Investor Pemula

7 Buku Belajar Saham Best Seller yang Wajib Dibaca Investor

Buku Belajar Saham Best Seller

Ajaib.co.id – Jika kamu sedang tertarik dan ingin belajar saham, salah satu referensi yang bisa kamu percaya adalah dengan membaca buku belajar saham best seller. Kenapa harus belajar dari buku saham yang best seller? Karena buku tersebut terbukti kebenarannya lewat banyaknya orang yang membeli buku tersebut.

Apa lagi, saham itu tidak hanya berkutat seputar investasi saja, tapi banyak hal yang harus kamu ulik tentang itu. Tentunya lewat membaca buku saham, kamu bisa mendapatkan beberapa informasi dan belajar tentang saham lebih mendalam dari halaman ke halaman.

Walaupun banyak sumber yang dapat kamu ambil, seperti e-book, blog, artikel, ataupun seminar, belajar melalui buku masih tetap menjadi metode terbaik dan paling efektif. Untuk itu, inilah beberapa daftar buku belajar saham best seller pilihan kami.

1. Invested

Buku berjudul Invested ini ditulis oleh Danielle Town yang bercerita mengenai perjalanannya mengenal saham selama 12 bulan yang mendapatkan banyak bantuan pelajaran dari ayahnya. Dengan menceritakan pengalamannya tersebut, buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu pemula yang baru ingin belajar tentang dunia saham.

Ada perspektif menarik yang bisa kamu temukan di buku saham best seller ini dan buku investasi terbaik yang dirilis pada tahun 2018 ini tidak terlalu banyak membahas secara mendalam dan analisis terkait saham.

2. Security Analysis

Tidak main-main, Warren Buffet pernah merekomendasikan buku berjudul Security Analysis ini dan mengatakan bahwa buku ini telah memberinya peta untuk investasi yang sekarang telah ia jalani selama 57 tahun. Jika buku Invested adalah ‘kulit’ dari investasi dan saham, buku ini adalah ‘daging’ yang memiliki inti kita dapat mengetahui nilai perusahaan jika telah melakukan analisis menyeluruh.

Buffet pun mengatakan bahwa penulis buku ini adalah sosok kedua yang paling berpengaruh dalam hidupnya, setelah ayahnya. Maka dari itu, buku ini merupakan buku yang sangat wajib dimiliki dan dibaca oleh para investor pemula.

3. Bandarmology

Buku belajar saham best seller yang satu ini adalah karangan seorang praktisi dunia investasi dan pasar modal sejak tahun 2004. Buku berjudul Bandarmology ini berisi tentang tips-tips untuk mengenali kondisi pasar modal, ketika permintaan saham sedang tinggi maka harga yang ditawarkan pun pasti naik.

Buku ini pun mengupas fakta gelap dari dunia saham bahwa kondisi pasar yang sebenarnya dikendalikan oleh pihak yang memiliki modal besar. Ryan Filbert sebagai penulis buku ini juga membahas beberapa kasus nyata secara mendalam, seperti mencari tahu siapa bandar dari kasus tersebut hingga kapan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar atau menjual saham sesuai dengan timing si ‘bandar’.

4. The Intelligent Investor

Satu lagi buku yang dibaca oleh Warren Buffet, orang paling berhasil di dunia saham, yaitu buku berjudul The Intelligent Investor. Buku belajar saham best seller ini dibaca oleh Buffet ketika ia berusia 19 tahun dan memberikan pelajaran berharga, yaitu kerangka secara intelektual untuk berinvestasi.

Buffet mengatakan salah satu ilmu yang didapat dari buku ini bahwa untuk berhasil dalam investasi tidak memerlukan IQ tinggi, wawasan bisnis yang tidak biasa, atau informasi di dalam. Yang dibutuhkan adalah sebuah kerangka kerja intelektual yang kuat untuk membuat keputusan dan kemampuan untuk menjaga emosi dari kerang itu.

5. Smart Trader Rich Investor

Selanjutnya adalah buku karangan Ellen May berjudul Smart Trader Rich Investor untuk kamu yang ingin belajar hal-hal mendasar tentang saham. Beberapa hal yang dibahas di buku ini berasal dari pertanyaan-pertanyaan penting tentang saham yang diambil dari para investor, seperti “kenapa harus investasi?”, “awal mengenal saham”, “kenapa harus saham”, dan pertanyaan mendasar lainnya tentang saham.

Dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, tentu buku ini sangat cocok untuk kamu para pemula yang ingin belajar tentang saham dari nol. Buku ini juga menggunakan bahasa yang ringan, sehingga mudah dipahami oleh pembaca, bahkan beberapa bagian buku dikemas dalam bentuk komik sehingga menarik untuk dibaca.

Ellen May, sang penulis buku ini juga memiliki beberapa buku lainnya tentang investasi yang menjadi buku belajar saham best seller, seperti ‘Nabung Saham Sekarang’ dan ‘Smart Trader Not Gambler’.

6. Investory

Buku selanjutnya sangat cocok untuk dipelajari oleh pemula, sebab tidak hanya membahas tentang saham saja, juga membahas beberapa topik lainnya seperti reksa dana, hingga alternatif investasi di dunia fintech. Buku berjudul Investory ini memiliki materi yang dibahas secara mendasar untuk beberapa topik di atas, dan akan lebih berfokus pada analisis saham.

Walaupun begitu, ada beberapa pendalaman materi saham yang dibahas, seperti teknik analisis teknikal dan fundamental. Ada juga materi tentang menyusun sebuah portofolio. Tidak hanya itu, buku ini juga akan mengajarkan bagaimana cara membuat garis analisis secara sederhana.

7. Visual Guide to Elliott Wave Trading

Buku rekomendasi belajar saham best seller yang satu ini adalah karangan Wayne Gorman memang tidak direkomendasikan oleh kamu yang masih awam di dunia saham, pasar saham, dan lainnya. Sebab, buku ini lebih banyak menjelaskan tentang sisi teknikal elliot wave trading yang juga akan menjelaskan tentang analisa fibonacci yang kompleks.

Maka dari itu, buku ini terbaik untuk yang ingin menjadi trader profesional, karena seorang trader tentu harus memahami grafik yang menjadi bagian dari analisa fibonacci. Namun, bukan berarti kamu tidak harus membaca buku ini, ketika sudah saatnya, kamu pasti harus membacanya.

Itulah beberapa buku belajar saham best seller yang wajib dibaca oleh para investor. Jika kamu masih baru ingin terjun ke dunia saham, kamu boleh berinvestasi bersama Ajaib. Karena Ajaib memiliki berbagai produk reksa dana dengan harga yang sangat terjangkau sehingga cocok bagi orang-orang dengan budget terbatas.

Artikel Terkait