Dunia Kerja

Interpersonal Skill yang Penting Dimiliki oleh Profesional

interpersonal skill

Ajaib.co.id – Interpersonal skill adalah sebuah hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang profesional. Mengapa begitu? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Salah satu cara menjadi sukses adalah dengan bekerja secara profesional dalam pekerjaan apa pun yang ditekuninya. Pekerjaan seorang profesional tentu harus berbeda dengan amatir, dimana para profesional harus mampu mengerti dan mewujudkan keinginan klien.

Interpersonal skill sangat penting dimiliki oleh seorang profesional. Selain harus mampu memberikan hasil pekerjaan yang baik,seorang profesional juga harus bisa memberikan kepuasan lebih bagi pelanggannya dari segi pelayanan, sehingga bisa mendapatkan klien yang loyal untuk jangka panjang.

Pasalnya, seorang klien yang loyal dapat membantu perkembangan usaha atau bisnis dengan sangat signifikan. Misalnya, memberikan project besar di masa depan, atau membantu kamu mengekspansi bisnis dengan merekomendasikan pada klien lainnya.

Berikut ini adalah interpersonal skill yang harus dimiliki seorang profesional jika ingin karir atau bisnisnya berkembang pesat.

Empati

Secara singkat, untuk bisa bersikap empati, ada satu pertanyaan yang harus bisa kamu jawab: JIka saya ada di dalam posisi dia, apa yang saya akan rasakan? Apa yang saya harapkan? Apa yang akan saya lakukan.

Jika kamu bisa mencoba menempatkan diri kamu dalam posisi orang lain, kamu memiliki empati yang baik, dan ini sangat penting.

Kenapa? Karena dengan menempatkan diri sebagai klien, kamu akan bisa mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk memenuhi harapan klien. Empati, juga salah satu kemampuan yang akan bisa mendorong seorang pemasar paham apa yang harus dikatakan atau ditawarkannya, membuat seorang customer service mampu memberikan pengertian dan pastinya, seorang profesional bisa memberikan yang terbaik, sesuai kebutuhan kliennya.

Konsistensi

Konsistensi menunjukkan stabilitas dalam bekerja, kesesuaian antara ucapan dan perbuatan. Tentunya, sikap ini wajib dimiliki oleh seorang profesional, agar dapat memenuhi apa yang dijanjikannya kepada klien.

Seorang profesional yang konsisten, akan mendapatkan kepercaayaan lebih dari kliennya. Sebaliknya, seseorang yang tidak konsisten antara janji dan perbuatannya, tidak perlu menunggu lama hingga kehilangan kliennya.

Good Listening

Antusias, adalah hal yang baik ditunjukkan seorang profesional. Tapi, ada kalanya antusiasme jadi mengganggu kala tidak dibarengi dengan kemampuan mendengarkan. Mendengarkan secara aktif, memang terdengar mudah, tapi tidak banyak yang dapat melakukannya.

Padahal, ada kalanya kamu akan lebih banyak mendapatkan masaukan dan ide saat terampil mendengarkan. Lagipula, kamu tidak akan benar-benar memahami apa yang klien inginkan, kecuali kamu bisa mendengarkan dengan baik.

Mindfulness

Minfulness merupakan interpersonal skill di mana seseorang bisa menikmati momen saat ini, sebuah sikap menyadari sepenuhnya kondisi saat ini, dan pikirannya tidak mengawang kemana-mana, baik masa lalu atau masa depan.

Mindfulness membawa banyak manfaat, yakni mampu mengeliminasi penyesalan atas hal yang sudah berlalu, atapun kekhawatiran berlebihan akan masa depan. Orang yang memiliki kemampuan berfokus pada apa yang sedang dijalani saat ini, akan membuatnya mampu melakukan yang terbaik sehingga menghasilkan pekerjaan yang juga baik.

Kejujuran

Kejujuran merupakan sebuah kualitas yang harus dimiliki setiap orang yang memiliki integritas. Dengan kejujuran, orang-orang di sekitar kamu bisa memberikan kepercayaan mereka atas setiap perkataan dan perbuatan yang kamu lakukan. Tidak jarang, reputasi seseorang yang telah dibangun bertahun-tahun lamanya, bisa rusak karena sebuah kebohongan. Oleh karena itu, selalu jaga kejujuran dalam berbisnis agar kamu bisa menjadi seorang profesional sukses.

Bersikap Positif

Baik sikap positif atau negatif, akan dengan mudah terpancar dalam pembawaan kamu sehari-hari. Pembawaan diri tersebut, juga akan mudah dibaca oleh orang lain yang berinteraksi. Jadi, bagaimana seseorang bisa mempercayakan hal penting kepadamu, kalau kamu sendiri penuh dengan pikiran negati, keragu-raguan dan rasa pesimis?

Oleh karena itu, belajarlah berpikir dan bersikap positif. Mulai dengan memperbaiki postur tubuh yang menunjukkan optimisme, seperti menegakkan badan, mengangkat pandangan, lalu berikan senyum dan bersikap ramah. Selalu gunakan kalimat-kalimat positif, yang akan membuat orang lain merasa optimis sehingga yakin untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

Mendelegasikan dan Memprioritaskan

Dipenuhi kesibukan dan dikejar target atau deadline, adalah hal yang akrab dengan orang-orang sukses. Oleh karena itu, kamu juga harus bisa memiliki kemampuan interpersonal untuk mendelegasikan tuga, serta memprioritaskan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, sehingga semua pekerjaan bisa selesai dengan baik dan memuaskan.

Handal Dalam Manajemen Waktu

Seorang profesional harus bisa membagi waktu dengan baik agar tidak ada waktu yang terbuang percuma. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan dalam melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang sama, serta kemampuan memprioritaskan. Pastinya, jangan sampai membuang-buang waktu percuma sementara pekerjaan menumpuk banyak. Selain itu, dengan memanajemen waktu yang baik, kamu juga masih bisa memberikan waktu untuk diri kamu sendiri, misalnya menyisihkan waktu untuk olah raga, membaca buku atau meditasi di antara kesibukan kamu.

Kerendahan Hati (Humility)

Penting sekali bagi seorang profesional untuk tetap bersikap rendah hati, sebesar apa pun kesuksesan yang telah dimilikinya. Sikap rendah hati, juga menunjukkan bahwa kamu menghargai orang-orang yang sudah membantumu hingga mencapai sukses, dan juga mendorong kamu untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik di masa depan.

Ketegasan (Assertiveness)

Terakhir, kemampuan interpersonal yang harus kamu miliki sebagai seorang profesional, adalah untuk bersikap tegas. Seseorang harus memiliki prinsip dalam hidupnya, termasuk dalam menjalankan bisnis. Ketegasan memungkinkan kamu berpegang pada prinsip, membela hak-hak kamu serta hak orang lain yang kamu rasa benar, tanpa bersikap agresif atau menyerang.

Ketegasan juga dapat meningkatkan efektivitas dalam berkomunikasi, menyampaikan pendapat dan maksud yang ingin kamu capai. Dengan memiliki ketegasan, kamu bisa menjalankan pekerjaan dengan penuh keyakinan dan bebas dari tekanan batin yang tidak diperlukan. Sehingga hasil pekerjaan juga lebih maksimal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait