Milenial

7 Film Inspiratif Terbaik, Efektif Boosting Motivasi Sukses

film-inspiratif

Ajaib.co.id – Film bukan hanya sekedar menyediakan hiburan saja namun juga bisa jadi media penyemangat. Apalagi jika mengangkat kisah sejumlah tokoh yang benar-benar nyata pengalamannya. Berikut judul film inspiratif untuk boosting dirimu agar lebih bersemangat mencapai kesuksesan.

Film bisa dibagi menjadi banyak jenis genre. Umumnya, orang mencari rekomendasi film sesuai dengan moodnya atau tujuannya menonton. Ada yang pilih komedi untuk hiburan yang ringan dan menceriakan. Sedangkan film superhero buat yang suka komik atau imajinasi tingkat tinggi.

Genre film lain yang juga tak kalah populer adalah kisah nyata atau biopic. Biasanya diambil dari kisah yang fenomenal dan berkesan di bidangnya. Misalnya saja perjuangan untuk mencapai cita-cita atau kisah inpirasional lainnya. Umumnya tema yang dijual adalah tentang bagaimana si tokoh pantang menyerah dalam mencapai impiannya dan melewati hambatan yang dihadapinya.

Sesekali mungkin kamu juga bisa menikmati film inspiratif seperti ini sebagai selingan. Bukan hanya sekedar hiburan namun ada juga bisa mengambil nilai positifnya. Mungkin kamu punya jalan hidup yang berbeda namun paling tidak bisa mencontoh hal baik dari karakter yang ada di film tersebut.

Rekomendasi Film Inspiratif yang Bisa Membangun Daya Juangmu

Menonton film merupakan hobi bagi sebagian besar orang. Bahkan, ada banyak film inspirtatif yang memberikan motivasi hingga mempengaruhi kehidupan seseorang. Bagi sebagian kalanga, film seperti ini mungkin dianggap kurang menghibur namun toh peminatnya cukup banyak setiap tahun.

Hollywood sendiri sebagai industri perfilman terbesar di dunia setiap tahun memproduksi puluhan, jika tidak ratusan, film seperti ini. Kualitasnya juga kebanyakan sangat baik. Terbukti film-film seperti ini kerap masuk dalam nominasi Oscar, Golden Globe maupun ajang penghargaan lainnya. Hal ini membuktikan minat publik pada film seperti ini selalu tinggi.

Terkadang, film bisa menjadi sumber kekuatan bagi para penontonnya. Khususnya ketika sedang dalam masa yang sulit atau merasa putus asa. Pesan yang disampaikannya kembali membangun optimisme dan tidak gampang putus asa. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu menonton film inspiratif yang mampu memotivasi diri.

Karena itu, ini dia beberapa judul fim inspiratif terbaik yang wajib kamu tonton. Mungkin saja kamu sudah pernah menontonnya, namun tidak ada salahnya jika kamu menonton kembali beberapa film inspiratif ini.

Yuk, simak daftar film inspiratif terbaik di bawah ini :

The Pursuit of Happyness

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pialang saham ternama, yaitu Chris Gardner. Perjalanannya menjadi seorang pialang saham ternyata tidak mudah. Awalnya, Chris Gardner merupakan seorang salesman yang menghabiskan seluruh dana tabungan keluarganya untuk membuka sebuah franchise.

Produk yang dijual adalah scanner tulang portable, namun tidak laku karena harganya yang mahal. Kondisi inilah yang menjadi titik kegagalan Chris. Lalu ia mulai mempelajari hal baru dan memutuskan untuk menjadi pialang saham. Lalu, ia memiliki tekad untuk menjadi anak magang terbaik agar bisa menjadi karyawan tetap di perusahaan tempatnya bekerja.

Will Smith menjadi aktor utama dalam film yang juga dimainkannya bersama anak laki-lakinya, Jaden Smith. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 67%, berdasarkan 173 ulasan, dengan rating rata-rata 6,4/10. Kisah perjuangannya untuk mendapatkan pekerjaan yang memberikan penghidupan yang lebih baik pada keluarganya menjadi daya jual utama film ini.

Tentunya, film ini mengajarkan kamu untuk tidak cepat menyerah saat mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut akan menjadi awal dari kesuksesanmu. Kamu juga bisa mengambil inspirasi dari tokoh Chris ini yang berhasil mendapatkan kekayaan dengan berinvestasi saham dengan menjadi pialang.

Forrest Gump

Judul film ini diambil dari nama tokoh utamanya. Film ini menceritakan Forrest Gump yang sering mengalami tindakan bullying. Hal itu dikarenakan Forrest memiliki keterbatasan fisik dan kecerdasan di bawah rata-rata. Meskipun begitu, Forrest memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat.

Bahkan, ia pernah berlari mengelilingi Amerika Serikat selama lebih dari 3,5 tahun. Hal itu membuat ia menjadi terkenal. Sebelumnya, Forrest pernah masuk ke pasukan militer Amerika Serikat dan ditempatkan di Vietnam. Selain itu, ia juga berhasil mengembangkan bisnis udang bersama rekannya yang bernama Bubba.

Dari film inspiratif ini, kamu bisa mengambil pelajaran bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk menjadi sukses. Saking berkesannya, film ini berhasil menyabet 6 nominasi Oscar dan menjadi pemenang untuk kategori kategori Best Picture pada tahun 1996. Sampai sekarang, baik anak muda maupun orang tua kerap menjadikan film ini sebagai salah satu favoritnya dan kerap direkomendasikan.

The Greatest Showman

Film ini memang baru dirilis pada 2017 lalu, namun kisahnya bisa menginspirasi kamu. Film ini terinspirasi dari kisah nyata P.T. Barnum atau Phineas Taylor Barnum. Meskipun ia bukan berasal dari keluarga kaya, P.T. Barnum berhasil menjadi pencetus bisnis sirkus.

Ia menghadirkan konsep sirkus yang saat ini belum ada dengan terinpirasi dari kebutuhan anaknya sendiri. Sirkusnya kemudian mendunia dan tentu saja mendatangkan kesuksesan finansial baginya. Film ini menyuguhkan konsep drama musikal, dan banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik.

Perjalanan P.T Barnum dari nol untuk memulai bisnis memang patut diapresiasi. Kamu bisa mengambil pelajaran, bahwa kesuksesan bisa datang jika kamu mampu menjadi visioner. Perjalanan untuk sukses dalam dunia bisnis jelas tidak akan mudah dan rintangan bisa datang silih berganti bagi seorang pengusaha.

Sebenarnya, film ini sempat kontroversial karena dianggap tidak menyampaikan hal yang sebenarnya. Barnum dikatakan kerap melakukan hal yang tidak baik untuk mendapatkan kesuksesannya. Namun terlepas apapun kontroversinya, kamu bisa mengambil hal yang baik yakni kerja keras untuk menghadapi berbagai rintangan.

Slumdog Millionare

Film inspiratif ini menceritakan kisah seorang anak jalanan yang memenangkan kuis “Who Wants To be a Millionare”. Perjalanan pemeran utama dari film ini, yakni Jamal Malik (Dev Patel) sangat inspiratif untuk ditonton. Jamal dikisahkan merupakan anak yang berasal dari kawasan kumuh di Mumbay, India.

ia kemudian mulai mendapatka kesuksesan setelah berhasil menjawab berbagai pertanyaan di kuis behadiah miliaran itu. Kisahnya juga diselingi dengan bagaimana ia menjalani hidup yang keras di lingkungan yang tidak kondusif itu.

Kisah Jamal Malik yang bertahan hidup di jalanan karena terpisah dengan ibunya sangat menggores hati. Namun, Jamal Malik bisa menjadi contoh bahwa bagaimana pun kondisimu, kamu harus tetap berusaha dan tidak boleh menyerah.

9 Summers 10 Autumns

Kalau rekomendasi film inspiratif sebelumnya berasal dari film luar maka ada pula kisah lokal yang bisa jadi sumber penyemangat bagimu, 9 Summer 10 Autumn. Film ini bercerita tentang Iwan yang berasal dari Kota Malang. Ia tinggal bersama orangtua nya di rumah berukuran 6×7 meter. Saking miskin dan terbatas ekonominya, ia juga tidak memiliki kamar sendiri.

Iwan memang bukan berasal dari keluarga kaya. Ayahnya merupakan sopir angkot, sementara ibunya tidak tamat pendidikan Sekolah Dasar (SD). Meski begitu, Iwan memiliki mimpi dan tekad yang besar dan diceritakan memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Ia pun menempuh pendidikan hingga berhasil bekerja di New York, Amerika Serikat. Ia juga mendapat posisi pekerjaan yang bagus di perusahaan top dunia sehingga berhasil mengangkat derajat keluarganya.

Kisah film inspiratif ini diangkat dari novel dengan judul yang sama. Sebenarnya kisahnya banyak dijumpai namun film ini menjadi istimewa karena digarp oleh Ifa Isfansyah. Fokus utamanya memang soal keberanian dalam meraih mimpi. Sutradara ini berhasil menampilkan potongan kisah masa lalu yang mengambarkan nilai kehidupan ini.

Dia mampu melukiskan perubahan-perubahanm tahun 1974, 1981, 1983, 1990-an hingga 2000-an dengan segala propertinya, televisi hitam-putih, buku pelajaran SD masa lalu hingga ponsel jadul. Satu kalimat motivasi yang harus kamu ambil dari dialog film ini adalah “dunia ini adalah milik orang pemberani”.

The Theory of Everything

Film inspiratif ini berkisah akan perjalanan hidup Stephen Hawking, salah satu ilmuwan yang dianggap paling jenius di dunia. Kisahnya berfokus pada perjalanannya menemukan teori kosmologi lubang hidup di tengah perjalanan akademis dan kehidupan rumah tangganya.

Tantangannya ialah ketika ia tiba-tiba jatuh sakit dan didiagnosis penyakit syaraf motorik. Ia yang biasa bergerak bebas dengan segudang aktivitas harus merasakan lumpuh dan dokter memprediksi hidupnya hanya bertahan 2 tahun.

Namun, dengan segala keterbatasannya, Stephen Hawking mampu menciptakan teori yang membuatnya terkenal, mendapatkan gelar dokter lebih cepat dari temannya dan bertahan hidup hingga berusia 76 tahun.

Hal ini tak lain karena tekadnya untuk bisa terus berkiprah di bidang yang ia pilih. Kisahnya juga menunjukkan betapa dukungan dari sang istri merupakan faktor yang besar dalam mewujudkan impiannya.

Film ini menjadi istimewa karea performa aktornya Eddy Redmayne yang juga membuatnya mendapatkan penghargaan Oscar. Namun penggambaran kisah sejak mahasiswa sampai berhasil menyusun penemuan terbesarnya mengenai lubang hitam dan asal usul penciptaan alam semesta secara ilmiah adalah daya tarik utamanya. Kamu bisa belajar jauh lebih banyak lagi untuk tahu bahwa keterbatasan bukan alasan untuk berputus asa.

3 Idiots

Tak lengkap rasanya membuat daftar film inspirasi yang pas untuk menambah semangat tanpa menyebutkan film yang dibintangi Amir Khan ini. Sekilas kisah produksi Bollywood ini bagaikan film komedi biasa namun sebenarnya pesannya sangat dalam.

Cerita utamanya berkisar pada 3 mahasiswa menjalani pendidikan di kampus yang penuh dengan kekonyolan. Namun konflik utamanya adalah bagaimana pendidikan yang diberikan di kampus tesebut masih jauh dari ideal.

Lewat film ini, si film maker mengkritisi sistem edukasi yang diterapkan di India, terutama karena metodenya yang mengutamakan teori ketimbang praktik. Nilai yang didapat di pelajaran paling diutamakan padahal ada hal yang lebih penting daripada capaian angka saja.

Kamu bisa belajar soal motivasi diri dari tokoh yang diperankan oleh Amir Khas. Ia yang merupakan anak tidak mampu berjuang agar bisa mendapatkan pendidikan sampai akhirnya suskes membangun bisnis sendiri dengan kecerdasannya.

Film berdurasi hampir 3 jam ini punya rating 8.4/10 di situs IMDb dan berhasil menyabet berbagai penghargaan: best film, best actor, best director, best story, best dialogue, dan berbagai ‘best-best‘ lainnya. Sungguh sangat layak untuk disimak.

Ketujuh film rekomendasi tersebut merupakan sedikit dari tontonan yang bisa kamu nikmati sambil mendapatkan pelajaran hidup lainnya. Masih banyak film lainnya yang juga punya nilai kehidupan akan pentingnya kerja keras di tengah keterbatasan. Misalnya saja Laskar Pelangi atau Freedom of Happiness.

Film memang awalnya ditujukan sebagai hiburan. Namun pada perkembangannya ada banyak nilai-nilai yang bisa kita ambil. Film menyuguhkan kisah orang lain bagikan pelajaran kehidupan. Kamu bisa mengambil hal yang baik dan membuang yang buruk. Kelak ketika berjumpa pada kondisi yang serupa kamu sudah tahu harus bersikap seperti apa.

Dari beberapa film inspiratif terbaik di atas, kamu bisa mengambil pelajaran berharga. Kesuksesan bisa diraih dengan berbagai cara, asalkan kamu memiliki tekad yang kuat. Kamu juga harus menggali potensi diri sekaligus peluang sesuai dengan bidangmu.

Satu hal yang pasti, kesuksesan tidak akan datang dengan mudah. Karena itu jangan gampang merasa sudah bekerja keras dan belum juga menuai keberhasilan. Mungkin saja apa yang kamu harapkan ada di depan mata sehingga hanya perlu perjalanan sedikit lagi.

Artikel Terkait