Memanfaatkan Kekuatan Berpikir Positif untuk Berbisnis

kekuatan berpikir positif
kekuatan berpikir positif

Ada korelasi antara kesuksesan berbisnis dan berpikir positif. Meski sering diremehkan, kekuatan berpikir positif memang bisa memiliki dampak yang luar biasa, terlebih bila kamu baru merintis usaha.

Ada banyak artikel wawancara dengan para pemimpin bisnis yang telah meraih sukses di internet dan mereka memberikan bacaan dan referensi yang bagus. Jika jujur, mungkin kita membacanya dengan harapan bahwa sebagian dari pengetahuan dan nasib baik mereka akan menular ke kita.

Namun mungkin kita terlalu memikirkannya. Mungkin kita seharusnya tidak melihat apa yang mereka lakukan, tetapi bagaimana mereka melakukannya.

Meskipun tidak mungkin untuk mengatakan bahwa setiap pengusaha sukses adalah orang yang positif, namun sebagian besar dari mereka membuktikannya dengan hasil yang telah mereka raih, dan memberikan contoh kekuatan berpikir positif.

Jadi, dapatkah kekuatan berpikir positif menjadi kunci kesuksesan? Simak kekuatan berpikir positif ini.

Berpikir Positif Membantu Pemecahan Masalah

Penelitian oleh Barbara Fredrickson, seorang profesor psikologi yang telah menulis secara luas tentang kepositifan, menemukan bahwa mereka yang berpikir positif memiliki kapasitas lebih besar untuk menerima informasi baru. Ini kemudian meningkatkan perspektif dan kemampuan seseorang untuk “menghubungkan titik-titik penting”, memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah dan hambatan yang mungkin timbul.

Lebih Banyak Energi

Apakah kamu melihat sesuatu secara positif atau negatif, sifat kepribadian ini disebut “pengaruh disposisi”. Para ilmuwan telah lama menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki pengaruh disposisi positif memiliki lebih banyak energi dan antusiasme daripada mereka yang memiliki pemikiran yang lebih negatif.

Lebih Tangguh

Sangat sedikit pengusaha yang berhasil dengan ide atau usaha bisnis pertama mereka. Sering ada banyak kegagalan dan kesalahan di balik bisnis yang makmur. Berita baiknya adalah bahwa penelitian menunjukkan bahwa kepositifan dapat membantu kamu menjadi lebih tangguh.

Ketenangan Mengambil Keputusan

Agak logis bahwa jika kamu berada dalam kerangka pikiran negatif, kamu cenderung membuat keputusan yang berdampak positif. Ini disorot dalam buku Understanding the Entrepreneurial Mind, yang menyatakan bahwa “pemikiran negatif dari pengusaha dalam suasana hati yang negatif dapat mengarah pada keputusan yang lebih cenderung merugikan. Baik untuk usaha mereka dan diri sendiri”..

Berpikir Positif Menular

Buku yang sama juga menyoroti bahwa pengusaha berpikiran positif yang memiliki kontak langsung dengan pelanggan. Mereka lebih cenderung mudah untuk membujuk pelanggan (potensial) untuk mencoba produk baru. Itu karena kepositifan itu menular.

Dalam kasus yang lain, perlu diingat jika kamu adalah seorang manajer atau pemimpin tim. Kamu harus ingat bahwa ini juga akan berarti kata-kata dan tindakan negatif juga bisa menular.

Harus Dibarengi Tindakan Positif

Banyak dari hal di atas mungkin merupakan berita lama bagi kamu, tetapi penelitian yang lebih baru merujuk pada buku dari Gabriele Oettingen, yang menemukan bahwa hanya dengan berpikir positif tentang kemungkinan hasil positif, sebenarnya dapat sangat menghabiskan energi sehingga mencegah orang untuk benar-benar mencapai pencapaian mereka. tujuan, atau memang hal lain.

Dengan kata lain, berpikir positif (atau melamun) sendiri tidak akan efektif, jadi inilah saatnya untuk mulai bertindak positif dan juga berpikir positif. Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait