6 Tips untuk Membangun Situs Web Bisnis yang Efektif

situs web bisnis
situs web bisnis

Kehadiran situs web bisnis menjadi komponen penting dalam merintis usaha. Selain bisa menjadi platform untuk promosi, situs web bisnis juga bisa memuat brand value yang usaha kamu miliki. Lalu seperti apa tips membangung situs web bisnis yang efektif? Simak ulasannya ini.

Saat ini, kehadiran di dunia online sangat penting untuk bisnis apa pun, bahkan untuk toko batu bata dan mortir yang tidak umum memiliki website bisnis. Penelitian telah menunjukkan bahwa 97 persen konsumen mencari bisnis lokal secara online, sedangkan 94 persen pembeli meneliti perusahaan secara online terlebih dahulu.

Membuat situs web bisnis tidak terlalu sulit dengan banyak alat pembuatan situs web yang tersedia. Apa pun perangkat lunak yang kamu pilih, ingatlah prinsip-prinsip desain dari situs web bisnis ini.

Buat Akses Seluler Responsif

Pada tahun 2016, OuterBox melaporkan bahwa lebih dari 62% pembeli melakukan pembelian menggunakan ponsel mereka, dan statistik 2016 menunjukkan bahwa lebih dari 90% pembeli menggunakan smartphone mereka bahkan ketika berada di toko ritel untuk membandingkan harga dan melihat ulasan produk. Selanjutnya, 40% konsumen akan pergi ke pesaing jika mereka memiliki pengalaman buruk dengan situs web seluler.

Mudah Ditemukan

Kamu harus memiliki nama domain yang menggambarkan bisnis kamu atau nama perusahaan kamu. Kamu bahkan dapat memiliki beberapa domain yang mengarah ke satu situs web. Gunakanlah nama yang cukup efektif dan mudah untuk diingat dan ditemukan di mesin pencarian seperti Google.

Lampirkan Informasi Kontak

Jika bisnis kamu bergantung pada orang yang dapat menghubungi kamu atau menghubungi tim penjualan kamu, letakkan informasi itu di tempat yang dapat mereka temukan dengan mudah.

Jika kamu menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan, maka pastikan untuk meletakkan tautan di header atau footer, di mana mereka mudah ditemukan.

Pastikan Situs Web Bisnis Rapih

Jika sebuah situs memiliki terlalu banyak informasi, itu membebani pikiran, membuatnya tidak dapat menyimpan informasi baru. Pastikan kamu menggunakan keseimbangan teks dan gambar yang menyajikan halaman yang tetap bersih dan enak dipandang.

Salah satu cara untuk membuatnya tetap sederhana adalah dengan memasukkan widget sosial, seperti timeline profil Twitter di situs kamu. Tanyakan kepada diri sendiri apakah kamu menambahkan informasi yang pembaca kamu pedulikan, jika konten widget kamu tidak mendukung tujuan halaman, hapuslah.

Pastikan Akurat

Tidak perlu dikatakan bahwa informasi yang tidak akurat akan mematikan konsumen, apakah itu nomor yang salah, informasi produk yang ketinggalan zaman atau kesalahan tata bahasa yang sederhana. Kamu tidak hanya harus membaca ulang setiap halaman sebelum ditayangkan, tetapi kamu harus secara berkala memeriksa setiap halaman, terutama setelah membuat pembaruan di tempat lain.

Desain yang Baik

Batasi penggunaan font, warna, dan animasi gif, yang dapat mengalihkan perhatian dan menjauhkan mata dari fokus halaman web. Paragraf pendek dan poin-poin singkat juga membuat informasi lebih dapat dipindai dan cenderung dibaca. Ian Lurie, CEO perusahaan pemasaran Portent Inc., menyarankan paragraf harus lebih pendek dari enam baris.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait