Usaha Sablon Kaos, Bisnis Modal Kecil Tapi Menguntungkan

usaha sablon kaos
usaha sablon kaos

Usaha sablon kaos di era digital seperti saat ini, masih menjadi bisnis rumahan terbaik yang bisa kamu geluti. Mengapa? Karena sekali pesanan untuk sablon kaos saja mencapai hingga ratusan pakaian. Namun, bagaimana dengan modal awal usaha sablon kaos tersebut?

Memilih untuk mengeluti bisnis usaha sablon ternyata tidak perlu memerlukan modal awal yang begitu besar. Hal ini dikarenakan, kamu bisa membuka bisnis sablonmu tersebut dari rumah saja. Seperti diketahui, jika kamu harus mengeluarkan biaya lagi untuk menyewa tempat atau kios . Tentu saja, hal ini semakin memperbesar biaya yang perlu kamu keluarkan sebagai modal awal.

Apalagi masih ada hal-hal lainnya yang masih membutuhkan biaya lainnya seperti pembelian perlengkapan atau alat sablon dan sebagainya yang menjadi hal yang lebih diprioritaskan. Jika demikian, apakah bisnis sablon kaos di era digital saat ini masih menggiurkan khususnya bagi pengusaha pemula?

Nah biar usaha sablon kaosmu bisa berjalan dengan baik, kamu perlu mempertimbangkan hal-hal berikut.

Modal untuk Membuka Usaha Sablon Kaos

Analisa biaya untuk membuka satu usaha sablon paling besar dikarenakan pembelian alat-alat sablon itu sendiri, hal ini dengan catatan jika kamu membuka usaha ini di rumahmu. Sedikitnya kamu perlu menyiapkan modal awal usaha sekitar Rp10 juta hingga Rp15 juta untuk satu usaha sablon saja.

Namun, semua tergantung dari jasa teknik sablon kaos yang tawarkan ke masyarakat luas seperti teknik sablon manual atau digital. Di mana, harga pengadaan mesinnya bisa mencapai Rp4 jutaan untuk komputer dalam kondisi baru. Sedangkan, untuk bekasnya berkisar Rp3 jutaan saja.

Beralih ke Sablon Digital

Kini, dengan semakin majunya teknologi sudah banyak pemilik usaha sablon kaos manual yang beralih ke teknik sablon digital. Tentu saja, peralihan proses bisnis ini bukan tanpa alasan melainkan juga untuk mempercepat proses penyablonan kaos pesanan pelanggan.

Di mana, kalo masih menggunakan teknik sablon manual terkendala pilihan desain, warna, dan masih menggunakan kemampuan dari pekerja yang melakukannya. Biaya tambahan lainnya yang perlu dikeluarkan juga menjadi pertimbangan seperti screen, bohlam, dan afdruk. Berbeda dengan teknik sablon digital, yang mana dapat memenuhi pesanan pelanggan dengan berbagai varian warna, desain, dll.

Waktunya Memulai

Jika sudah mempersiapkan modal dan alat-alat sablon, kini kamu sudah bisa memulai usaha sablonmu dan menerima pesanan dari pelanggan. Tingkat persaingan bisnis sablon saat ini memang begitu tinggi, kamu bisa lihat dari banyaknya jasa sablon baik itu manual ataupun digital yang telah menjajaki jasanya melalui media internet (e-commerce, website, dll).

Karena, mayoritas pelanggan yang menggunakan jasa sablon kaos saat ini adalah kaum melenial dengan permintaan sablon digital untuk custom kaos.

Enam Alat Sablon yang Perlu Dimiliki

Karena permintaan pembuatan sablon kaos yang begitu beragam, setidaknya ada 6 alat sablon yang perlu kamu miliki untuk menunjang kesuksesan dari bisnis sablon kaosmu tersebut:

  • Alat pemotong
  • Laptop atau PC
  • Software
  • Kertas transfer
  • Mesin pemanas
  • Mesin printer untuk sablon kaos

Keenam alat sablon di atas wajib dimiliki, karena pemilihan alat berdasarkan kebutuhan saat ini memang sangat bermanfaat agar penggunaan alat-alat sablon tersebut benar-benar dapat meningkat produktifitas bisnismu dan juga keuntungan.

Strategi Bisnis Usaha Sablon Kaos Agar Laris Manis

Untuk menyiasati banyaknya pesaing yang juga mendirikan usaha sablon seperti kamu, ada baiknya kamu juga merencakan strategi bisnis agar usaha sablon kaosmu tetap laris manis diserbu pelanggan. Berikut tips dan strategi bisnisnya yang bisa kamu ikuti:

Bekerja Sama dengan Toko Baju

Berbisnis memang tidak bisa dipisahkan dengan adanya kegiatan kerja sama di antara para pemilik bisnis. Jika kamu membuka usaha sablon, kamu bisa mencari dan bekerja sama dengan toko baju atau butik yang mungkin pemilik bisnis tersebut merupakan kenalan atau sahabatmu saat masih di bangku sekolah.

Yang mana, kamu bisa memasarkan desain baju kaos yang dibuat oleh usahamu di toko baju tersebut. Karena, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketimbang kamu menjual produk kaosmu kepada distributor.

Bekerja Sama dengan Distributor

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa sedikit realistis dengan bekerja sama dengan pihak distributor. Di mana, kamu bisa bekerja sama dengan pihak distributor yang banyak karena kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Bukan hal yang mustahil, karena banyaknya produk kaosmu yang dijual di pasar-pasar dan sebagainya bisa laris manis dan kamu akan mendapatkan pesanan kembali dari pihak distributor tersebut.

Pada dasarnya untuk membesarkan suatu usaha apapun saat ini, kamu perlu membutuhkan pendekatan kepada pemilik bisnis lainnya yang berhubungan langsung dengan usaha yang sedang kamu jalankan. Jika sudah begitu, nama baik dari masing-masing usaha yang menjalin kerja sama harus saling memegang integritasnya. Karena di dalam integritas tersebut terkandung nilai-nilai yang terkait dengan etika bisnis.

#Servis Pelangganmu dengan Hasil yang Memuaskan

Untuk mendapatkan pelanggan baru bukanlah perkara yang mudah. Namun, ketika seorang pelanggan sudah merasakan hasil yang memuaskan dari servismu. Mereka akan berpikir dua kali untuk mencari usaha atau jasa lainnya.

Ini yang dibilang banyak orang, bahwa kepercayaan itu sangat mahal harganya. Sehingga salah satu cara terbaik untuk tetap mendapatkan keuntungan dari bisnismu tersebut adalah melakukan after sale service kepada pelanggan. Untuk memastikan bahwa uang yang pelanggan sudah keluarkan untuk membeli ataupun menggunakan jasamu benar-benar berbanding lurus dengan apa yang mereka harapkan. Kamu bisa memberikan nilai terhadap jasamu seperti garansi produk, pengembalian uang, tukar barang, dll.

Demikianlah informasi mengenai peluang usaha sablon kaos yang kini mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan milenial, di mana modal, alat sablon, strategi bisnis, hingga hasil dari jasamu memang menjadi hal yang wajib diperhatikan dengan baik untuk menunjang usaha sablon kaos yang kamu jalani untuk tetap bisa eksis di tengah ketatnya persaingan dengan jenis usaha yang sama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait