Dunia Kerja

8 Tips Membuat Profil Akun LinkedIn Menonjol

Profil akun LinkedIn kamu adalah media untuk mendapatkan nama dan wajah kamu di depan ratusan (atau bahkan ribuan) profesional di industri.

Ajaib.co.id – Dengan lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia, aplikasi LinkedIn adalah jaringan profesional dan tempat mencari kerja terbesar di dunia. Jika kamu serius tentang karir dan kemajuan profesional kamu, kamu memerlukan profil LinkedIn yang terkini dan terupdate. Profil akun LinkedIn kamu adalah media untuk mendapatkan nama dan wajah kamu di depan ratusan (atau bahkan ribuan) profesional di industri. Jika kamu mencari pekerjaan, ini adalah salah satu hal yang penting.

Namun, tidak cukup hanya dengan memiliki halaman LinkedIn. Kamu memerlukan profil LinkedIn untuk menarik perhatian, menuliskan hal-hal yang benar, dan membantu kamu benar-benar terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu kamu mengembangkan karier. Berikut adalah 8 tips sederhana untuk membantu membuat akun LinkedIn kamu lebih menonjol:

1. Tambahkan foto headshot

Hal paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan profil LinkedIn kamu adalah dengan memasang nama kamu dan menambahkan foto profil – pilihlah foto yang bagus.

Jadilah kreatif jika itu sesuai dengan apa yang kamu lakukan atau siapa kamu, tetapi ingat bahwa ini adalah kesan pertama yang akan didapat orang dari halaman kamu. Jika kamu tidak memiliki headshot profesional untuk digunakan, sebaiknya kamu mulai menggunakannya. Dengan banyaknya orang di LinkedIn, mereka yang tidak memiliki foto dengan mudah disingkirkan.

2. Buat slogan yang menarik perhatian

Slogan kamu diposisikan tepat di bawah nama kamu di profil LinkedIn kamu dan akan menjadi hal pertama yang dibaca pengunjung profil. Pengaturan default akan mengisinya dengan posisi kamu saat ini dan biasanya hanya kolom kosong untuk pengguna baru – tetapi kolom itu bisa diisi apa pun yang kamu inginkan.

Kamu memiliki 120 karakter untuk diisi, jadi mengapa tidak menulis sesuatu yang menonjol? Anggap saja sebagai iklan billboard kecil untuk kamu dan apa yang kamu lakukan. Alih-alih hanya mencantumkan apa pekerjaan kamu, sebutkan spesialisasi kamu dan bagaimana kamu menguntungkan perusahaan atau pelanggan kamu. 

Jangan lupa untuk selalu mengingat target audiens kamu. Apakah kamu berbicara dengan rekan industri, pelanggan, atau headhunter? Tulislah sesuatu yang sesuai untuk audiens target kamu. Sebagai contoh:

“Advertising Sales membantu klien menciptakan strategi branding yang unggul. Lebih dari 300 klien yang puas.”

3. Buat ringkasan yang menarik

Ringkasan di akun LinkedIn, memberi kamu kesempatan untuk menceritakan kisah kamu. Ringkasan kamu bisa menjadi bentuk yang lebih panjang dari tajuk utama kamu; di sini kamu memiliki 2.000 karakter untuk dikerjakan sehingga kamu bisa menyelam sedikit lebih dalam. Jangan hanya fokus pada pengalaman masa lalu kamu, tetapi pada apa yang kamu lakukan dengan baik dan apa yang dapat kamu bawa ke calon bos. Ingatlah bahwa kata kunci sangat penting di sini – gunakan kata-kata yang kamu ingin terhubung dengan kuat di bidang kamu.

Gunakan kata-kata yang singkat, jadi jangan gunakan semua 2.000 karakter itu. Sebaliknya, pertahankan kurang dari setengahnya. Jadilah kreatif dan lukiskan gambaran tentang siapa kamu sebenarnya sebagai seorang profesional.

4. Sorot pengalaman kamu

Kamu dapat melakukan lebih baik daripada hanya memotong dan menempelkan resume kamu ke profil LinkedIn kamu. Kamu tidak memiliki aturan dua halaman yang sama di sini, tetapi kamu memiliki pembaca internet dengan rentang perhatian yang singkat. 

Pastikan untuk memasukkan semua pekerjaan yang kamu anggap relevan dengan tujuan karir kamu, dan gunakan dua hingga empat poin poin yang menarik dan mengesankan untuk setiap pekerjaan yang kamu sertakan.

Juga, gunakan kata-kata yang baik untuk menunjukkan tidak hanya apa yang kamu lakukan, tetapi apa yang kamu capai di setiap posisi. Kuncinya adalah untuk menunjukkan dampak yang kamu buat, perubahan yang telah kamu lakukan, inisiatif yang kamu pimpin, dan hasil yang kamu berikan.

5. Gunakan media visual

Tahukah kamu bahwa kamu dapat menambahkan foto latar / foto sampul di akun LinkedIn seperti di Twitter dan Facebook? Ini mudah dilakukan dan membuat profil LinkedIn kamu menonjol, jadi pilih tema yang sesuai dengan profesi atau kepribadian kamu.

LinkedIn juga memungkinkan kamu untuk menghubungkan media lain ke profil kamu seperti video Youtube, infografis – sebut saja. Berkreasilah dengan media yang relevan.

6. Kustomisasi URL kamu

URL LinkedIn kamu adalah alamat web untuk profil kamu. URL default akan memiliki nama kamu dan beberapa nomor omong kosong di atasnya. Mengapa tidak menjadikannya sesuatu yang lebih relevan? 

Di sepanjang sisi kanan profil kamu, kamu akan melihat opsi untuk mengedit URL publik kamu. Gunakan opsi itu untuk membuat URL kamu lebih ringkas dan rapi – sekali lagi, hanya perlu beberapa menit dan kamu bisa membuat URL jauh lebih mudah diingat.

7. Mulai membuat koneksi

Tampaknya jelas, tetapi kadang-kadang mudah untuk melupakannya. Kamu harus terus mengembangkan koneksi saat bertemu orang-orang karena sistem LinkedIn koneksi pertama, kedua, dan ketiga; memiliki banyak koneksi membantu membuat kamu terlihat oleh orang lain.

Meskipun demikian, meskipun kamu dapat terhubung dengan orang yang tidak kamu kenal, lebih baik untuk terhubung dengan orang yang kamu kenal secara pribadi, telah bekerja bersama, atau bertemu dalam kapasitas profesional. Jika kamu memutuskan untuk terhubung dengan orang yang belum kamu temui, atau tidak memiliki koneksi langsung, kirim catatan dengan permintaan kamu yang menjelaskan siapa dan mengapa kamu ingin terhubung.

8. Minta rekomendasi

Ini yang besar. Pikirkan orang-orang yang telah kamu kembangkan hubungan kerja yang baik di masa lalu. Saat kamu mengedit profil kamu, ada tautan untuk mengklik yang bertuliskan Minta Saran. 

Klik itu. Kamu memilih untuk apa kamu ingin direkomendasikan dan dapat memilih daftar orang dari koneksi kamu. Kemudian, kirimkan dan harap kamu mendapatkan umpan balik yang bagus.

Rekomendasi adalah kunci untuk membuat profil LinkedIn kamu menonjol. Perusahaan ingin tahu bahwa orang lain telah menyetujui pekerjaan kamu.

LinkedIn adalah alat yang ampuh dan mudah digunakan serta dimanfaatkan. Manfaatkan sebaik-baiknya dengan mengoptimalkan profil kamu untuk menonjol di lautan kandidat, menjual keterampilan kamu, dan memvalidasi prestasi kamu. 

Kamu ingin halaman kamu menarik secara visual kepada pengunjung sambil membuatnya mudah bagi mereka untuk merasakan siapa diri kamu dan apa yang benar-benar dapat kamu lakukan untuk mereka secara profesional. Delapan tips ini merupakan awal yang baik untuk membangun profil akun LinkedIn kamu.

Artikel Terkait