10 Cara Hidup Hemat yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

cara hidup hemat
cara hidup hemat
Cutting costs

Hidup di zaman modern biasanya membuat kamu harus mengeluarkan banyak biaya untuk memenuhi kebutuhan. Kamu pun jadi susah untuk menerapkan cara hidup hemat.

Di zaman globalisasi seperti ini, kamu tidak hanya membayar tagihan listrik dan air saja. Kamu juga harus membeli kuota internet, membayar cicilan kendaraan, hingga menyiapkan anggaran untuk belanja online.

Celakanya, ketika uang kamu bulanan sudah habis dan banyak tunggakan yang belum dilunasi, kamu akan mencari cara melalui pinjaman uang online. Hal tersebut semakin membuat kamu jauh dari cara hidup hemat.

Mengingat pentingnya berhemat, berikut ini kami, redaksi Ajaib, bakal memaparkan beberapa cara hidup hemat.

Prioritas

Cara pertama yang paling ampuh untuk berhemat adalah menekan pengeluaran kamu. Di sini kamu harus bisa menjadwalkan waktu untuk berbelanja setiap bulannya.

Ketika kamu berbelanja, kamu harus mementingkan barang-barang yang lebih diprioritaskan. Nah, ketika kamu pergi ke pasar modern, kamu harus fokus untuk belanja kebutuhan selama sebulan.

Kamu harus menghindari untuk menonton film di bioskop ketika berada di pasar modern. Di sini, kamu harus bisa membedakan kebutuhan yang sifatnya hanya kepuasan sementara saja.

Menjaga Kesehatan

Penyakit memang tidak bisa kamu duga kapan datangnya. Ketika sakit, kamu harus mengeluarkan biaya tak terduga untuk membayar dokter dan menebus obat di apotek.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu harus menjaga kesehatan dengan berolahraga. Banyak cara untuk menjaga kesehatan, seperti berlari pagi, main sepak bola, futsal, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan cara memakan makanan sehat. Kamu dilarang makan yang punya kolestrol tinggi.

Bijak dalam Berbelanja

Di zaman seperti sekarang, toko online sudah banyak bertebaran di internet. Bahkan, kamu tinggal klik saja barang yang ingin dibeli dan menunggu kedatangannya.

Kebutuhan berbelanja memang sulit dicegah. Namun, kamu bisa bijak ketika berbelanja online. Kamu harus mendapatkan barang yang lebih murah di tempat lain.

Liburan Murah

Setiap kamu bekerja untuk memenuhi kebutuhan bulanan, kamu juga membutuhkan waktu untuk liburan demi refreshing. Namun, biaya untuk travelling tidaklah mudah, kamu harus membuat anggaran untuk biaya transportasi hingga penginapan.

Namun, ada tempat liburan yang tidak perlu untuk mengeluarkan biaya mahal. Kamu bisa saja liburan yang murah meriha ke Ragunan, bagi yang tinggal di Jakarta. Sedangkan untuk kamu yang berdomisili di Bogor, kamu bisa merasakan hawa sejuk di daerah Puncak.

Membawa Bekal

Bagi karyawan kantoran, membawa bekal seperti terkesan gengsi karena layaknya anak-anak sekolah. Namun, ini menjadi prinsip dari cara hidup hemat.

Untuk hidup berhemat, kami anjurkan kamu untuk selalu membawa bekal yang disiapkan dari rumah daripada membeli makanan di luar (yang biasanya dijual dengan harga yang dipatok bisa hingga lima kali lipat). Selain menghemat pengeluaran kamu, membawa bekal dari rumah sudah lebih jelas kebersihan dan gizinya.

Membeli Barang Investasi

Andai kamu mempunyai banyak uang lebih, kamu tidak boleh menghambur-hamburkannya. Kamu harus mencoba untuk memutar uang yang kamu miliki dengan cara membeli barang-barang yang menjadi investasi.

Kamu bisa saja berinvestasi dengan membeli emas. Emas merupakan salah satu alat investasi yang tidak ada matinya. Harga emas bisa terus naik dan bakal menguntungkan buat kamu.

Jangan Meremehkan Uang Receh

Kamu tidak boleh meremehkan uang receh. Pasalnya, uang receh ini bisa saja membantu kamu di saat-saat mendesak. Seperti di akhir bulan misalnya, kamu bisa menggunakan uang receh untuk membeli kopi atau beli gorengan.

Tentunya, kamu harus menghindari kebiasaan untuk langsung mengamalkan uang receh tiap kali menerimanya sebagai kembalian. Lebih baik kumpulkan dalam satu tempat tertentu seperti sebuah toples dan ketika dirasa telah cukup banyak, tukarkan uang receh itu dengan uang kertas yang nominalnya sama.

Hidup Sederhana

Kamu punya penghasilan sebanyak Rp10.000.000 per bulan? Namun, bukan berarti kamu bisa foya-foya. Kamu harus belajar hidup sederhana untuk menjaga finansial.

Pola hidup sederhana merupakan sara yang paling ampuh untuk menjaga uang di rekening kamu. Ini juga menjadi jurus jitu untuk hidup hemat.

Biasakan Menabung

Kebiasaan disiplin dalam menabung merupakan sikap yang bersifat wajib dalam mewujudkan pola hidup hemat. Kamu mungkin memiliki keinginan untuk aman secara finansial saat pensiun dari pekerjaan kamu sekarang.

Namun, kamu tidak disiplin untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk periode yang sudah kamu tetapkan sendiri. Jelas kemungkinan keamanan finansial kamu di usia senja lebih rentan.

Melakukan Analisa

Kebiasaan berbelanja yang berelebihan merupakan salah satu faktor kamu sulit hidup hemat, Nah ketika kamu sulit untuk menghentikan hal tersebut, kamu harus melakukan sebuah analisa mengenai poin mana dari kegiatan tersebut yang membuat kita senang atau bahagia. Barangkali kita akan senang pada saat berjalan-jalan di mal saja, atau pada saat mengenakan pakaian yang baru kita beli.

Dengan menganalisa itu, kamu bisa memperkecil kebiasaan belanja yang dilakukan. Bisa saja dengan cara mengurangi kegiatan minum kopi saat bekerja. Kamu harus menahan diri untuk tidak membeli kopi untuk menghemat pengeluaran.

Ketahui dengan baik untuk apa dan kenapa kita menghabiskan uang pada saat berbelanja. Pertimbangkan kedua hal tersebut dengan bijak, sehingga kita bisa mengontrol dan mengatur pengeluaran kita saat sedang berbelanja.

Itulah beberapa tips cara hidup hemat dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait