Ajaib.co.id – Fitur Instagram Reels baru saja resmi diluncurkan pada 23 Juni 2021 di Indonesia. Hal ini membuat Instagram kini bukan hanya sebagai aplikasi media sosial untuk berbagai foto, melainkan pengguna juga bisa saling membagi video pendek yang dilengkapi dengan audio maupun musik.
Peluncuran fitur ini tidak lepas dari perkembangan media sosial saat ini, di mana TikTok dengan konten-konten video-nya mampu membius jutaan pengguna di seluruh dunia. Tak heran, kepopuleran TikTok di masyarakat menempatkan aplikasi satu ini sebagai aplikasi sosial media paling populer di 2021 dengan jumlah unduhan terbanyak disusul Facebook dan Instagram.
Menurut Social Media Today, tren unduhan TikTok yang selalu menempati peringkat teratas selama dua tahun berturut-turut bisa menjadi ancaman bagi Facebook dan Instagram. Walaupun secara segmen pasar, sebenarnya Facebook dan Instagram berbeda dengan TikTok.
Instagram lebih berfokus kepada media sosial yang diperuntukkan untuk berbagai foto, sedangkan Facebook lebih berfokus kepada media sosial untuk pembagian link artikel atau lain sebagainya.
Video Pendek Diprediksi Jadi Tren, Instagram Reel Siap Menghentikan Dominasi TikTok
Pada peta persaingan sosial media untuk video, TikTok seperti berdiri sendiri tanpa adanya kompetitor lainnya yang mampu mengganggu eksistensi dari aplikasi media sosial asal Tiongkok ini. Untuk menjaga nama besar Instagram agar tidak ditinggal oleh para penggunanya, Instagram meluncurkan fitur yang mirip dengan TikTok.
Hal ini juga tentunya melihat prospek perkembangan konten digital di tahun-tahun mendatang yang diprediksi video pendek akan menjadi tren dalam dunia usaha.
Walaupun terlihat sama dengan TikTok, fitur Instagram baru ini ternyata punya perbedaan dengan TikTok. Ini dia perbedaannya.
- Durasi video pendek yang bisa dibuat oleh pengguna Instagram lewat fitur Reels adalah paling lama 15 detik. Sedangkan, video pendek TikTok yang dulunya berdurasi 15 – 60 detik kini diperpanjang menjadi maksimal 3 menit.
- Menu yang berbeda, pada Instagram Reels terdapat menu Home, Search, Icon Reels, Shop, dan Profile. Untuk TikTok, ada Home, Search, Icon Add Video, Inbox, dan Profile. Bagi milenial yang ingin menambahkan video dengan cepat pengguna Instagram Reels harus menekan tombol ikon kamera yang berada di pojok kanan atas. Berbeda halnya dengan pengguna TikTok dengan menekan tombol ikon Add Video yang berada di tengah.
- Fitur musik di Instagram Reels disarankan untuk diedit audio atau filmnya sendiri dengan menggunakan aplikasi lain. Sedangkan, TikTok memberikan berbagai fitur pendukung untuk milenial mengedit audio atau film langsung di aplikasi.
- Algoritma konten yang ditampilkan di Instagram Reels berdasarkan aktivitas pengguna, riwayat interaksi dengan pengguna lain, informasi tentang konten Reels, dan informasi tentang orang yang membuat konten tersebut. Bagaimana dengan TikTok? Konten yang ditampilkan di TikTok dengan menggunakan For Your Page (FYP).
Perbedaan lainnya adalah Instagram Reels lebih cocok untuk digunakan oleh generasi milenial. Sedangkan, aplikasi TikTok lebih menyasar generasi Z atau pengguna yang lebih muda.
Instagram Reels Berada di Luar Aplikasi Instagram?
Reels berada di aplikasi Instagram sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi lainnya di ponsel pintar. Bagi milenial yang ingin memanfaatkan fitur ini untuk bisnis maupun hanya untuk berbagi konten dengan pengguna lainnya.
Langkah pertama cara membuat Instagram Reels adalah dengan mengunduh aplikasi Instagram di ponsel pintar, dan dilanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini:
- Buka aplikasi Instragram di ponsel pintar.
- Setelah milenial membuka aplikasi Instagram, milenial akan melihat ada tiga opsi yakni Live, Story, dan Reels. Untuk Membuat konten video pendek, milenial bisa pilih Reels.
- Sebelum merekam video berdurasi 15 detik, pastikan milenial sudah menyiapkan angle-angle video yang nantinya ingin direkam. Tekan ikon lingkaran putih besar untuk merekam video dan tekan ikon yang sama jika sudah selesai merekam video.
- Agar video pendek yang kamu buat terlihat menarik, jangan lupa untuk menambahkan audio seusai dengan keinginan. Milenial bisa menekan ikon musik di sebelah kiri, kemudian akan muncul daftar yang tersedia untuk dipilih oleh milenial. Ada dua genre atau tab untuk pilihan lagu yang bisa kamu pilih yakni musik yang sedang tren atau musik untuk Anda.
- Sesuaikan pembuatan video dengan fitur pengaturan kecepatan video mulai dari 1x hingga 5x.
- Tambahkan filter agar video semakin menarik. Menu filter ini terletakdi bagian kiri.
- Atur timer pada Reels, milenial bisa mengatur timer pada saat momen merekam dan berfoto. Milenial bisa mengatur timer durasi untuk video (0,1 hingga 15 detik). Jika sudah selesai, kami bisa tekan Set Timer. Ketika kamu merekam, timer akan muncul di layar.
- Bila video hasil timer masih terlihat berantakan, kamu bisa merapihkan video tersebut dengan tombol Align.
- Jangan lupa putar ulang hasil video yang telah direkam sebelumnya. Lalu, simpan video Instagram Reels dengan menekan panah maju di bagian bawah. Setelahnya, klik Simpan yang berada di bagian atas untuk menyimpan video tersebut.
- Milenial masih bisa menambah beberapa efek ke video tersebut, misalnya menambah teks dengan menekan tombol teks yang ada di sudut kanan atas.
- Bagikan Instagram reels yang sudah dibuat dan diedit kepada pengguna lainnya yang merupakan pengikut kamu. Untuk membagikan konten video pendek ini, milenial bisa menekan panah maju di bagian bawah. Lalu, berikan judul dan pilih cara berbagi Reels dengan orang lain. Selanjutnya, klik tombol Bagikan.
Itulah cara membuat Instagram Reels dengan mudah dan tanpa ribet. Video Reels bisa milenial bagikan kembali ke Instragram Stories, Direct Message, dan Feeds. Jika milenial set video Reels dengan settingan publik, maka postingan milenial akan hilang setelah 24 jam.
Selain itu, milenial bisa tahu apakah video Reels yang diposting banyak disukai oleh pengguna Instagram lainnya atau tidak lewat keterangan jumlah like dan komentar di bagian kanan dari postingan video Reels milenial.