Catat, Ini 5 Sasaran Penghematan untuk Usia 20-an

sasaran penghematan
sasaran penghematan

Banyak orang yang masih menyepelekan perlunya berhemat. Pasalnya, banyak yang merasa tidak ada urgensinya menyimpan uang yang mereka peroleh. Padahal, ada lho sasaran penghematan untuk usia 20-an. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

Ketika kamu berusia 20-an, kamu membangun kebiasaan yang akan mengikuti kamu sepanjang hidup kamu. Ini terutama berlaku untuk keuangan kamu. Singkatnya, jika kamu mempraktikkan kebiasaan finansial yang baik di usia 20-an, kamu akan berada di tempat yang jauh lebih baik secara finansial di masa depan.

Ini juga merupakan tahap kehidupan yang penting ketika kamu mungkin membangun karier, menikah, atau bersiap untuk memulai sebuah keluarga. Ini membuatnya lebih penting untuk menetapkan tujuan tabungan untuk diri sendiri. Baca terus untuk lima sasaran penghematan yang harus kamu raih ketika kamu berusia 20-an.

Untuk Dana Darurat

Salah satu hal pertama yang harus kamu tabung adalah dana darurat. Dana darurat adalah polis asuransi untuk keuanganmu dan membuatnya lebih mudah untuk membuatnya pada anggaran kamu dan tidak berutang. Misalnya, kamu akan menggunakan dana darurat kamu untuk menutupi biaya medis yang tidak terduga atau perbaikan rumah, atau bahkan untuk membantu menutupi biaya hidup kamu jika kamu kehilangan pekerjaan.

Ingat, dana darurat kamu seharusnya cukup mudah diakses, jadi simpanlah dalam kendaraan investasi cair atau rekening tabungan.

Simpan Pembayaran Uang Muka untuk Rumah Impianmu

Tujuan lain yang harus kamu kerjakan di usia 20-an adalah menabung untuk uang muka sebuah rumah. Ini tidak berarti bahwa kamu perlu membeli rumah pertama kamu di usia 20-an. Tergantung pada stabilitas pekerjaan kamu dan apakah kamu ingin tinggal di kota tempat kamu bekerja saat ini atau tidak, kamu mungkin tidak ingin membeli rumah pertama kamu di usia 20-an.

Ingat, jika kamu mulai menabung lebih awal, kamu akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk membeli rumah ketika kamu siap.

Mulai Berkontribusi Secara Teratur ke Dana Pensiunmu

Kunci untuk memiliki cukup uang untuk pensiun adalah mulai menabung lebih awal dan kemudian terus menabung secara teratur sampai kamu pensiun. Kamu harus mulai menabung untuk pensiun segera setelah kamu mendapatkan pekerjaan pertama kamu. Dalam hal ini, bunga majemuk adalah teman kamu; semakin banyak kamu menabung saat kamu muda, semakin banyak uang yang akan tumbuh dan semakin banyak kamu akan menikmati pensiun.

Mulai Berinvestasi

Jika kamu ingin membangun kekayaan, kamu harus berpikir di luar menabung dan mulai menginvestasikannya. Cobalah untuk mulai berinvestasi sebelum mencapai usia 30 tahun. Seperti disebutkan, bunga majemuk akan membantu uang kamu tumbuh lebih cepat, dan semakin cepat kamu mulai, semakin baik kamu.

Kunci untuk berinvestasi adalah melakukan diversifikasi di berbagai perusahaan dan berbagai jenis saham. Penting untuk memahami risiko yang terkait dengan setiap jenis investasi dan untuk beralih ke investasi yang lebih konservatif seiring bertambahnya usia.

Tetapkan Kebiasaan Menabung Uang

Kebiasaan kunci lain untuk ditetapkan ketika kamu berusia 20-an adalah kebiasaan menabung. Ini berarti kamu selalu mencari opsi yang paling terjangkau. Kamu berbelanja di toko grosir yang paling terjangkau, manfaatkan kupon dan tunggu barang mulai dijual.

Kamu juga dapat mencari cara untuk mengurangi pengeluaran harian kamu, sehingga kamu memiliki lebih banyak uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan dan tujuan investasi kamu. Ini juga akan mencegah penumpukan hutang dalam jumlah berlebih. Memulai gaya hidup hemat akan membuka pintu dan memungkinkan kamu untuk menghabiskan lebih banyak pada hal-hal yang lebih penting untuk kamu

Bacaan menarik lainnya:

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait