hal ini, beri diri kamu izin untuk menghapusnya dari daftar dan ruang otak kamu.

B: Kamu tidak peduli, tapi itu perlu dilakukan, tetapi tidak oleh kamu. Dalam hal ini, sewalah seorang genius untuk membantu kamu. Lihat poin # 2 dari artikel ini.

C: Kamu memang suka omong kosong, tetapi kamu takut. Dalam hal ini, ambil hal sekecil mungkin, melangkah maju dan lihat apa yang terjadi.

Setiap kali kamu menemukan diri kamu berlari di sekitar blok dalam pikiran kamu yang berbunyi, “Saya tidak benar-benar ingin melakukan XYZ, tetapi saya harus (tetapi saya tidak benar-benar ingin) …” Cukup nyatakan! Lakukan, delegasikan. Lebih baik lagi, tantang diri kamu untuk memikirkan solusi alternatif yang lebih memuaskan dan kreatif.

5. Aturan tidak berlaku

Kearifan konvensional berlaku untuk kegiatan konvensional. Dan itu bukan kita, anak-anak. Jadi untuk hal-hal seperti mengganti oli kamu dan menyikat gigimu – benar-benar mematuhi praktik yang direkomendasikan. Tetapi mengembangkan bisnis kamu? Pelajari apa praktik umum di ruang kamu, dan kemudian terapkan akal sehat kamu sendiri, gaya individu dan nilai-nilai.

Gunakan aturan yang kamu sukai dan patuhi dalam hidup kamu untuk menjalankan bisnis kamu. Condongkan kreativitas kamu. Pergilah dengan idemu. Langgar aturan orang bodoh. Dan, langgar aturanmu sendiri. Lagipula, kamu tidak menjadi pengusaha untuk bosan saat menjalaninya, kan? Bersenang-senanglah!

Itulah kiat sukses menjadi pengusaha kreatif. Selamat mendobrak dirimu sendiri ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait