Uang Tunai Vs Uang Nontunai, Lebih Nyaman yang Mana?

Uang Tunai
Uang Tunai

Uang tunai saat ini masih menjadi pilihan utama saat ingin bertransaksi, sebab masih tetap diperlukan untuk membayar sesuatu yang nominalnya kecil seperti tarif parkir. Namun tidak sedikit pula yang lebih memilih untuk tidak menyiapkan banyak tunai atau cashless. Karena merasa lebih nyaman saat bertransaksi secara nontunai, baik melalui kartu debit maupun kartu kredit. Hal itu dikarenakan selain aman, dengan nontunai pengguna juga akan merasakan kemudahan.

Tidak heran kini dunia sudah mulai menuju masyarakat tanpa tunai atau cashless society. Sebenarnya, mau transaksi menggunakan tunai atau nontunai kembali kepada kenyamanan masing-masing individu.

Nah jika kamu merasa bingung, ada baiknya kamu menyimak penjelasan terkait tunai dan nontunai di bawah ini. Berikut penjelasannya.

Uang Tunai

Berikut kekurangan dan kelebihan uang tunai:

1. Lebih mudah

Di Indonesia saat ini masih banyak sekali tempat yang tidak menerima pembayaran selain menggunakan tunai. Tidak cuma itu, seringnya gangguan jaringan membuat pembayaran nontunai sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya untuk berjaga-jaga kamu tetap harus menyimpan uang tunai di dalam dompetmu.

2. Risiko berutang kecil

Saat sedang belanja di mal, banyak orang yang tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Apalagi dengan adanya promo-promo yang tersedia sehingga kamu tinggal gesek dengan kartu debit atau kredit untuk membayarnya.

Jika kamu membawa uang tunai saja, maka kemungkinan untuk berutang kecil. Sebab, kamu akan berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari keuanganmu saat itu juga.

3. Risiko kriminalitas

Memang saat memiliki uang cash kamu harus ekstra waspada. Sebab, uang tunai rawan tindak kejahatan. Bisa saja kamu dicopet, dirampok atau dipalak secara langsung. Maka dari itu, lebih baik bawa uang cash secukupnya saja.

4. Gampang hilang

Jika kamu menyimpan uang tunai, biasanya akan lupa dan malah terselip sehingga bisa hilang. Padahal jika dikumpulkan, uang yang hilang itu jumlahnya lumayan.

5. Kurang praktis

Dengan membawa uang tunai, kamu harus siap untuk mengisi dompetmu dengan uang dan bisa bertambah berat dan tebal. Maka dari itu, uang tunai bisa dikatakan kurang praktis.

Uang Nontunai

Setelah tahu mengenai uang tunai, kini akan dijelaskan terkait uang nontunai. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

1. Transaksi lebih cepat

Saat transaksi menggunakan nontunai, bisa berjalan dengan cepat. Selain tidak perlu menghitung uang yang akan dibayarkan, kamu juga tidak perlu menarik uang di ATM atau menunggu kembalian.

2. Lebih aman dan transparan

Dengan uang nontunai, kamu akan merasa lebih aman dan transparan. Sebab semua transaksi terekam di sistem sehingga kamu bisa tahu berapa uang yang sudah digunakan.

3. Tidak makan tempat

Sudah pasti saat menggunakan uang nontunai, dompetmu akan terasa lega. Sebab yang perlu kamu bawa cukup satu atau dua jenis kartu saja.

4. Mudah memancing utang

Saat menggunakan nontunai, kamu harus siap dengan risiko utang bertambah. Sebab, kamu tidak memiliki kontrol dengan dana yang akan kamu keluarkan.

5. Belum bisa digunakan di semua tempat

Saat ini masih banyak warung atau toko yang belum bisa melakukan transaksi nontunai. Sehingga lebih baik kamu siapkan uang tunai secukupnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait