milenial

Catat! Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Kuliah Online

kuliah online

Ajaib.co.id – Saat ini pembelajaran online sudah bukan hal yang asing lagi. Banyak lembaga dan institusi pendidikan yang menawarkan pembelajaran secara online bagi para siswanya. Mulai dari kursus online, bimbel online hingga kuliah online.

Khususnya untuk penyelenggara kuliah secara online, banyak juga diselenggarakan oleh universitas atau perguruan tinggi yang ternama. Sebut saja misalnya ITB, UGM, UI, Binus dan lain sebagainya.

Tentunya, ada kelebihan dan kekurangan dari mengikuti kuliah secara online. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu pahami sebelum mengikuti perkuliahan online.

Kelebihan Kuliah Online

Belakangan ini perkuliahan online memang kian diminati, khususnya oleh para karyawan atau mereka yang banyak kesibukan karena satu dan lain hal. Hal ini, karena perkuliahan online menawarkan beragam kemudahan jika dibandingkan dengan kuliah reguler.

Dapat Mengikuti Kuliah di Perguruan Tinggi Favorit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, saat ini penyelenggara kuliah secara online juga banyak diselenggarakan oleh perguruan tinggi favorit yang terakreditasi.

Selain perguruan tinggi dalam negeri, ada juga perguruan tinggi luar negeri yang sudah menyediakan program kuliah online, yang bisa kamu jalani dari kamar kamu!

Jadi, walaupun kamu tinggal di tempat yang jauh dari perguruan tinggi favorit, kamu tetap bisa mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi tersebut. Tentunya hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Memilih Kampus Sesuai Anggaran

Kamu bisa membandingkan beberapa perguruan tinggi yang menawarkan kuliah secara online, dan memilih yang paling sesuai dengan budget yang kamu miliki. Selain itu, ada juga kampus yang menawarkan pembayaran fleksibel, dimana kamu bisa mengambil banyaknya mata kuliah sesuai anggaran yang kamu miliki.

Biaya mengikuti kuliah online, bisa dibilang lebih fleksibel dibandingkan dengan kuliah secara reguler. Bahkan, ada beberapa website yang menawarkan kuliah dan kursus online secara gratis.

Salah satu kursus online gratis ditawarkan oleh Harvard University. Pada laman online-learning.harvard.edu ada beberapa kursus yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Kamu hanya membayar jika ingin mendapatkan sertifikat saja.

Tidak Memerlukan Biaya Hidup Tambahan

Bukan hal asing jika saat seseorang menjalani masa kuliah, tidak hanya biaya pendidikannya saja yang harus dipenuhi. Bahkan, biaya tempat tinggal (kos atau kontrakan), biaya keseharian dan transportasi juga patut jadi bahan pertimbangan.

Dengan adanya kuliah secara online, tentu dapat memangkas semua biaya-biaya hidup tambahan tersebut. Karena, kamu tidak harus beranjak dari tempat kamu tinggal saat ini. Kamu bisa mengakses kuliah dari mana saja kamu berada, selama memiliki laptop dan jaringan internet.

Waktu Lebih Fleksibel

Karena banyak dari peserta kuliah online adalah mereka yang sudah bekerja, atau mungkin berada di bagian waktu yang berbeda, maka jadwal kuliah cenderung lebih fleksibel. Ada beberapa jadwal kuliah yang sudah ditentukan dan bisa kamu pilih.

Tapi, jangan salah paham, waktu kuliah fleksibel bukan berarti kamu bisa memilih kapan saja kamu kuliah sesuka hati. Melainkan, kamu harus memilih dari jadwal yang telah disediakan dan tentunya kamu wajib hadir pada saat adanya jadwal kuliah tatap muka melalui video conference atau kuliah bersama melalui chatrooms dengan teman kuliah lainnya.

Melatih Kemandirian

Salah satu kelebihan dari perkuliahan online, adalah melatih kemandirian kamu. Dimana kamu harus bisa memotivasi diri agar terus semangat kuliah, mengatur atau memanajemen waktu agar bisa tetap mengikuti kuliah di tengah kesibukan. Selain itu, kamu juga harus bisa menlakukan riset sendiri untuk tugas-tugas yang diberikan dan tentunya mengerjakan tugas sendiri,

Mata Kuliah Bisa Dipelajari Kapan Saja

Mata Kuliah dalam perkuliahan online biasanya berupa open source yang bisa diakses dan dibaca oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, mahasiswa tidak perlu repot mencatat ulang, atau takut ketinggalan catatan. Kamu bisa menyimpan dan mempelajari materi kuliah kapan saja kamu butuhkan.

Kekurangan Kuliah Online

Ada kelebihan, tentunya ada juga kekurangan dari mengikuti perkuliahan secara online.

Kondisi Jaringan Internet Sangat Berperan Penting

Karena perkuliahan online diselenggarakan melalui jaringan internet, tentunya kondisi jaringan internet kamu akan sangat mempengaruhi kualitas kuliah kamu. Jika pada saat kuliah online tiba-tiba jaringan kamu mati, kamu mungkin bisa mendapatkan materi di lain waktu, akan tetapi kehadiran kamu bisa menjadi masalah. Karena, dalam perkuliahan online, kamu tidak hanya dituntut “hadir” dalam perkuliahan online, kamu juga harus aktif dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan.

Jadi, jika kamu memiliki jaringan internet yang jelek, tidak saja mengganggu keberlangsungan komunikasi dalam perkuliahan online, tapi juga bisa mempengaruhi absensi dan nilai yang kamu dapatkan.

Menuntut Motivasi Tinggi

Hasil akhir dari mengikuti perkuliahan online, memang sepenuhnya tergantung dari diri kamu sendiri. Ada kalanya, mahasiswa yang kurang termotivasi malah akan memakan waktu sangat lama atau bahkan berhenti di tengah jalan. Hal ini dikarenakan tidak adanya motivasi besar dari luar.

Lain halnya dengan mahasiswa reguler yang bisa membentuk komunitas, saling membantu dan mendukung, mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online, benar-benar tergantung pada motivasi diri untuk bisa sukses dengan kuliah online.

Beberapa Mata Kuliah Tidak Bisa Diajarkan Secara Online

Ada banyak mata kuliah yang menuntut praktikum agar mahasiswa dapat lebih paham dan mengerti. Misalnya saja program kuliah di bidang IPA yang menuntut penelitian dan praktikum di lab. Atau mata kuliah sosial seperti penyiaran yang harus dilakukan di lab siaran. Tentunya, semua fasilitas tersebut, tidak dapat dinikmati oleh para mahasiswa online. Karena hanya bisa mendapatkan modul dan catatan secara teoritis saja.

Bacaan menarik lainnya:

Pew Research Center. (2010). Millennials: A Portrait of Generation Next


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait