Tren Kain Sutra Berbenang Emas, Peluang Investasi?

kain-sutra-berbenang-emas
Golden shiny silk fabric texture

Dunia fashion semakin maju dan berkembang. Mulai dari kain sutra berbenang emas tradisional yang selalu diminati dari zaman ke zaman karena kemewahannya, tas bermerk yang diminati kaum selebritas ataupun sosialita, sampai gaya street fashion kekinian ala milenial.

Nah, sekarang bukan hanya trennya yang berkembang, tapi fungsi fashion itu sendiri mulai berubah. Dulu, fashion diartikan sebagai sekadar pakaian untuk menunjukkan gengsi atau gaya. Namun sekarang ini bisa jadi tempat untuk berinvestasi lho!

Berikut cara berinvestasi lewat fashion yang bisa kamu lakukan.

Bisnis Label Fashion Sendiri

Maraknya berbagai model pakaian dan merk berbeda, menimbulkan pertanyaan di kepala: inikah saatnya kamu memiliki merk fashion-mu sendiri? Membayangkan diri mempunyai bisnis clothing line memang jadi impian semua orang. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa memulai bisnisnya.

Selain perlu memiliki kemampuan dan bakat dalam dunia fashion, kamu juga membutuhkan modal cukup besar. Akan tetapi, kalau keduanya ada di dalam diri kamu, bisa jadi ini waktumu untuk membuka usahamu.

DIY Fashion, Tetap Kece Tanpa Boros

Lalu, bagaimana jika kamu memiliki minat dan bakat yang kuat dalam fashion namun tidak memiliki jiwa bisnis atau modal yang cukup untuk memulai usaha?

Tidak ada salahnya lho untuk melanjutkan minat dan bakat dengan membuat sendiri pakaian sesuai seleramu. Dengan berkreasi sendiri, kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli pakaian yang sudah jadi dan berinvestasi pada pengembangan diri juga.

Membeli untuk Masa Depan

Pernah dengar hobi sosialita yang berinvestasi tas mahal? Ini dia yang sedang menjadi tren saat ini: membeli barang branded untuk diinvestasikan. Tak hanya tas bermerk high-end yang menjadi investasi para sosialita, namun juga saat ini millennial banyak yang berinvestasi pada pakaian street wear termasuk sneakers.

Biasanya, barang fashion yang merupakan edisi terbatas akan terjual begitu cepat dan diburu banyak orang. Banyak sekali yang rela mengantre panjang dan mencarinya mati-matian untuk mengoleksi barang fashion seperti sneakers.

Uniknya lagi, harga sneakers maupun tas bermerk high-end cenderung naik seiring berjalannya waktu, sehingga ini bisa jadi kesempatan untuk berinvestasi. Dengan modal pembelian awal dan kamu simpan beberapa waktu, kamu sudah bisa menjualnya dengan harga yang jauh tinggi dari harga beli. Lumayan bukan?

Tanam Saham di Bisnis Fashion

Jika kamu adalah seseorang dengan jiwa bisnis lebih besar dibanding minat dan bakat dalam dunia fashion, kamu bisa jadi investor atau penanam saham dalam industri ini. Ajak seseorang atau teman yang memang suka mendesain atau memiliki bakat ini, dan mulailah lihat tren pasar.

Ketika kamu sudah mengetahui tren fashion apa yang diminati pasar, ini saatnya memulai bisnis bersama dengan partner untuk mendapatkan keuntungan. Atau kamu bisa menjadi pemegang saham pada bisnis atau merk yang sudah ada, terutama jika bisnis tersebut memiliki potensi besar untuk berkembang dan menjadi lebih sukses di masa depan.

Belajar berinvestasi dan dunia fashion memang bukanlah hal yang bertolak belakang. Dengan menggabungkan tujuan mengembangkan keuangan dan minat, apa salahnya untuk dicoba?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait