Tips Memilih Gelang Emas Rantai Buat Kamu yang Niat Investasi

Tips Memilih Gelang Emas Rantai Buat Anda yang Niat Investasi
Tips Memilih Gelang Emas Rantai Buat Anda yang Niat Investasi

Tips Memilih Gelang Emas Rantai Buat Kamu yang Niat Investasi

Emas dalam bentuk perhiasan bukan merupakan jenis investasi murni, akan tetapi justru banyak yang menyukainya. Sejak logam emas ditemukan dan dijadikan perhiasan, sudah banyak wanita memakai gelang emas. Kini emas bukan hanya simbol dari status sosial saja, melainkan jadi alat investasi yang paling bernilai. Gelang emas rantai jadi salah satu model perhiasan yang banyak diminati di pasaran.

Menjadikan perhiasan seperti gelang emas rantai sebagai investasi masih menimbulkan pro dan kontra. Ada yang bilang, perhiasan emas tetap menguntungkan yang dibuktikan sendiri. Sementara yang tidak setuju menganggap tidak adanya standarisasi harga jual beli seperti emas batangan membuat perhiasan emas tidak bisa dijadikan investasi. Perhiasan emas lebih cocok sebagai produk fashion.

Ketika emas sudah berbentuk perhiasan, ada nilai seni didalamnya seperti pembuatan dan bahan campurannya. Maka dari itu dalam penentuan harganya disertakan juga ongkos pembuatannya. Belum lagi dihitung berat dan kadar emasnya sehingga perhiasan emas lebih mahal daripada batangan. Biar Anda tidak tertipu saat ingin transaksi perhiasan gelang emas rantai, ada baiknya mempelajari ilmu tentang perhiasan emas. Mari kita simak bersama tips dalam memilih perhiasan emas.

Kondisi Fisik

Perlu diingat, perhiasan emas tidak sepenuhnya murni dari emas. Emas memiliki sifat logam yang lunak, jadi makin tinggi kadar emasnya akan semakin buruk dan rawan rusak. maka, dalam pembuatannya, emas harus dicampur dengan logam lain agar bisa dibentuk dan tahan lama.

Untuk itulah kenapa perhiasan emas dengan kandungan 24 karat harus diperlakukan penuh kehati-hatian dalam pemakaian maupun perawatannya. Biasanya emas yang cocok untuk dijadikan perhiasan adalah emas yang memiliki kadar 75%. Sementara nilai karatnya antara 18-22 karat. Kombinasi tersebut merupakan yang paling sempurna untuk mempertahankan bentuk dari perhiasan emas itu sendiri.

Jenis Emas

Emas memiliki beberapa jenis, ada kuning, merah, dan juga putih. Emas putih sendiri punya macam-macam jenis yang awalnya terbuat dari campuran emas, timah, dan nikel. Kadarnya pun mulai dari 6 karat hingga 24 karat. Sementara yang ada di pasaran rata-rata kadarnya sebesar 14 dan 18 karat.

Harga beli emas putih juga lebih mahal dibandingkan emas kuning dengan kadar dan berat yang sama. Namun, harga jual kembali emas putih nilainya jatuh karena terdapat potongan biaya yang lumayan tinggi. Tetapi mau emas jenis manapun tetap saja bahan dasarnya dari logam yang sama walaupun berbeda campurannya.

Model Perhiasan

Karena disebut produk fashion, tentu model dan juga desain gelang emas rantai berbeda-beda mengikuti tren pasar. Model dan desain terbaru selalu memiliki harga yang tinggi. Namun, sebagai konsumen terkadang sulit membedakan mana model yang baru dan lama. Terlebih jika belinya di toko emas pinggir jalan.

Disinilah kenapa harga perhiasan emas tidak memiliki standarisasi. Tiap toko emas punya taksiran nilai yang berbeda. Apabila Anda menginginkan perhiasan emas untuk investasi, pilih yang desainnya sederhana tapi tidak ketinggalan zaman. Dengan begitu ketika dijual kembali harganya tidak berubah.

Paling penting adalah selalu teliti dan perhatikan hasil produksi dari perhiasan emasnya. Beberapa toko menggunakan teknik dan cara yang kurang tepat dalam memproduksi perhiasannya sehingga hasilnya mudah kusam dan warnanya luntur. Jika demikian sudah pasti nilainya berkurang drastis.

Jadi, sebelum kamu membeli gelang emas rantai sebagai investasi sekaligus perhiasan emas, kamu harus benar-benar memahami tips yang sudah dijelaskan di atas, dengan begitu investasi kamu tidak akan menjadi sia-sia dan tetap menguntungkan. Yuk investasi emas sekarang menggunakan gelang emas rantai!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait