5 Cara Kreatif Menulis Tentang Bisnis Kecil Kamu

Bisnis Kecil

Ide-ide bisnis, dana, strategi pemasaran, promosi, salah satu contohnya yang biasa ada di website perusahaan. Ya, itu penting. Tapi bagaimana dengan cerita merek? Apakah kamu memiliki suara untuk dibagikan dengan pelanggan?

Tidak mudah untuk memulainya, yakni menulis tentang bisnis kecil kamu dengan cara yang menarik dan melibatkan orang. Sebagian besar halaman “Tentang Kami” di situs web bisnis-bisnis kecil sangat membosankan dan mementingkan diri sendiri. Mereka tidak memahami betapa pentingnya peran halaman ini dalam mempromosikan bisnis mereka.

Sebenarnya, halaman “Tentang Kami” adalah tempat pertama yang diperiksa pengunjung untuk memutuskan apakah mereka dapat menganggap kamu serius, sehingga kamu tidak dapat gagal di sini. Jika mereka tidak terkesan, mereka tidak mungkin membaca konten kamu, mendaftar untuk berlangganan, atau membeli produk dari kamu.

Saat menulis tentang bisnis kecil kamu, beri alasan kepada pembaca untuk jatuh cinta dengan merek kamu.

·   Fokus pada persona pembeli kamu, bukan diri kamu sendiri.

·   Jadikan halaman “Tentang Kami” kamu semenarik mungkin.

·   Tunjukkan kepribadian.

·   Buatlah informatif dan jelas tentang siapa dan apa kamu.

·   Jadilah kreatif.

·   Kedengarannya jelas, tetapi seberapa banyak kreativitas yang cukup? Bagaimana kamu memastikan kamu tidak menakuti pengunjung dengan mengesampingkan kata-kata, nada, atau visual?

Berikut adalah lima cara kreatif dan terbukti bagi kamu untuk menulis tentang bisnis kamu. Pilih yang paling menarik bagi kamu, dan jangan ragu untuk terinspirasi, tetapi tidak menjiplak situs web lain.

1. Jadikan Itu Menyenangkan

Apakah kamu pernah mendengar pemasaran yang menyenangkan? Saat itulah kamu memberikan informasi hebat kepada orang-orang dengan cara yang kreatif. 

Buat suara dan nada bisnis yang membuat pelanggan jatuh cinta sehingga mereka dapat menjadi pendukung terbesar merek kamu dan membantu kamu mempromosikannya. Promosi dari pelangganmu biasanya lebih tepercaya karena mereka telah membeli/menggunakan produk yang kamu jual, apalagi jika promosi dari pelangganmu viral di sosial media.

Jangan takut menyuntikkan kepribadian ke merek kamu, jangan menulisnya terlalu kaku seperti robot. Manusiakan merek kamu: perkenalkan pendiri, perlihatkan orang-orang di belakang perusahaan kamu, dan lupakan jargon profesional saat menggambarkan produk atau layanan kamu. Buat itu terdengar ramah namun bebas dari kesalahan, dan hindari kesalahan yang bisa mematikan konversi teks kamu.

2. Ceritakan Kisah

Setiap bisnis memiliki cerita, jadi jangan ragu untuk membagikannya. Ada banyak teknik mendongeng yang bisa kamu pilih untuk memanusiakan merek kamu, ceritakan misinya, dan ceritakan bagaimana perubahan itu mengubah hidup.

Cerita bersifat deskriptif dan emotif, dan itulah sebabnya mereka yang membacanya lebih betah: hal itu memungkinkan orang untuk menemukan makna dan konteks untuk bisnis kamu, yang lebih efisien daripada halaman “Tentang Kami” yang umum.

3. Hindari Celoteh Bisnis

Halaman “Tentang Kami” kamu adalah untuk orang-orang, bukan akademisi atau komunitas profesional kamu. Tidak perlu mendeskripsikan perusahaan kamu dengan kalimat panjang, bahasa yang sangat formal, atau jargon industri yang sulit dipahami oleh orang kebanyakan. Itu tidak membuat kamu terdengar pintar tetapi justru membuat konsumen takut.

Orang ingin membaca pembicaraan langsung tentang apa yang dilakukan bisnis kecil kamu dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka. Gunakan bahasa yang dipoles, pikirkan target audiens kamu dan kebutuhan mereka daripada ego kamu. Gunakan kalimat pendek untuk menjelaskan ide-ide kompleks dan buat halaman “Tentang Kami” kamu bergoyang lemas namun tetap asyik.

4 . Jadikan Tidak Terduga

Sebagai pemilik usaha kecil, kamu mungkin tidak memiliki anggaran untuk mengurus gambar, video, atau pengguliran yang gila-gilaan untuk membuat halaman “Tentang Kami” kamu terlihat luar biasa. Tapi kamu bisa membuatnya terdengar begitu megah.

Untuk melakukan itu, manfaatkan keterampilan menulis web kamu dan ceritakan kisah bisnis kamu dengan cara yang tidak konvensional, ceritakan perjuangan untuk memulai bisnis hingga terjadi pada saat ini. Itulah yang akan membuat orang membaca, bukan memindai: gunakan trik neuro copywriting untuk melibatkan pembaca dengan kata-kata saja.

5 . Gunakan Humor Jika Sesuai

Jika memenuhi misi dan filosofi bisnis kamu, jangan abaikan humor saat menulis teks “Tentang Kami” atau membuat salinan penjualan. Tentu, kamu menganggap serius produk / layanan dan pelanggan, tetapi siapa bilang kamu tidak bisa menertawakan diri sendiri? Bergantung pada target audiens kamu, tambahkan sedikit humor untuk meningkatkan emosi dan membuat orang tersenyum.

Jika kamu termasuk orang-orang yang mengubah hobi mereka menjadi bisnis dan perlu mengembangkan merek pribadi, ikuti petunjuk dari web Gummisig: halaman “Tentang” -nya berbicara dari hati, menarik.

Pengunjung dan membuat mereka ingin belajar lebih banyak tentang filosofi dan kehidupannya setelah membaca judul lucu yang ia gunakan.

Cerpen Panjang

Tidak sesederhana itu untuk membuat halaman “Tentang Kami” yang menarik dan dapat  menarik pengunjung dan membantu mereka memahami siapa kamu dan apa bisnis kamu. Sebagian besar halaman ini membosankan dan mementingkan diri sendiri varian kita-kita-kita yang mematikan hasrat orang untuk membacanya. Jadi kamu tidak boleh meremehkan peran konten ini untuk kesadaran dan kepercayaan merek kamu.

Halaman “Tentang Kami” yang hebat menceritakan kisah bisnis kamu, memperkenalkan tim kamu kepada konsumen, menjelaskan apa yang dilakukan perusahaan kamu, dan membantu mereka memahami apa yang akan dimiliki orang-orang jika mereka memesan dari kamu. 

Untuk membuat halaman ini luar biasa, jadilah kreatif, jelas, dan tulus; dan jangan meninggalkan pengunjung dengan pertanyaan. Setelah membaca tentang bisnis kecil kamu, mereka seharusnya ingin menghubungi kamu. Jadikan halaman tersebut seasyik mungkin untuk dibaca, dijamin mereka akan menghubungimu jika mereka merasa nyaman membacanya.

Sekarang giliranmu. Apa yang membuat halaman “Tentang Kami” bisnis kecil milikmu menonjol?

Bacaan menarik lainnya:

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait