3 Perjalanan Hidup Pebisnis Muda Inspiratif

pebisnis muda inspiratif
pebisnis muda inspiratif

Perjalanan hidup pebisnis muda bisa menjadi inspirasi kita dalam memulai bisnis. Kepekaan mereka melihat peluang usaha, kemampuan manajemen, hingga kecerdikan strategi dari para pebisnis muda inspiratif ini.

Bila kamu merasa sedang di bawah tekanan, atau buntu. Ada banyak perjalanan hidup pebisnis muda inspiratif yang bisa dijadikan sebagai motivasi. Untuk lebih jelasnya, simak tiga perjalanan hidup pebisnis muda inspiratif dan kisah sukses mereka ini.

Nadiem Makarim

Siapa yang tidak kenal Nadiem Makarin? CEO Go-Jek yang sukses di usia muda. Sebelum memulai bisnis Go-Jek, Nadiem ternyata juga seorang karyawan juga. Namun keputusan besar ia ambil untuk memantapkan mimpinya memulai bisnis.

Lahir di Singapura pada 4 Juli 1984, Nadiem merupakan anak jawa tulen, dari ayah yang asli Pekalongan dan ibu yang asli Pasuruan. Nadiem merupakan lulusan International Relations di Brown University, Amerika Serikat dan kemudian melanjutkan gelar masternya di Harvard Business School.

Nadiem memulai karirnya di Mckinsey & Company di Jakarta selama tiga tahun dan kemudian bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia. Lelah menjadi pekerja, akhirnya Nadiem memutuskan untuk berhenti dan memulai usaha dengan mendirikan perusahaan GO-JEK pada tahun 2011.

Ide Go-Jek sendiri ia peroleh saat beberapa kali berdiskusi dengan tukang ojek langganannya di mana para tukang ojek pangkalan menghabiskan sebagian waktunya untuk menunggu penumpang. Selain itu, kebutuhan mobilitas yang tinggi di Jakarta membuatnya berpikir untuk mengembangkan usaha transportasi yang mudah dijangkau masyarakat.

Achmad Zaky

Achmad Zaky lahir Sragen, Jawa Tengah pada 24 Agustus 1986. Sejak kecil Achmad memang sudah terbiasa dengan komputer. Dunia informatika membuat Achmad sangat tertarik, ia pun kemudian muali berlajar otodidak melalui buku.

Achmad memulai kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengambil jurusan Teknik Informatika. Ia melesat dengan peringkat yang cemerlang sejak awal berkuliah.

Selanjutnya Achmad juga mengawali kegiatan kampusnya seperti Share Global Student Think-Tank, Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC) ITB. Ia juga aktif dalam Amateur Radio Club (ARC) ITB. Rentetan prestasi juga mewarnai karir Achmad, dimana ia memperoleh juara II Indosat Wireless Innovation Contest, menyabet Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards).

Lulus dari ITB, Achmad memulai karirnya dengan mendirikan bisnis konsultasi di bidang teknologi komputer. Usahanya ini mencakup pembangunan sistem IT perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. 

Berawal dari keinginannya membangun usaha yang bermanfaat, Achmad kemudian mendirikan sebuah situs marketplace, e-commerce dan Startup yang dikenal dengan nama Bukalapak di tahun 2010 yang sekaligus mengawali kesuksesannya saat ini.

Wiliam Tanuwijaya

CEO Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya merupakan pria asli Sumatera Utara. Ia lahir di Pematang Siantar 11 November 1981. Wiliam bukanlah seseorang yang lahir dari keluarga berada, namun ia mulai merencanakan mimpinya saat mulai berkuliah di Jakarta.

Di Jakarta, ia berkuliah di Universitas Bina Nusantara mengambil jurusan Teknik Informatika. Tak hanya menjalani kuliah saja, Wiliam juga bekerja sebagai operator warung internet (warnet) setiap hari.

Pekerjaannya sebagai penjaga warnet ternyata memberikan peluang besar baginya, selain keuntungan penghasilan ia juga banyak belajar melalui internet. Meskipun bekerja sambil berkuliah, Wiliam berhasil lulus pada tahun 2003. 

Setelah lulus, ia kemudian bekerja di perusahaan developer software game di PT Boleh Net Indonesia. Ia kemudian pindah ke PT Signet Pratama sebagai software developer hingga tahun 2004 dan PT Sqiva Sistem hingga tahun 2005. Ia juga sempat dipercaya sebagai IT and business development manager di PT Indocom Mediatama selama dua tahun.

Tahun 2007 ia mulai memikirkan sebuah konsep dan ide mendirikan bisnis mall online. Namun saat mulai merintis bisnisnya ayahnya divonis kanker di kampung halamannya. Alhasil semua uang yang ia kumpulkan ia kirimkan kepada orang tuanya. 

Dengan susah payah ia membangun lini bisnis Tokopedia dengan mencari pendanaan dari beragam investor, namun itupun cukup sulit karena harus meyakinkan masa depan usahanya. Ia kemudian bekerjasama dengan sahabatnya bernama Leontinus Alpha Edison. Perlahan tapi pasti, tahun 2009 Tokopedia mulai muncul dan hingga saat ini berkembang pesat sebagai startup dan e-commerce.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait