3 Bank Syariah, Alternatif untuk Kredit Mobil

3 Bank Syariah, Alternatif untuk Kredit Mobil
3 Bank Syariah, Alternatif untuk Kredit Mobil

Di saat ingin punya mobil tapi terkendala dengan dana yang terbatas, kredit lah yang akhirnya menjadi pilihan. Kredit mobil pun semakin hari semakin diminati, ditambah dengan mudahnya pengajuan, persyaratan yang mudah, dan DP ringan membuat orang berbondong-bondong mengajukan kredit mobil di leasing atau bank.

Buat kamu yang ingin kredit mobil, bank syariah bisa jadi salah satu pilihan yang bisa memberikan kamu pinjaman untuk melakukan kredit. Di bawah ini adalah bebereapa bank syariah yang bisa jadi alternatif buat kamu!

Bank Mandiri Syariah (BSM)

BSM Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan sistem murabahah. Pembiayaan ini dikategorikan sebagai PKB adalah mobil dengan kondisi kendaraan baru. Untuk kendaraan baru, kamu bisa melakukan kredit dengan jangka waktu hingga 5 tahun.

Apa saja persyaratannya? Pemohon harus mempunyai pekerjaan dan/atau pendapatan yang tetap. Usia pemohon pada saat pengajuan PKB minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo fasilitas PKB. Pengajuan PKB dapat dilakukan sendiri-sendiri atau koordinir secara kolektif oleh instansi di mana pemohon bekerja.

Dokumen yang diperlukan berupa:

1. Fotokopi kartu identitas KTP/SIM.

2. Fotokopi kartu keluarga.

3. Surat keterangan yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dari instansi/perusahan tempat pemohon bekerja yang menyatakan pemohon adalah pegawai dari instansi/perusahaan yang dimaksud.

4. Slip gaji yang disahkan oleh instansi/perusahaan tempat pemohon bekerja.

5. Keterangan mengenai kendaraan bermotor yang akan dibeli meliputi jenis kendaraan, tahun pembuatan, fotokopi BPKB, nama pembeli sebelumnya dan harga kendaraan.

6. Fotokopi surat nikah (bagi pemohon yang telah beristri/bersuami) Surat persetujuan dari istri/suami (bagi pemohon telah beristri/bersuami).

BNI Oto iB Hasanah

BNI Oto iB Hasanah adalah fasilitas pembiayaan yang diberikan untuk pembelian kendaraan bermotor yang dibayar dengan pembiayaan ini. Keunggulannya adalah proses lebih cepat dengan persyaratan yang mudah sesuai dengan prinsip syariah. Minimal pembiayaan Rp5 Juta dan maksimum Rp1 Miliar. Jangka waktu pembiayaan sampai dengan 5 tahun. Uang muka ringan. Harga Jual tetap tidak berubah sampai lunas.

Untuk pembayaran angsuran pinjaman ini bisa kamu lakukan secara otomatis dengan mendebit rekening, atau dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BNI Syariah maupun BNI Konvensional.

Persyaratan yaitu harus Warga Negara Indonesia. Usia minimal 21 tahun dan maksimal sampai dengan saat pembiayaan lunas berusia maksimal 60 tahun. Berpenghasilan tetap dan masa kerja minimal 2 tahun. 

Bank BCA KKB iB

Pembiayaan KKB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip Murabahah di mana BCA Syariah membiayai pembelian kendaraan bermotor yang diperlukan oleh nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.

Manfaatnya membiayai kebutuhan kita dalam hal pengadaan kendaraan bermotor baru maupun bekas Pengembalian pembiayaan secara angsuran dengan jumlah angsuran yang tidak akan berubah selama jangka waktu pembiayaan. Di sini kamu dapat memilih jangka waktu pembiayaan di mana jangka waktu maksimal adalah 5 tahun.

Persyaratan umum calon nasabahnya itu harus Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk melunasi pembiayaan yang diberikan. Tidak dalam keadaan pailit.

Usia (calon) nasabah minimal 21 tahun dan saat pembiayaan berakhir tidak boleh lebih dari 55 tahun, untuk karyawan dan 60 tahun, untuk wiraswasta/profesi.

Untuk karyawan memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di perusahaan yang sama atau termasuk 1 perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja) sedangkan untuk wiraswasta/ professional memiliki pengalaman 2 tahun di bidang yang sama.

Tips Kredit Mobil yang Harus Diketahui

#1 Tentukan Mobil yang Ingin Dibeli, Bekas atau Baru?

Saat ini banyak sekali mobil murah yah bisa kamu beli. Meski terbilang memiliki harga yang murah, membeli mobil tidak bisa dilakukan hanya dengan satu kali gaji. Apalagi bagi orang yang masih berstatus staff di sebuah perusahaan. Di mana, biasanya kategori mobil murah masih bernilai puluhan juta atau bahkan ratusan juta rupiah.

Jadi, sebelum kamu membeli mobil, cobalah pikirkan jenis mobil apa yang akan kamu beli, apakah mobil bekas atau mobil baru dengan harga yang terjangkau dan tidak termasuk dalam kategori mobil mewah. Namun, ketika kamu memutuskan untik membeli mobil bekas, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama, kamu harus mengecek dan mengetahui terlebih dulu berapa nilai atau harga pasaran mobil tersebut. Hal ini penting untuk mencegah kamu membeli mobil dengan harga yang terlalu tinggi. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan survei dengan mengunjungi beberapa dealer mobil bekas atau melalui ecommerce jual belo mobil.

Kedua, kamu bisa menanyakan langsung ke teman atau kerabat yang juga memiliki mobil dan pengetahuan yang baik mengenai mobil dan mesin mobil. Ajak mereka untuk membantu kamu mengecek kondisi terakhir mobil tersebut. Karena ini barang bekas, kamu wajib mengetahui dengan jelas kondisi dan segala risiko yang terdapat di dalam barang yang akan kamu beli. Jangan sampai kamu membeli mobil dalam kondisi buruk dan tidak terawat, hal ini akan berisiko dan membuat berbagai macam kerugian di hari yang akan datang.

Namun, jika kamu memutuskan untuk membeli mobil dalam kondisi yang masih baru, ada baiknya kamu mengetahui kebutuhan dan jenis mobil yang sesuai dengan keuangan. Jangan sampai kamu membeli mobil dengan budget yang tinggi dan memberatkan kamu di kemudian hari. Saat ini banyak mobil baru di pasaran yang memiliki harga terjangkau, di mana kamu bisa dengan mudah memilih dan menyesuaikan kebutuhan dengan jenis-jenis mobil tersebut.

Perhatikan juga, ketika kamu membeli mobil baru yang sederhana kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya maintenance. Biasanya, mobil baru memiliki kondisi mesin yang masih bagus.

#2 Siapkan Uang Muka

Ketika kamu ingin melakukan kredit mobil, hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah uang muka sebagai tanda jadi bahwa kamu ingin melakukan pembelian mobil, baik melalui leasing maupun bank. Pastikan kita memiliki uang yang cukup sebagai DP. Biasanya, DP inilah yang akan memengaruhi jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Umumnya, DP memiliki ketentuan minimal, yaitu sebesar 25%, namun tidak ada salahnya untuk mengusahakan membayar uang muka lebih besar dari ketentuan agar nilai utang kredit yang kita miliki semakin kecil.

#3 Nego Diskon

Dalam melakukan kredit, kamu sebagai pembeli juga berhak mendapatkan penawaran harga terbaik di pasaran. Untuk mendapatkannya, kamu harus memiliki informasi yang cukup mengenai fitur yang ada pada mobil dan harga mobil di pasaran. Ini akan membantu kamu melakukan negosiasi dan mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan.

Biasanya, banyak dealer yang akan menawarkan potongan harga pembelian dan kamu bisa memilih satu yang terbaik. Selain itu ada juga yang menawarkan aksesoris mobil seperti karpet mobil, cover jok, dan sebagainya. Jangan terburu-buru menentukan pilihan, lakukan perbandingan ke beberapa dealer sebelum memutuskan untuk memilih penawaran terbaik yang memberikan keuntungan.

#4 Lakukan Survei

Ketika kamu ingin membeli barang apapun, pasti kamu akan mencari berbagai informasi mengenai barang tersebut. Apalagi jika barang tersebut memiliki nilai yang cukup besar seperti mobil. Dengan melakukan survei, kamu akan mendapatkan peluang lebih besar untuk mendapatkan harga terbaik dan mencegah risiko kerugian atas pembelian yang sudah dilakukan.

Survei pertama yang wajib dilakukan adalah mengunjungi beberapa dealer yang cukup tepercaya dan memiliki kredibilitas baik. Bila tidak memiliki pengetahuan mengenai mobil, kamu bisa mengajak teman, saudara, atau kenalan kamu lainnya yang cukup dalam hal ini.

Biasanya pihak dealer akan memberikan referensi mengenai leasing yang bisa kita gunakan sebagai lembaga pembiayaan kredit yang akan kita ajukan. Pahami dengan benar aturan dan ketentuan yang mereka terapkan dalam kerja sama tersebut. Kita juga bisa memilih dan menentukan sendiri jasa leasing tertentu yang memang kita anggap paling baik dan layak untuk digunakan.

Lakukan survei ini pada beberapa dealer dan leasing sekaligus, ini akan membantu kita dalam menemukan leasing dan dealer dengan layanan dan penawaran terbaik.

#5 Lakukan Simulasi

Setelah mendapatkan berbagai informasi dari beberapa dealer, leasing, ataupun bank pilihanmu, hal terakhir yang wajib kamu lakukan adalah mengambil keputusan dengan melakukan simulasi kredit. Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan pembayaran cicilan.

Misalnya, kamu berniat membeli mobil baru seharga Rp200 juta, dengan beban bunga sebesar 10% per tahun dan masa kredit selama 2 tahun, maka perhitungannya sebagai berikut:

Harga mobil : Rp200 juta

Uang muka : Rp200 juta x 25% = Rp50 juta

Jumlah kredit ke bank : Rp200 juta – Rp50 juta = Rp150 juta

Beban bunga selama 2 tahun : 10% x 2 (tahun) x Rp150 juta = Rp30.000.000

Total utang plus bunga : Rp150.000.000 + Rp30.000.000,- = Rp180.00.000

Jumlah cicilan per bulan : Rp180.000.000 / 24 (bulan) = Rp7.500.000

Total cicilan pertama yang harus dibayarkan :

Uang muka : Rp50.000.000

Cicilan pertama : Rp7.500.000

Biaya asuransi (dengan asumsi 1,8% / tahun) : 1,8% x 2 x Rp150 juta = Rp5.400.000

Biaya administrasi : Rp800.000

Maka total uang muka yang harus dibayarkan = Rp63.700.000

Itulah beberapa hal mengenai kredit mobil yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Nah, bagi kamu yang masih belum memiliki DP yang cukup untuk membeli mobil impian, kamu bisa melakukan investasi reksa dana dengan tujuan DP mobil. Yuk mulai investasi reksa dana di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Sudarsono, Heri. (2007). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait