Tips Mudah Dapatkan Keuntungan Dengan Bisnis Tipografi

bisnis tipografi
bisnis tipografi

Bisnis Tipografi menjadi peluang usaha yang jarang orang tahu namun cukup potensial. Untuk itu, simak cara untuk bergelut di bisnis tipografi berikut ini.

Tipografi merupakan seni pembuatan dan merangkai huruf untuk menyampaikan pesan dengan gaya tertentu pada sebuah media. Berasal dari bahasa Yunani, kata ini terdiri dari typos (mould, impression, shape) dan graphein (writing, carving).

Menurut seorang ahli bernama Roy Brewer yang juga seorang penulis ‘Pengantar Tipografi’ tahun 1971, tipografi memiliki arti yang sangat luas, dimana meliputi penataan, pola halaman dan cetakan . Tipografi juga dikatakan tidak termasuk dalam desain ilustrasi dan elemen lainnya.

Tipografi juga dibedakan dalam beberapa jenis. Jenis tipografi juga tidak luput dari sejarah tipografi itu sendiri. Inilah lima jenis tipografi yang paling familiar, antara lain :

Roman

Roman adalah tipografi yang cukup dikenal, ciri dari huruf roman yakni mempunyai kaki yang lancip pada ujungnya. Huruf roman juga mempunyai ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis hurufnya sehingga menunjukkan kesan klasik.

Egyptian

Egyptian merupakan jenis huruf tipografi yang memiliki ciri kaki yang berbentuk persegi dengan ketebalan yang hamper sama disetiap hurufnya. Model tipografi Egyptian menunjukkan kesan kuat dan kokoh.

Sans.Serif

Tipografi jenis Sans Serif memiliki ketebalan ujung huruf yang sama. Bentuk topgrafi Sans Serif menunjukkan sisi modern dan kontemporer

Script

Tipografi Script menunjukkan huruf dengan bentuk goresan tangan layaknya pena atau kuas. Bentuk tipografi Script umumnya miring ke kanan dengan kesan yang lebih pribadi dan dekat.

Miscellaneous

Tipografi jenis Miscellaneous merupakan pengembangan bentuk tipografi yang sudah ada sebelumnya. Hanyaditambahkan ornament dan hiasan dekoratif sehingga menunjukkkan kesan yang lebih ornamental.

Aspek Tipografi

Dari penjelasan tersebut dapat dirangkum bahwa tipografi merupakan seni sekaligus teknik dalam menggunakan sebuah huruf dengan mengedepankan aspek seperti :

  • Tipe huruf
  • Ukuran huruf
  • Panjang garis
  • Jarak antara huruf
  • Jarak antara kata

Tujuan Tipografi

Selanjutnya, tujuan daripada pembuatan tipografi adalah :

  • Meningkatkan dan mengoptimalkan sebuah desain agar menarik untuk dibaca.
  • Menciptakan hubungan antarkalimat yang kontekstual.
  • Memberikan informasi yang menunjukkan hierarki.
  • Menciptakan kesadaran & menunjukkan keberadaan.
  • Mengintepretasikan emosi.

Nah, jika berbicara tentang bisnis, nyatanya tipografi juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisnis tipografi dilakukan untuk membuat sebuah desain brand melalui kreasi huruf untuk mendapatkan perhatian dari khalayak, masyarakat atau target marketing perusahaan yang melihatnya.

Langkah Bisnis

Jika kamu ingin memulai usaha tipografi, langkah-langkah apa saja yang harus anda lakukan ? Simak tips berikut :

Melakukan seleksi tipografi yang sesuai dan pantas untuk sebuah brand yang akan kamu promosikan. Pastikan tipografi yang kamu buat mampu menyampaikan pesan kepada khalayak.

Sebagai salah satu bentuk desain komunikasi visual, tipografi harus bersifat komunikatif dan mampu menterjemahkan maksud yang tersembunyi dibalik kata-kata kepada siapapun yang melihatnya.

Perhatikan unsur penyampaian yang mengandung unsur; Asal (origin), Tujuan (objective), Sikon/lingkungan (environment), dan Waktu saat itu (point in time).

Sebelum kamu memulai bisnis tipografi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain :

Pelajari Dasarnya

Langkah pertama sebelum memulai bisnis tipografi adalah mempelajari dasar-dasar tipografi. Misalkan saja mengambil kursus singkat di International Design School atau belajar otodidak seputar seni, desain atau gambar kreatif.

Pahami Istilah dan Pola Penggunaan Kerning

Kerning adalah salah satu unsur penting dalam tipografi. Pengertiannya merupakan jarak antar huruf dalam sebuah kata, kalimat, atau paragraf. Kerning memiliki pengaruh banyak terhadap kemudahan membaca dan keindahan tata letak huruf dan kalimat.

Menyesuaikan Jenis Paragraph

Alignment atau konsep penting dalam tipografi adalah bentuk paragraph. Adapun beberapa paragraph umum seperti Left Align, Center Aligned, Right Aligned, dan Justified. Pemilihan paragraph yang tepat berpengaruh pada nilai dan kualitas tipografi yang kamu hasilkan.

Penggunaan Grid

Grid merupakan alat bantu dalam menyusun dan mengatur objek perencanaan gambar dua dimensi. Grid akan memastikan setiap hal kecil yang ada dalam halaman dapat menghasilkan bentuk kesatuan yang logis dan visual.

Pemilihan Warna Font

Pemilihan warna font yang sesuai akan menentukan baik buruknya desai tipografi kamuAda baiknya jika kamu memastikan warna font kamu tidak mengganggu, sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan tersalurkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait