7 Peran Manajer Properti Agar Kinerja Lebih Optimal

peran manajer properti
peran manajer properti

Sebenarnya bagaimana peran manajer properti itu? Untuk menjawabnya, simak ulasan redaksi Ajaib mengenai peran manajer properti berikut ini.

Jika pemilik rumah ingin membantu mengurus tanggung jawab harian di properti sewaannya, ia dapat menyewa manajer properti. Seorang manajer properti dapat disewa untuk satu tugas sederhana, seperti mengumpulkan uang sewa, atau dapat sepenuhnya bertanggung jawab atas operasi di properti sewaan.

Berikut adalah tujuh peran penting yang dapat dilakukan manajer properti.

Bertanggung jawab untuk Mengelola Sewa

Mengumpulkan uang sewa adalah tanggung jawab dasar pemilik rumah. Oleh karena itu, ini adalah salah satu pekerjaan paling umum yang akan diberikan pemilik kepada manajer properti. Tanggung jawab sewa manajer properti dapat meliputi:

Mengatur Sewa

Manajer properti akan menetapkan tingkat sewa yang tepat untuk menarik penyewa ke properti kamu. Untuk menentukan rentang sewa, manajer properti akan mencari pasar tempat properti itu berada dan menganalisis properti yang sebanding di area tersebut.

Mengumpulkan Sewa

Peran manajer properti akan menyiapkan sistem untuk mengumpulkan sewa dari penyewa. Untuk memastikan arus kas yang optimal, mereka akan menetapkan tanggal untuk mengumpulkan uang sewa setiap bulan dan secara ketat memberlakukan biaya keterlambatan.

Menyesuaikan Sewa

Manajer properti dapat meningkatkan sewa setiap tahun, sesuai dengan hukum masing-masing negara bagian dan / atau kota. Mereka juga dapat mengurangi biaya sewanya jika mereka merasa perlu.

Bertanggung jawab untuk Mengelola Penyewa

Mengelola penyewa adalah tanggung jawab inti lainnya dari seorang manajer properti. Manajer properti mungkin terlibat dalam menemukan dan menyaring calon penyewa, mengelola pengaduan harian dan masalah pemeliharaan, serta menyerahkan pemindahan dan penggusuran penyewa.

Menemukan Penyewa

Peran manajer properti bertanggung jawab untuk mengisi lowongan. Mereka akan mengiklankan penyewaan dan membuat iklan yang menarik. Mereka juga memahami apa yang menarik penyewa, sehingga mereka dapat menawarkan tips untuk membantu merombak properti.

Penyaringan Penyewa

Manajer properti harus memiliki proses penyaringan yang konsisten, termasuk menjalankan pemeriksaan kredit dan pemeriksaan latar belakang kriminal, yang dapat mengurangi peluang kamu untuk pergantian penyewa.

Manajer properti yang berpengalaman telah melihat ratusan, bahkan ribuan penyewa, sehingga mereka memiliki gagasan yang lebih baik tentang bagaimana memilih penyewa yang tepat; mereka yang akan membayar sewa tepat waktu, memiliki masa sewa lebih lama dan menciptakan lebih sedikit masalah.

Menangani Sewa

Ini dapat mencakup pengaturan jangka waktu sewa dan memastikan itu memiliki semua klausa yang diperlukan untuk melindungi pemilik. Ini termasuk menentukan jumlah uang jaminan yang diperlukan.

Menangani Keluhan / Keadaan Darurat: Manajer properti dapat menangani permintaan perawatan, keluhan kebisingan, dan menangani situasi darurat.

Menangani Keluar

Ketika penyewa pindah, manajer bertanggung jawab untuk memeriksa unit, memeriksa kerusakan dan menentukan bagian dari uang jaminan yang akan dikembalikan ke penyewa. Setelah pindah, mereka bertanggung jawab untuk membersihkan unit, memperbaiki segala kerusakan dan menemukan penyewa baru.

Menangani Pengusiran

Ketika penyewa tidak membayar sewa atau melanggar ketentuan sewa, manajer properti memahami cara yang tepat untuk mengajukan dan bergerak maju dengan penggusuran.

Peran Pemeliharaan dan Perbaikan

Manajer properti harus menjaga properti dalam kondisi aman dan layak huni. Manajer properti bertanggung jawab atas manajemen fisik properti, termasuk perawatan rutin dan perbaikan darurat.

Pemeliharaan Properti

Ini termasuk melakukan pemeliharaan properti preventif untuk menjaga agar properti tetap berfungsi dalam kondisi prima. Misalnya, mereka secara pribadi bertanggung jawab atas, atau harus mempekerjakan seseorang untuk memusnahkan, memeriksa kebocoran, pemandangan, dan membuang sampah. Pemeliharaan ini bertujuan untuk membuat penyewa saat ini bahagia dan menarik penyewa baru.

Perbaikan

Ketika ada masalah, manajer properti harus memperbaiki masalah atau mempekerjakan orang lain untuk melakukannya. Mereka sering memiliki jaringan besar tukang ledeng, listrik, tukang kayu, dan kontraktor lainnya yang andal.

Pengetahuan tentang Hukum Pemilik-Penyewa

Manajer properti yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang hukum di seluruh negara bagian dan nasional mengenai cara yang tepat untuk:

  • Menyaring Penyewa
  • Menangani Uang Jaminan
  • Hentikan Sewa
  • Gusur Tenant
  • Mematuhi Standar Keamanan Properti
  • Mengawasi Tanggung Jawab
  • Karyawan Lainnya

Jika ada karyawan lain di properti, seperti petugas keamanan atau petugas keamanan, manajer properti bertanggung jawab untuk memastikan mereka melakukan pekerjaan mereka. Manajer properti dapat menetapkan gaji mereka dan bahkan memecat mereka.

Properti Kosong

Manajer properti sering disewa untuk menjaga properti yang kosong untuk memastikan tidak ada vandalisme dan melakukan pemeliharaan rutin. Mereka juga memastikan bahwa kontraktor dan reparasi lain menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.

Bertanggung jawab untuk Mengelola Anggaran / Mempertahankan Catatan

Manajer properti dapat bertanggung jawab untuk mengelola anggaran untuk bangunan dan untuk memelihara semua catatan penting.

Mengelola Anggaran: Manajer harus beroperasi dalam anggaran yang ditetapkan untuk bangunan. Dalam situasi darurat tertentu ketika penghuni (penyewa) atau struktur fisik (properti investasi) dalam bahaya, mereka dapat menggunakan penilaian mereka untuk memesan perbaikan atau juga tanpa memperhatikan anggaran.

Memelihara Catatan: Manajer properti harus menyimpan catatan menyeluruh mengenai properti. Ini harus mencakup semua pemasukan dan pengeluaran; daftar semua inspeksi, sewa yang ditandatangani, permintaan perawatan, keluhan, catatan perbaikan, biaya perbaikan, biaya perawatan, catatan pengumpulan sewa dan biaya asuransi.

Bertanggung jawab atas Pajak

  • Manajer properti dapat membantu pemilik properti memahami cara mengajukan pajak untuk properti investasi.
  • Manajer properti juga dapat mengajukan pajak untuk properti.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait