Bisnis & Kerja Sampingan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Bisnis ke Pasar Global

Pasar Global
Pasar Global

Ajaib.co.id – Jika kamu adalah seorang wirausahawan, pernahkah kamu memimpikan bisnis usahamu terus bertumbuh hingga sampai ke pasar global? Dengan dunia yang semakin menyatu karena adanya globalisasi, impianmu akan bisnis yang menembus pasar internasional kini bisa menjadi kenyataan.

Namun untuk merealisasikannya, kamu butuh rencana yang besar dan matang karena akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi ketika membawa bisnis ke pasar global. Tentunya kamu harus mengetahui beberapa tantangan secara global. Salah satu pasar ekspor hingga pemakaian mata uang.

Lakukan Penelitian yang Menyeluruh

Sebuah penelitian akan sangat diperlukan sebelum membawa bisnis ke pasar global. Hal ini dilakukan untuk memahami segala kemungkinan yang muncul dari setiap langkah bisnis yang akan diambil. Pelajarilah perilaku budaya dari negara-negara yang termasuk target pasar dan cari tahu tentang kelayakan berbisnisnya.

 Akan memerlukan banyak analisis sebelum mengembangkan bisnis ke pasar global. Pertama, lakukan analisis segmentasi pasar untuk menentukan apakah produk bisa laku di pasar lokal. Kedua, lakukan analisis kesenjangan produk (product gap analysis) terhadap produk lokal untuk mengetahui apakah ada permintaan yang tidak dipenuhi oleh perusahaan lokal?

Ketiga, lakukan analisis SWOT terhadap pesaing. Harga produk kemungkinan besar akan lebih tinggi daripada produk lokal, apakah pasar akan mau membeli produk itu? Keempat, pertimbangkan peluang dan ukuran pasar. Seberapa besarkah pasarnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meraih penjualan yang ditargetkan?

Kembangkan Strategi dan Rancangan Bisnis

Setiap pasar memiliki nuansa tersendiri karena kondisi ekonomi, budaya, pemerintahan, dan pasar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengembangkan strategi lokal dan rencana bisnis yang mendorong kesuksesan lokal namun tetap terintegrasi dengan strategi dan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Pada tahap ini, apa saja yang bisa dilakukan? Pertama, menentukan strategi jangka pendek, menengah, dan panjang. Tentukan tujuan yang masuk akal untuk mengukur progres dan menghitung biaya dan manfaat. Kedua, menentukan tujuan, sasaran, dan metrik kesuksesan.

Ketiga, lengkapi model bisnis dan struktur. Tentukan apakah kamu mau mendirikan perusahaan baru yang terpisah, kantor cabang, atau hanya kantor pemasaran. Keempat, buatlah anggaran dana tahunan top-down.

Bentuklah Tim

Beberapa perusahaan global baru ada yang dimulai dengan menggunakan tim eksekutif yang dibawa dari perusahaan induk atau bahkan memulai langsung dengan tim lokal dengan harapan bisa mengenal negaranya lebih baik. Namun hal seperti itu justru memakan waktu yang lebih banyak, lebih berisiko, dan melambatkan proses masuk ke pasar.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika menempatkan eksekutif senior sementara yang sudah terbukti memungkinkan perusahaan untuk langsung bekerja sehingga mempunyai pondasi yang kokoh sebelum perusahaan nantinya merekrut tim manajemen eksekutif yang tepat dan permanen. Tidak ada salahnya juga jika turut merekrut tim konsultan lokal untuk membantu dalam membuat keputusan-keputusan besar.

Bereskan Persiapan Produk

Ambil langkah-langkah yang diperlukan dalam mempersiapkan penawaran masuk ke pasar agar dapat mencapai diferensiasi produk yang baik. Hal ini bisa dilakukan dengan meninjau peraturan khusus dari pemerintah dan industri untuk memastikan bahwa kepatuhan dan sertifikasi yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Selain itu, cari tahu pula mengenai apakah perlu melakukan lokalisasi untuk produk yang akan dipasarkan.

Oleh karena itu, perhatikan juga terjemahan akan nama produk dalam bahasa lokal. Terakhir, jangan lupa untuk mempertimbangkan logistik lokal dan jaringan distribusi. Hal ini berkaitan dengan siapa yang nantinya akan menjual produk dan bagaimana masyarakat lokal dapat mendapatkannya. Agar sukses masuk ke dalam pasar global, ada baiknya juga untuk mempekerjakan tim konsultan lokal untuk membantu menyarankan sistem distribusi seperti apa yang cocok untuk diterapkan di negara tersebut.

Bereskan Persiapan Organisasi

Perbedaan budaya, baik itu dalam hal bahasa, regulasi, atau adat istiadat, mengharuskan perusahaan untuk bisa bersikap fleksibel dalam kebijakan dan prosedur yang diimplementasikan pada operasi bisnis seperti ini. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan, seperti membuat handbook tentang kebijakan dan prosedur yang mematuhi persyaratan lokal, dan memperkenalkan program benefit yang kompetitif untuk menarik pekerja lokal yang berkualitas.

Kenali Sistem Pajak dan Hukum Setempat

Sebelum membawa bisnis ke pasar global, kenali dan pahami betul tentang persyaratan hukum yang berlaku di negara tersebut dan juga sistem pajaknya. Hal ini diperlukan untuk menghindari risiko komersial yang sangat tidak diperlukan.

Agar perusahaan bisa berdiri secara legal dan mendapatkan dokumen hukum yang benar, pastikan bahwa semua persyaratan ketat yang ditetapkan pemerintah setempat sudah dipenuhi. Pastikan juga bahwa karyawan yang dibawa perusahaan turut mematuhi hukum dan menghindari masalah dengan pihak yang berwenang. Selain itu, perhatikan pula sistem pajak yang berlaku dan bayarlah pajak sesuai dengan aturan yang diterapkan.

Secara sekilas, informasi di atas mungkin terlihat sulit dan merepotkan. Namun walaupun sulit, tips di atas akan sangat membantu dalam merencanakan pengembangan bisnis ke pasar global. Urusan ekspansi bisnis ke pasar global tentu tidak hanya terbatas pada informasi di atas, tetapi masih ada banyak lagi yang perlu diperhatikan dan dijalankan. Dengan demikian, hanya ini yang bisa tim redaksi Ajaib sampaikan, besar harapan kami informasi ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Artikel Terkait