Bisnis & Kerja Sampingan

Ide Kreatif: Tips Mendapatkannya Ketika Ingin Berwirausaha

ide kreatif

Ajaib.co.id – Ide-ide kreatif memang perlu selalu dihadirkan dalam suatu bisnis agar terlihat berbeda dengan yang lain. Bahkan, ada pepatah dalam industri startup yang mengatakan bahwa ide lebih mahal dibanding modal. Tentu saja, hal ini berbeda halnya dengan bisnis konvensional yang lebih cenderung bergantung kepada modal usaha yang dimiliki.

Dalam industri startup, modal yang dimiliki tidak besar, melainkan ide dan kemauan keras menjadi modal yang terpenting untuk membangun sebuah startup. Terkadang, bahkan ide-ide kreatif yang diutarakan oleh para pendiri startup tersebut hanya masuk kuping kiri dan keluar kuping kanan bagi siapa saja yang mendengarnya.

Walaupun demikian, saat ini kita bisa melihat kesuksesan dari berbagai startup terkemuka di dunia seperti Grab, Uber, dan Alibaba. Yang mana, pondasi dari startup tersebut awalnya hanya bermodalkan ide atau konsep saja.

Namun setelah dieksekusi ke dalam sebuah proses bisnis, ide atau konsep para pendiri tersebut terbukti mampu memberikan dampak yang besar bagi masyarakat yang menggunakan layanan milik startup tersebut.

Tak ayal, banyak dari para investor yang dulunya pernah meremehkan. Saat ini, mereka berlomba-lomba untuk menyuntikkan dana segar ke startup-startup tersebut.

Lantas, sebagai generasi muda di Indonesia, pasti kamu ingin sekali bisa seperti para pendiri startup di luar sana yang bisa mendapatkan ide kreatif yang tak terpikirkan oleh banyak orang.

Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan sumber inspirasi untuk ide kreatif dan inovatif untuk bisnismu, kamu bisa memperolehnya melalui cara-cara berikut ini:

Cara Mendapatkan Ide Kreatif dan Inovatif untuk Sebuah Bisnis

Baca Buku

Selain menghilangkan rasa stres, membaca buku juga bisa semakin membuka dan menambah wawasanmu terkait ide bisnis apa yang ingin kamu jalankan nantinya. Sebab, ketika kamu sering atau rutin membaca buku bisnis untuk waktu yang lama.

Hal ini akan merangsang ide-ide hebat dan kreatif yang ada di kepalamu. Namun, bagi kamu yang tidak terlalu suka membaca buku, kamu bisa mengganti metode belajar dengan cara yang lebih mengasyikkan lagi yakni melakukan browsing lewat laptop maupun ponsel pintartentang dunia bisnis minimal satu jam sehari.

Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara yang sudah dilakukan oleh banyak orang sukses di luar sana, di mana meditasi dilakukan untuk menenangkan atau mengosongkan pikiran.

Hal ini bertujuan agar beban pikiran yang ada di kepalamu bisa hilang dan kamu bisa mulai untuk memikirkan tentang masa depan. Untuk ruangan meditasi, kamu bisa memilih ruang yang sunyi dan tidak banyak gangguan misalnya di kamar dan tempat-tempat lainnya.

Tidak perlu harus bermeditasi terlalu sering dan lama, yang terpenting adalah kualitas dari kegiatan meditasimu tersebut, kamu bisa melakukan meditasi selama 2 jam setiap minggu. Lalu, kamu bisa merasakan adanya ide-ide kreatif yang mengalir di kepalamu.

Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Kamu bisa mencontoh dari Willian Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia. Di mana, ia menjadikan suatu masalah menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Bermula, dari sulitnya masyarakat untuk menjual produk mereka di pasaran. Sehingga, masyarakat membutuhkan sebuah bantuan teknologi yang memudahkan dan menyederhanakan proses jual-beli yang terjadi.

Ide bisnis inilah yang dijadikan konsep bisnis dari Tokopedia hingga saat ini. Jadi, salah satu kunci bagi kamu yang ingin mendapatkan ide kreatif usaha adalah kamu harus menjadi pribadi yang peka terhadap isu-isu atau masalah yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.

Dan, buatlah isu-isu atau permasalahan tersebut menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, serta ingatlah pepatah bahwa di mana ada masalah pasti ada solusinya. Bila demikian, kamu sudah mengajarkan kepada dirimu untuk selalu berpikiran terbuka dan kreatif dalam menilai segala sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Riset Segala Kemungkinan yang Bisa Terjadi

Pelatihan yang dilakukan secara terstruktur dapat menghasilkan sebuah ide kreatif yang tak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Kamu bisa meluangkan waktu untuk berbagai ide-ide hebat yang ada di kepalamu. Dengan secara konsisten mencari tahu ide tersebut dari internet dan lain sebagainya.

Percayalah dari puluhan ide-ide hebat yang telah kamu coba riset sebelumnya, pasti akan ada 2-3 ide hebat yang memang benar-benar dirasa bisa kamu rencanakan untuk menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Riset bisnis bisa kamu lakukan dengan cara membaca jurnal dan studi bisnis yang telah dipublikasi sebelumnya oleh universitas dan lembaga pemerintah sekalipun. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki gambaran usaha yang akan dijalankan dari berbagai aspek seperti hukum, sosial ekonomi, dan budaya.

Berkumpul dengan Orang-orang dengan Minat yang Sama

Sumber inspirasi untuk mendapatkan ide inovatif dan kreatif bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali, bila kamu memiliki banyak koneksi yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Contohnya, kamu bergabung dalam komunitas para desainer grafis, kamu bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan tambahan terkait tren-tren yang sedang berkembang saat ini dalam dunia desain.

Selain menambah ide-ide untuk desainmu kedepan, mengenal banyak orang dengan keahlian dan minat yang sama denganmu juga bisa kamu manfaatkan untuk promosi ataupun personal branding dari bisnis yang sedang dijalankan.

Belajar Menjadi Seorang Kreator

Bila kamu ingin berwirausaha, kamu harus memiliki sikap seorang kreator yakni ingin selalu memberikan karya-karya yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, kamu ingin terus belajar dan menganggap setiap kritikan adalah sebuah pujian yang bisa membangun dirimu menjadi lebih baik lagi.

Sikap seorang kreator akan mengajarimu tentang bagaimana cara kamu bisa menempatkan dirimu di tengah-tengah masyarakat, dan membaur dengan lingkungan sekitar.

Bila kamu sudah bisa menjadi pribadi yang bijak dalam menilai kritikan dari orang lain, cara berpikirmu akan semakin terbuka, hal inilah yang diharapkan akan mengundang ide-ide kreatif lainnya dan bisa disalurkan dalam bentuk sebuah usaha yang bertujuan membantu sesama.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib berikan terkait bagaimana cara kamu bisa memperoleh ide-ide atau gagasan kreatif untuk membuat bisnismu menjadi lebih baik lagi.

Yang mana, sebenarnya sumber inspirasi untuk ide-ide hebat yang terdapat di luar sana bisa kamu peroleh secara gratis melalui pengalaman dari pengusaha sukses yang bisa kamu baca kisah inspiratifnya melalui internet.

Artikel Terkait