Ajaib.co.id – Seorang pebisnis tentu menginginkan produk yang dijualnya bisa dikenal luas bahkan hingga ke luar negeri. Maka dari itu, perlu ada strategi dalam memasarkan produk secara tepat dan terarah sehingga bisa terjual secara maksimal. Terlebih dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memanfaatkan marketplace skala internasional untuk mendapatkan peluang.
Untuk membantu merealisasikannya, di dalam artikel ini akan membahas 5 cara pemasaran barang ke luar negeri agar cuanmu juga makin besar.
Cara Pemasaran Barang ke Luar Negeri
Apabila bisa memasarkan barang ke luar negeri tentu omzet yang didapatkan semakin besar. Selain mempersiapkan strategi pemasaran, barang atau produk yang akan dijual harus kualitas baik sehingga bisa diterima oleh pasar internasional.
Kamu bisa melakukan pemasaran barang secara online yang konsepnya hampir sama dengan pedagang keliling. Hanya saja perbedaannya terletak pada media yang digunakan, cakupan pemasarannya, dan kreativitas dalam memasarkan barang tersebut.
Berikut ini 5 cara pemasaran barang ke luar negeri yang dapat membantu kamu mengembangkan bisnis lebih optimal lagi.
1. Produk yang Dipasarkan Harus Berkualitas
Apabila ingin menyasar pasar internasional, pastikan produk yang akan dikirimkan benar-benar memiliki kualitas terbaik. Selain itu, kamu pun harus tahu jenis-jenis produk yang punya segmentasi pasar luar negeri, seperti makanan, kerajinan tangan, bahan mentah atau setengah jadi, dan lainnya.
2. Bikin Konten di Website
Buatlah website menggunakan domain kamu sendiri agar bisa diakses oleh seluruh orang dari berbagai negara. Setelah kamu memiliki website sendiri, selanjutnya adalah membuat konten menarik dan positif dengan menggunakan prinsip Search Engine Optimization (SEO).
Konten berbasis SEO yang informatif tidak hanya sekedar hard selling yang spamming keyword untuk bisa meningkatkan traffic kunjungan ke website milikmu. Namun, pastikan juga performa website tersebut kompatibel sehingga pengunjung tidak mengalami gangguan ketika mengakses katalog produk-produk yang dijual.
3. Manfaatkan Marketplace Internasional Untuk Penjualan
Dari 5 cara pemasaran barang ke luar negeri, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan marketplace internasional. Ada banyak marketplace seperti Amazon, Alibaba yang cocok jadi tempat untuk memperkenalkan produk kamu ke konsumen luar negeri.
Pemasaran barang melalui marketplace internasional memiliki keuntungan tersendiri, di mana kamu tidak perlu repot-repot melakukan promosi besar-besaran. Kamu bisa menawarkan keunggulan produk yang dimiliki dengan harga lebih murah, tapi pastikan harganya sesuai dan kompetitif di pasaran.
Ada baiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan produk kamu bisa diterima dan diminati oleh konsumen luar negeri.
4. Pakai Jasa Iklan
Adanya teknologi informasi yang semakin berkembang saat ini memunculkan beragam fitur iklan, seperti Google Adword, Facebook Ads, Email Marketing, dan lain-lain. Fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis sekaligus melakukan pemasaran produk sampai ke luar negeri.
Dengan memaksimalkan potensi iklan guna meningkatkan pasar usaha kamu hingga ke luar negeri, kamu bisa menemukan pasar yang tepat. Google Adword membantu memilihkan wilayah negara dan bahasa yang jadi target pasarmu. Selain itu, Google Adword bisa memilih kata kunci yang akan masuk ke halaman penawaran di website milikmu.
Sementara Facebook Ads membantu kamu dalam menentukan segmentasi pasar, mulai dari demografi yang jadi tujuan market kamu (usia, jenis kelamin, kota, apa yang disukai, dan lain-lain).
5. Menjalin Kerja Sama dengan Konten Kreator Lokal
Tips terakhir dalam daftar 5 cara pemasaran barang ke luar negeri adalah bermitra dengan konten kreator lokal atau negara yang jadi target penjualanmu. Alasannya karena masing-masing negara punya budaya literasi online berbeda-beda. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan saat melakukan riset audiens dan pemasarannya.
Informasi yang ada di media-media online belum tentu benar adanya. Oleh karena itu, bekerja sama dengan konten kreator lokal lebih menguntungkanmu dari segi validasi informasi yang berhubungan dengan budaya target konsumen kamu.
Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kamu dan juga tim dalam menerjemahkan konten serta memahami konsumen lebih jauh lagi.
Strategi Segmentasi Pemasaran Produk ke Pasar Internasional
5 cara pemasaran barang ke luar negeri di atas bisa coba kamu terapkan untuk bisnismu. Namun, ada hal lain yang juga tak kalah untuk diperhatikan, salah satunya yaitu mempersiapkan strategi segmentasi pasar. Jika kamu ingin memasarkan barang ke luar negeri, berarti kamu harus memperluas segmentasi geografis pemasaran produk.
Dalam strategi pemasaran barang, kamu perlu melakukan review kesesuaian antara produk yang ingin dijual dengan pasar lokal, baik itu dari sisi demografi, psikografi, dan perilaku konsumen.
Langkah tersebut sangat penting guna memastikan strategi yang akan diambil untuk memeroleh pasar luar negeri. Dengan begitu, kamu sebagai pebisnis bisa mengetahui nilai-nilai apa saja yang dapat diterapkan.
Selain 5 cara pemasaran barang ke luar negeri, yang tidak kalah pentingnya adalah memelajari tentang hukum perdagangan, hak cipta, dan perlindungan konsumen di luar negeri. Pasalnya, ketiga hal tersebut berkaitan erat dengan kelancaran kegiatan bisnis yang sedang dijalankan di masa depan.
Pelajari juga bagaimana menganalisis value chain (rantai analisis), seperti distribusi, suplier, kompetitor, dan sebagainya.
Apabila strategi segmentasi pasar bisa dilakukan dengan tepat dan terarah, maka bisnis yang kamu jalankan di luar negeri bisa beroperasi secara berkelanjutan.
Pada intinya pemasaran produk ke luar negeri sama halnya dengan kamu menjual produk di dalam negeri. Hanya saja target pasar yang dituju berbeda.