Reksa Dana

Yuk Terapkan Prinsip SMART Ketika Investasi Reksa Dana

arti smart

Ajaib.co.id – Sepanjang 2019, reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi favorit para investor. Pasalnya, portofolio reksa dana pendapatan tetap memberikan imbal hasil cukup tinggi. Tertarik berinvestasi? Ingat arti SMART dalam investasi.

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang menghimpun modal masyarakat yang selanjutnya akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi (MI). Investasi ini cocok bagi kamu yang memiliki modal terbatas, tidak memiliki waktu buat menghitung risiko, tetapi tetap ingin berinvestasi.

Jenis Reksa Dana

Ada empat jenis reksa dana, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Sebelum berinvestasi, baiknya kamu mengenal jenis reksa dana yang cocok untukmu. Berikut penjelasannya:

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang atau money market fund akan menginvestasikan aset pada instrumen pasar uang dan bertujuan untuk pemeliharaan modal serta menjaga likuiditas. Reksa dana ini cocok buat investor dengan profil risiko rendah.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap atau fixed income funds akan menginvestasikan dana ke dalam instrumen efek utang atau obligasi minimal 80 persen, sedangkan sisanya akan diinvestasikan pada instrumen pasar uang. Reksa dana pendapatan tetap diperuntukkan kamu yang memiliki profil risiko moderat. Sepanjang 2019, reksa dana ini memberikan imbal hasil paling tinggi dibanding jenis lain.

Reksa Dana Saham

Seperti namanya, reksa dana saham atau equity funds akan menginvestasikan dana di instrumen saham minimal 80 persen dan 20 persen di instrumen pasar uang dan/atau obligasi. Reksa dana saham cocok buat kamu yang memiliki profil agresif, imbal hasilnya menjanjikan, tetapi risiko cukup tinggi karena kinerjanya terpengaruh oleh harga saham di pasar modal.

Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran atau balanced mutual funds akan menginvestasikan dana ke instrumen efek bersifat utang dan ekuitas. Investasi jenis ini memiliki risiko moderat, begitu juga dengan imbal hasilnya.

Arti SMART

Investasi merupakan cara terbaik dalam mengamankan aset sekaligus memperoleh imbal hasil atau menambah kekayaan. Untuk memperoleh itu semua, kamu harus memiliki tujuan. Sehingga kamu bisa lebih berdisiplin menyisihkan uang investasi dan tak terburu-buru mencairkannya.

Untuk mewujudkan investasi reksa danamu lancar, ada baiknya menerapkan SMART. Apa arti SMART?

SMART adalah pemberian kriteria dalam menetapkan tujuan. Misalnya dalam manajemen proyek, manajemen kinerja karyawan, dan pengembangan diri. Orang pertama yang menggunakan istilah ini adalah George T. Doran pada jurnal Management Review edisi November 1981.

Meski demikian penggunaan SMART juga dikaitkan dengan Peter Drucker, konsultan manajemen dari Amerika Serikat (AS). Ia memiliki prinsip dasar Management by Objectives, yaitu menentukan tujuan bersama olus memberikan umpan balik pada hasilnya. Dalam sumbangsih ilmu, ia disebut sebagai Bapak Manajemen Modern.

Apa arti SMART dalam Masing-masing Huruf?

SMART merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time.

Specific

Menentukan tujuan yang spesifik atau detail. Semakin spesifik tujuanmu, semakin jelas apa memudahkanmu untuk mengeksekusi rencana. Misalnya, kamu berencana investasi reksa dana untuk tujuan jangka panjang. Dengan demikian kamu bisa memilih portofolio reksa dana yang cocok untuk investasi jangka panjang, baca fact sheet dan prospektusnya, dan pertimbangkan instrumen investasi lain.

Measurable

Measurable atau terukur, adalah menentukan kuantitas atau nilai yang menopang rencana yang spesifik. Misalnya, kamu memilih investasi reksa dana saham. Cari informasi berapa nilai minimal investasi, berapa besar dana yang harus kamu keluarkan per bulan untuk investasi jangka panjang, tak ada salahnya menghitung biaya yang akan dibutuhkan ketika masa pensiun mengingat investasi ini untuk jangka panjang, dan lainnya.

Achievable

Achievable atau attainable atau dapat tercapai, adalah memastikan apakah sumber yang tersedia dapat mencapai tujuan. Sumber di sini adalah keuangan. Apa sumber dana untuk investasi? Gaji atau gaji dan honor tambahan? Berapa persen gaji yang akan kamu gunakan? Hitung pos keuanganmu secara rinci. Agar kamu bisa menyisihkan uang setiap bulan untuk investasi.

Relevant

Relevant merupakan kondisi yang memastikan bahwa kondisi keuangan sesuai dengan rencana investasi. Misalnya, jika awalnya pos investasi sebesar 10 persen dari gaji, tetapi kamu tak punya beban kredit, kamu bisa menambah pos investasi menjadi 20 persen. Namun pastikan jangan sampai pos investasi melorot di bawah 10 persen.

Time

Terakhir adalah menentukan waktu atau time. Reksa dana saham menunjukkan hasilnya dalam kurun waktu minimal lima tahun. Misalnya kamu memulai pada 2020, lima tahun kemudian portofolio akan memperlihatkan imbal hasilnya.

Tips Berinvestasi Reksa Dana

Setelah menerapkan SMART, disiplinlah berinvestasi seperti menyisihkan gaji per bulan ke pos reksa dana, menghemat pengeluaran, atau pertimbangkan matang-matang jika ingin membeli barang non-esensial. Apakah kamu membutuhkannya dalam jangka waktu lama atau sekadar ingin membeli biar nge-hype?

Memilih Manajer Investasi

Agar investasi reksa dana lancar, kamu harus memilih MI. mengapa? Karena MI yang mengelola danamu dan dana investor lain. Dengan kata lain, jika menitipkan aset ke lembaga atau perusahaan lain, pilih yang kredibel, telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan tak pernah terlibat kasus hukum.

Di Indonesia, ada banyak MI. Tetapi kamu tak perlu mencari atau melacak satu per satu. Pasalnya, ada platform reksa dana berupa aplikasi yang memudahkan investor saat mendaftar, memilih portofolio, dan menemukan MI kredibel. Platform tersebut adalah Ajaib, yang tentunya telah mendapatkan izin dari OJK.

Review Portofolio

Setelah itu, lakukan review portofolio. Misalnya review setiap enam bulan sekali. Hal ini bukan untuk mencairkannya, tetapi untuk mempertimbangkan apakah kamu membutuhkan diversifikasi investasi atau tidak.

Perbarui Informasi

Sebagai investor, kamu harus memperbarui informasi. Baik informasi seputar bisnis, ekonomi, dan politik dalam dan luar negeri. Apa yang sedang terjadi saat ini? Apakah ada dampak ke ekonomi? Jika ada, bagaimana performa portofoliomu?

Dengan memperbarui informasi, kamu akan mengetahui instrumen investasi yang sedang naik daun, begitu juga sebaliknya. Jika kamu tertarik mendapatkan momen tersebut, lakukan SMART dan tambah instrumen investasimu.

Siapkan investasi incaranmu dan terapkan SMART. Selamat menjadi investor andal.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138

Artikel Terkait