Daftar FIlm Inspiratif yang Bisa Memberikanmu Motivasi

Rekomendasi film

Ajaib.co.id – Setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan atau bisnis kamu sehari-hari, akhir pekan akan menjadi waktu yang dinanti untuk menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan kamu. Banyak rekomendasi kegiatan yang dapat Kamu pilih dalam menghabiskan akhir pekan, salah satunya mungkin dengan menonton film di bioskop.

Menonton film di bioskop memang menyenangkan dan menghibur kamu, akan tetapi jika film yang kamu tonton ternyata tidak bagus maka Kamu pun akan dibuat kecewa. Untuk menghindari kekecewaan Kamu dalam menonton film ada baiknya mencari info tentang rekomendasi film dari beberapa situs yang biasa membahas tentang film. Di sana Kamu dapat melihat sinopsis, rating film, ulasan dan berbagai info terkait film yang akan Kamu tonton nantinya.

Film Inspiratif yang Bisa Jadi Daftar Nonton Kamu di Akhir Pekan

#1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) adalah salah satu film inspiratif yang tayang dan bisa memberikan kamu inspirasi di awal tahun 2020. FIlm ini nyaris sempurna dan diadaptasi dari buku best seller karya Marchella FP.

Film ini bercerita tentang keluarga Angkasa, Aurora, dan Awan, kakak beradik yang memiliki kehidupan keluarga harmonis. Namun dalam kenyataannya, masing-masing dari mereka menyembunyikan kesedihan. Di mana, Awan sebagai anak bungsu mendapatkan perhatian lebih dalam keluarga. Sedangkan, Angkasa sebagai anak sulung harus memikul beban berat. Di sisi lain, Auroro anak kedua tidak pernah terlihat di mata keluarganya dan memiliki banyak masalah yang disimpan sendiri.

#2. Imperfect (2020)

Film hasil karya Ernest Prakasa dan Meira Anastasia ini secara garis besar mengangkat isu tentang body shaming. Di mana, dalam ceritanya, terdapat kisah tentang Rara yang memiliki tubuh gemuk dan tidak proporsional untuk ukuran wanita seusianya.

Pada awalnya, Rara tidak peduli dengan perkataan orang, hal ini diperkuat karena ia telah punya kekasih baik hati bernama Dika. Di mana, bagi Dika, Rara adalah wanita sempurna, berhati baik, dan sangat mengerti dirinya sebagai pria biasa.

Namun, kondisi berubah saat Rara diminta oleh bosnya untuk memperbaiki penampilan. Hal ini dilakukan karena sangat memengaruhi karir Rara yang dipercaya bisa menduduki posisi manajer. Sebagai seorang wanita karir, Rara melihat tawaran ini sebagai kesempatan besar, dan ia mulai diet ketat untuk mendapatkan body kurus dan cantik. Namun, kenyataannya hal ini justru membuat Rara kehilangan orang-orang yang dicintainya.

#3. The Intern

Film ini menceritakan tentang seorang pria berusia 70 tahun yang telah pensiun. Di masa pensiunnya, ia menyadari bahwa pensiun bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Karena latar belakang itulah, ia memutuskan bekerja menjadi seorang intern atau anak magang di sebuah perusahaan startup yang dikelola bos yang skeptis.

Setelah ia berhasil magang, tanpa disadari, permasalahan keluarga dan bisnis yang dihadapi Jules pun terselesaikan satu-persatu. Ini menjadi salah satu inspirasi bahwa usia bukanlah bagi seseorang untuk bisa memberi manfaat bagi banyak orang.

#4. Life of Pi

Film ini diangkat dari novel bestseller karya Yann Martel yang menceritakan tentang Pi Patel, anak seorang penjaga kebun binatang. Pria ini memiliki kehidupan yang sulit dan miskin. Hal ini membuat Pi ingin mencoba peruntungan dengan pergi merantau ke Kanada. Ia pergi dengan menumpang kapal pengangkut barang.

Sayangnya, di tengah perjalanan, kapal itu rusak dan membuat Oi terdampar di Samudra Pasifik dengan seekor zebra, hyena, orang utan, dan macan. Karena keterbatasannya, mereka berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup di tengah ganasnya lautan.

#5. 3 Idiots

Film inspirasi ini berasal dari Bollywood yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra dan dirilis pada 25 Desember 2009. Di mana, film ini menceritakan tentang kisah tiga mahasiswa dari perguruan tinggi di India yang selalu berbuat konyol.

Meski begitu, mereka bertiga merupakan mahasiswa jenius dan karena kekonyolannya mereka bertiga diancam DO oleh rektor mereka. Film ini sangat cocok bagi kamu yang masih di masa sekolah ataupun pendidikan, di mana film ini mengajarkan bahwa pendidikan bukan hanya sekadar hafalan teori semata dan bekal untuk mendapatkan pekerjaan mapan.

#6. Semesta

Semesta adalah film dokumenter hasil garapan sutradara Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin. Film yang tauang pada 30 Januari 2020 ini bercerita tentang 7 orang di 7 provinsi Indonesia. Mereka masing-masing bergerak melakukan langkah kecil untuk merawat Indonesia dari memberikan dampak perubahan iklim dunia. Bukan hanya itu, film inspiratif Semesta ini juga menyuguhkan keberagaman budaya dan agama di Indonesia.

Situs Review Film di Indonesia

Saat ini ada dua situs yang tepercaya dalam mengulas berbagai film. Dua situs tersebut akan memberikan gambaran tentang film yang akan Kamu tonton. Jadi sebelum Kamu kecewa ada baiknya melihat rekomendasi film dari beberapa kedua situs berikut ini:

#1 Internet Movie Database (IMDB)

Sebagian besar pecinta film sudah mengenal IMDB. Dari namanya bisa dipahami bahwa situs ini merupakan penyedia database film-film yang lengkap. Kelengkapan data filmnya tidak hanya sebatas film Hollywood, akan tetapi juga film Asia, dan bahkan film Indonesia ada di sini. Selain film, IMDB juga ada database serial TV.

Kamu akan mendapatkan informasi yang sangat lengkap di situs ini. Siapa saja aktor atau aktris yang berperan dalam film tersebut, sinopsis singkat, review dari para user, link untuk trailer film, tanggal rilis film, dsb. Dari sekian informasi tersebut, yang paling banyak dilihat adalah rating film.

Kamu bisa menentukan apakah film itu menarik untuk ditonton atau tidak dengan melihat rating yang terpampang di situs IMDB. Jika rating film yang ingin Kamu tonton nilainya 7/10 (7 dari 10) itu artinya film tersebut menarik, apalagi kalau rating film tersebut 8/10. Meskipun begitu Kamu juga perlu melihat jumlah user yang memberikan rating pada film tersebut, jika user-nya 50.000 atau lebih, cukup untuk validasi dari rating tersebut. Jadi rating di sini akan memberikan rekomendasi film yang bagus utuk Anda.

#2 Rotten Tommatoes

Sebuah situs alternatif selain IMDB yang juga banyak dikenal pecinta film dalam memberikan penilaian rating pada film. Rotten Tomatoes memberikan rangkuman kritikan-kritikan dari sebuah film. Kritikan tersebut datang dari para krtikus film. Kritikan-kritikan itu bervariasi dan kritikan yang paling bagus biasanya diberi tanda khusus yang menyerupai buah tomat. Itulah kelebihan Rotten Tomatoes dibandingkan dengan IMDB.

Rotten Tomatoes ini beda dengan IMDB. Jika di IMDB lebih condong ke informasi data sebuah film, Rotten Tomatoes lebih kepada review sebuah film. Review-nya diulas secara detail dari berbagai sumber siaran televisi, majalah, dan radio.

Jadi rating film yang terdapat dalam Rotten Tomatoes lebih tepercaya, karena sumbernya dari berbagi media. Bisa dikatakan seleksinya sangat ketat untuk mendapatkan rating yang tinggi. Jadi jika ada film yang mendapatkan rating yang tinggi, maka film tersebut bagus untuk Kamu tonton.

Ada dua jenis rating yang terdapat dalam Rotten Tomatoes, yang pertama adalah rating yang berdasarkan penilaian para kritikus, dan yang kedua adalah rating dari para penonton. Jadi Kamu bisa menyimpulkan dari dua sudut pandang.

Rekomendasi film pada website ini menggunakan sistem penilaian dalam bentuk persentase yang disebut tomatometer. Jika sebuah film mendapat skor tomatometer kurang dari 60 persen akan mendapat predikat Rotten (busuk). Sebaliknya jika di atas 75 persen akan mendaptkan Certified Fresh. Jadi Kamu pun tidak perlu ragu pada film yang akan Kamu tonton setelah melihat penilaian Rotten Tomatoes.

Itulah dua situs yang paling sering menjadi acuan bagi pecinta film untuk melihat rekomendasi film terbaik yang akan Kamu di tonton. Jadi bagi Kamu yang takut kecewa dengan hasil dari film yang akan di tonton, alangkah baiknya melihat penilaian dari kedua situs tersebut.

Kedua situs film itu banyak informasi yang bisa kamu dapatkan, dan yang paling utama melihat hasil penilaian dari para kritikus maupun audiens. Semua ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Kamu untuk menghabiskan waktu akhir pekan menonton film di bioskop.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait