Investor Pemula

5 Buku Investasi Saham Terbaik untuk Belajar Berinvestasi

Buku Investasi Saham Terbaik

Ajaib.co.id – Bagi kaum muda dan profesional sudah saatnya meningkatkan penghasilan yang lebih baik lagi, salah satunya dengan berinvestasi. Melalui investasi jangka panjang akan membuat kamu memperoleh keuntungan lebih besar di masa depan, dan cita-cita bebas secara finansial bisa terwujud.

Dalam hal ini investasi saham disarankan kepada kamu yang menyukai tantangan dan risiko, namun mendatangkan untung besar. Sebelum terjun untuk berinvestasi ke dunia saham, tentu kamu harus paham seluk beluknya terlebih dahulu mengingat risikonya bisa membuat kamu rugi besar dalam semalam. Untuk itu persiapan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari referensi buku investasi saham terbaik sebagai panduan belajar saham.

Kamu boleh-boleh saja berguru kepada teman atau datang ke pelatihan saham yang harganya sampai berjuta-juta. Semua itu memang bermanfaat. Tapi mengingat ini adalah investasi saham yang sulit untuk diaplikasikan meskipun sudah mendapatkan ilmu dasarnya, tetap saja kamu perlu pegangan kuat untuk menambah wawasanmu. Karena belajar analisa itu tidak mungkin hanya satu kali datang, lalu besoknya langsung bisa dapat cuan. Tidak segampang itu Ferguso!

Ada sejumlah istilah, teknik, sampai strategi supaya investasi saham yang kamu lakukan untung besar, sehingga buku jadi panduan tepat karena di dalamnya tertulis secara sistematis. Selain itu, ada pula beberapa metode pembelajaran investasi saham. Dengan membeli buku saham jadi solusi mudah dan murah. Kamu bisa membaca beberapa rekomendasi buku investasi saham terbaik yang akan diulas di dalam artikel ini.

Rekomendasi Buku Terbaik Belajar Saham

Saham sendiri tidak melulu soal investasi, ada banyak hal yang dapat kamu pelajari mengenai saham. Meskipun ada e-book atau blog yang menjelaskan metode atau teknik investasi saham dan juga seminar oleh lembaga keuangan dan organisasi lainnya. Akan tetapi belajar melalui buku tetap jadi metode terbaik serta paling efektif bagi sebagian orang meskipun buku-buku tersebut cukup mahal.

Berikut ini rekomendasi buku investasi saham terbaik yang telah dirangkum dari berbagai sumber untuk investor seperti kamu yang tertarik belajar investasi saham.

1.    Smart Trader Rich Investor

Buku ini merupakan karangan Ellen May berjudul Smart Trader Rich Investor yang banyak menjelaskan dasar-dasar tentang saham. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar “kenapa harus investasi”, “kenapa saham”, dan beberapa hal mengenai pasar modal dapat kamu temukan jawabannya dalam buku ini.

Bagi pemula yang mau belajar saham buku ini sangat cocok dengan penggunaan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh orang awam. Ditambah beberapa bagian di dalamnya yang dikemas berupa komik akan lebih menarik untuk dibaca.

2.    Invested

Buku berjudul Invested besutan Danielle Town ini masih terbilang cukup baru karena dirilis pada 2018 lalu. Kenapa buku ini termasuk dalam rekomendasi buku investasi saham terbaik? Karena buku ini berisi bagaimana si penulis belum mengerti dunia saham sampai akhirnya mampu melakukan trading sendiri. Diceritakan bagaimana selama 12 bulan pertama Daniellle belajar mengenal saham dengan bantuan dari ayahnya.

Meskipun tidak terdapat pembahasan analisis saham secara mendalam, namun ada perspektif menarik yang akan ditemukan dalam buku ini. Sama seperti buku Ellen May, Invested ini juga cocok untuk memberikan wawasan kepada para pemula yang masih buta apa itu saham. Sebagai tolak ukurnya, kalau kamu masih bingung bagaimana mendapatkan keuntungan dari saham buku ini layak untuk dibeli.

3.    The Intelligent Investor

Buku karangan Benjamin Graham ini termasuk buku jadul yang dirilis tahun 1949. Maklum saja karena penulisnya adalah guru Warren Buffett salah satu investor saham terkaya dunia. Namun, bukan berarti buku ini ketinggalan zaman karena konsep berpikir yang ada di dalam buku ini masih sama terutama untuk para value investor.

Secara garis besarnya buku ini mengajarkan apa saja tipe-tipe investor, khususnya ketika mereka sedang menanti waktu yang tepat untuk membeli saham dengan valuasi yang murah meriah. Selain itu, dijelaskan juga tentang sejarah pasar modal di masa lampau yang menjadikan buku ini sangat tebal.

4.    The Four Pillars of Investing: Lessons for Building a Winning Portfolio

Penulis buku The Four Pillars of Investing bernama Dr. William Bernstein merupakan seorang neurologist yang juga pemikir investasi. Dirinya menuangkan seluruh pengetahuannya tentang dunia saham dengan mengkombinasikan empat pilar utama, yaitu teori, sejarah, psikologi, dan bisnis investasi.

Di dalamnya berisi bagaimana Bernstein menyusun strategi yang sangat berguna bagi para investor pemula untuk mempersiapkan langkah-langkah investasi. Beberapa topik yang diangkat ke dalam buku ini yaitu tentang alokasi aset untuk membuat portfolio investasi dan bagaimana perilaku manusia dapat menjadi pengaruh dalam pengambilan keputusan.

5.    Investory

Rekomendasi buku investasi saham terbaik adalah Investory yang merupakan karya anak bangsa dari Andhika Diskartes. Buku ini salah satu pilihan terbaik bagi pemula untuk dipelajari, karena di dalamnya tidak hanya fokus membahas tentang saham. Beberapa topik yang dibahas di antaranya mengenalkan reksa dana hingga alternatif investasi lain di dunia fintech.

Keseluruhan materinya dibahas lebih mendalam, termasuk bagaimana menganalisa secara teknikal dan fundamental, serta cara menyusun portfolio investasi. Menariknya lagi, buku ini mengajarkan kamu caranya membuat garis analisis dengan cara yang sederhana menggunakan google finance, candlestick dan yahoo finance.

Jika kamu mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, kelima rekomendasi buku investasi saham terbaik di atas bisa jadi panduan yang tepat. Jika kamu nanti telah membaca dan memahami dengan baik, lalu ingin mencoba untuk mengaplikasikannya ada cara yang mudah dan cepat.

Ajaib jadi platform yang tepat untuk calon investor pemula yang ingin investasi saham dengan cara trading. Ada beberapa fitur yang membantu kamu mendapatkan cuan dengan tepat plus biaya beli saham yang lebih rendah hingga 50%. Jadi, gunakan Ajaib sekarang dan mulai trading saham kamu untuk memperoleh keuntungan.

Artikel Terkait